Solopos Hari Ini: Evaluasi PeduliLindungi

Sosialisasi dan masa transisi terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk membeli minyak gorenq curah rakyat (MGCR) mulai dilakukan Senin (27/6/2022). Sejumlah kritik mengalir, mulai dari akses hingga keamanan data.

 Harian Solopos edisi Rabu (29/6/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Rabu (29/6/2022).

Solopos.com, SOLO — Sosialisasi dan masa transisi terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk membeli minyak gorenq curah rakyat (MGCR) mulai dilakukan Senin (27/6/2022). Sejumlah kritik mengalir, mulai dari akses hingga keamanan data.

Di Solo, pedagang minyak goreng curah Pasar Legi belum menerapkan PeduliLindungi dalam transaksi. Mereka juga belum mendapatkan sosialisasi petunjuk teknis yang jelas dan resmi untuk menerapkan teknis tersebut.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Berdasarkan pantauan Solopos di dua lokasi penjualan minyak curah Pasar Legi Solo, Selasa (28/6/2022), belum ada OR code PeduliLindungi yang terpasang di toko. Pegawai Kantor CV Sendang Makmur, Arista Fajar, mengatakan langkah tersebut menyulitkan pembeli yang tidak semuanya bisa mengoperasionalkan gawai.

Bahkan pembeli yang sudah berusia lansia bisa jadi malah tak punya gawai. CV mereka berlokasi di kawasan pasar tradisional. Sementara pembeli khususnya dari usia tua, bisa jadi tak membawa gawai saat ke pasar.

“Kan yang beli enggak semua punya HP apalagi yang sudah berusia (lansia) kan mereka belum tentu bisa dan bawa pakai HP,” tutur dia, Selasa. Saat ini, tokonya masih menerapkan pembelian maksimal 10 liter per Nomor Induk Keluarga (NIK). Pembeli bisa datang ke toko, menunjukkan kartu identitasnya, dan petugas akan mencatat dan menginput nomor identitas mereka.

Baca juga: Beli Minyak Goreng Curah di Solo Belum Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

“Saat ini kami masih menerapkan satu NIK hanya boleh membeli maksimal 10 liter kan memang begitu aturannya kan,” imbuh dia. Seorang pekerja yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan banyak pembeli yang tidak nyaman dengan cara tersebut.

Dia pernah menemukan beberapa pembeli yang takut membeberkan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP). Ini mengingat banyaknya penipuan pinjaman online dan para pembeli takut data pribadi mereka bocor. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Rabu (29/6/2022).

1.700-an Ternak Mati, Penanganan PMK Disoal

JAKARTA — Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kecewa dengan penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Pemerintah dinilai tidak serius menangani persebaran penyakit yang telah mematikan 1.700-an ternak itu.

Data Kementan yang dirilis melalui laman siagapmk. id hingga Selasa (28/6/2022) sore pukul 15.30 WIB menunjukkan hewan ternak yang positif terpapar PM& di Indonesia sebanyak 285.833 ekor. Dari jumlah tersebut, baru 92.237 ekor yang sembuh.

Sementara itu, sudah ada 1.707 ekor yang mati dan 2.704 ekor lainnya dipotong bersyarat. Karena belum menunjukkan perbaikan, SPR mengusulkan agar penanganan PMK diambil alih lembaga lain. Ketua Komisi IV DPR Sudin menyampaikan kemungkinan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengambil alih penanganan wabah PMK jika Kementan tidak serius menangani.

Baca juga: Kerugian Akibat Penyakit PMK Capai Rp9,9 Triliun

Dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR bersama Eselon I Kementan, Sudin mengatakan saat ini sudah terbentuk Satuan Tugas atau Satgas penanganan PMK atas perintah langsung dari Presiden Jokowi.

“Saya sudah dapat info bahkan SK Satgas sudah keluar. Kemungkinan BNPB yang akan ambil alih, kalau tidak, tidak akan berjalan sesuai dengan harapan Presiden,” kata Sudin pada awal RDP tersebut, Senin(27/6/2022). Sudin cukup kecewa dengan kinerja Kementan yang menurutnya lamban dan tidak menganggap serius masalah PMK.

“Berbagai persoalan di pertanian, wabah PMK, layanan pupuk, kelangkaan cabai, bawang merah, menunjukkan lemahnya kinerja pelayanan utama Kementerian Pertanian. Eselon I dan dinas-dinas sibuk mengurus proyek-proyek, bukannya mengurus petaninya,” ujarnya. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Rabu (29/6/2022).

Dipersilakan Mendaftar Lagi

SOLO — Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Solo Hery Mulyono menyebut sudah punya solusi terkait sekolah yang minim pendaftar. Calon siswa yang belum diterima dipersilakan mendaftar di sekolah yang minim peminat.

