Solopos Hari Ini: Euforia 8 Besar

Konvoi yang melibatkan 1.000-an suporter Persis Solo menggunakan sepeda motor untuk merayakan lolosnya Laskar Sambernyawa ke babak delapan besar Liga 2 2021, Senin (29/1/2021) sore, memantik polemik.

 Harian Solopos edisi Selasa (30/11/2021).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Selasa (30/11/2021).

Solopos.com, SOLO – CEO Persis Solo, Kaesang Pangarep, mengizinkan para suporter melakukan konvoi mengawal kendaraan tim Persis. Sebaliknya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melarang suporter menggelar konvoi.

Harian Solopos edisi Selasa (30/11/2021) menyajikan headline terkait polemik konvoi Pasoepati jelang laga Persis Solo kontra PSCS Cilacap di laga pamungkas Grup C Liga 2.

Euforia 8 Besar

SOLO-Konvoi yang melibatkan 1.000-an suporter Persis Solo menggunakan sepeda motor untuk merayakan lolosnya Laskar Sambernyawa ke babak delapan besar Liga 2 2021, Senin (29/1/2021) sore, memantik polemik.

CEO Persis Solo, Kaesang Pangarep, mengizinkan para suporter melakukan konvoi mengawal kendaraan tim Persis. Sebaliknya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melarang suporter menggelar konvoi.

Laman Instagram resmi suporter tim sepak bola Persis Solo, Pasoepati.net merilis pernyataan resmi bahwa mereka diizinkan mengawal klub Laskar Sambernyawa berlaga pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup C Liga 2, Senin sore. Persis Solo bertanding melawan PSCS Cilacap di Stadion Manahan.

Baca Juga: Debut Gagal Jacksen F. Tiago di Persis Solo

Pengawalan itu diamini oleh bos Persis Solo yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengomentari unggahan Instagram tersebut dengan kalimat. “Tak kon do bubar langsung nek raiso do manut aturanku (saya minta bubar kalau tidak bisa mengikuti peraturanku],” tulis Kaesang.

Masih di halaman depan, Harian Solopos menyajikan berita terkait ancaman dari buruh jelang penetapan upah minimum kabupaten (UMK) 2022.

Buruh Ancam Matikan Mesin Pabrik

SEMARANG—Buruh kembali bergerak di berbagai wilayah, termasuk Jawa Tengah (Jateng), menjelang penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK). Upah minimum provinsi (UMP) Jateng 2022 yang sebelumnya ditetapkan terlalu jauh dani tuntutan buruh.

Ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) kembali beraksi turun ke jalan, Senin (29/11/2021). Mereka mendatangi kantor Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah di Jl. Pahlawan, Kota Semarang.

Dalam aksi tersebut, massa buruh menuntut kenaikan UMK 2022 sebesar 10%. Bila Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menetapkan kenaikan UMK kurang dari 10%, massa buruh mengancam akan mematikan mesin pabrik dan menggelar aksi mogok massal sebagai bentuk protes.

Baca Juga: Buruh Jateng Desak Pemerintah Tak Pakai UU Cipta Kerja untuk UMK 2022

“Bila pemerintah dalam hal ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak menaikkan UMK sebesar 10%, maka massa buruh akan menggelar mogok massal yang diawali dengan aksi serentak mematikan mesin pabrik,” kata Sekretaris KSPI Jateng, Aulia Hakim. Sebelumnya, massa buruh Jawa Tengah sempat dikecewakan dengan instruksi penetapan UMP oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) yang rata-rata hanya 1,05%.

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan headline terkait wacana pemberlakuan pembelajaran tatap muka (PTM) di ruang terbuka untuk mencegah potensi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

PTM di Ruang Terbuka

SOLO-Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo mematangkan rencana pembelajaran tatap muka (PTM) di ruang terbuka. Langkah tersebut dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Apalagi belakangan kasus