Hal itu dia sampaikan saat dihubungi Solopos, Selasa (28/6/2022). Hery mengatakan calon peserta didik (CPD) diarahkan mendaftarkan diri ke SD yang kekurangan peminat meskipun berada di luar zonasi. “Sesuai dengan hasil tanggal 27 Juni, ada beberapa sekolah yang kekurangan pendaftar.

Baca juga: Puluhan SD Negeri di Solo Kekurangan Siswa, Ada yang Dapat 2 Pendaftar

CPD yang belum mendapatkan sekolah disarankan masuk di sekolah sekolah yang belum terpenuhi kuotanya,” kata dia. Pendaftaran secara daring melalui ppdb.surakarta.go.id sudah ditutup pada Senin (27/6/2022).

Ada beberapa sekolah yang diminati banyak calon siswa, seperti SDN Manahan, SDN Ngoresan, SD Mojosongo Ill, SDN Mojosongo IV, SDN Mojosongo V, hingga SDN Mojosongo VI. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Rabu (29/6/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Cuaca Boyolali Hari Senin Ini: Awal Pekan Disambut Gerimis Tipis

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Senin (15/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Gerimis Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 15 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 15 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Diusut Polisi, Begini Modus Jual Beli Lahan Makam Bong Mojo Solo

      Hasil penyidikan polisi mengungkap modus jual beli lahan makam Bong Mojo, Jebres, Solo, yang diawali dengan pembersihan dan perataan lahan.

      Di Solo, Joko Anwar Cerita Sempat Diganggu saat Garap Pengabdi Setan 2

      Sutradara Joko Anwar mengobrol dengan para penggemar film Pengabdi Setan seusai nonton bareng di bioskop tua Singosaren Plasa Solo, Minggu (14/8/2022).

      Warga Berdesakan demi Nonbar Film Pengabdi Setan 2 di Bioskop Tua Solo

      Sutradara film Pengabdi Setan 2: Communion, Joko Anwar, dan beberapa pemain film tersebut hadir dalam nonbar di bioskop tua Singosaren Plasa Solo, Minggu (14/8/2022).

      Menikah pada Bulan Sura itu Dilarang? Begini Penjelasan Budayawan Solo

      Budayawan Solo memberikan pandangannya mengenai kepercayaan masyarakat Jawa bahwa menikah di bulan Sura itu tidak baik dan dilarang.

      Begini Langkah Penjual Mi Ayam di Boyolali Siasati Harga Gandum Naik

      Kenaikan harga gandum terus dirasakan para pemilik usaha yang produk olahannya dari gandum.

      Kronologi Wong Sragen Diduga Loncat dari Jembatan ke Kali Bengawan Solo

      Seorang warga Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, SU, 53, dilaporkan hilang setelah diduga loncat dari Jembatan Sapen dan masuk ke aliran Sungai Bengawan Solo pada Minggu (14/8/2022).

      Sudah 70%, Kapan Masjid Sheikh Zayed di Gilingan Solo Jadi?

      Progres pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, yang dimulai sejak 6 Maret 2021 lalu saat ini sudah mencapai 70%, kapan jadi?

      Byur! Peserta Lomba Meniti Bambu di Kalijaran Klaten Tercebur di Sungai

      Warga Dukuh Kalijaran, Desa Bawak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, menggelar lomba ketangkasan meniti batang bambu di tengah sungai di daerah setempat, Minggu (14/8/2022) pagi.

      BOB Latih 8 Kelompok Pembatik di Karanganyar & Sragen, Ini Materinya

      Badan Pelaksana Otorita Borobudur atau BOB menggelar pelatihan desain fesyen dan purwarupa untuk delapan perwakilan kelompok pembatik di Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

      Jangan Malu Jadi Petani! Pesan Mendalam Dibalik Balap Traktor di Klaten

      Sebanyak 16 peserta kategori dewasa dan 10 peserta kategori anak-anak mengikuti ajang balap traktor yang digelar di area persawahan wilayah Desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Minggu (14/8/2022) siang.

      Daerah Klaten Ini Dulu Basis Organisasi Terlarang, Kini Desa Pancasila

      Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten dulunya dikenal menjadi basis organisasi terlarang.

      Konser Padi Reborn di Wonogiri Berlalu, Ini Harapan Warga ke Depan

      Penampilan Padi Reborn menjadi penutup Festival Agustus Merdeka 77 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

      Yakin Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Selesai, Rudy: Tuhan Adil Kok!

      Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo optimistis pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang sudah mandek sekitar dua tahun bakal selesai.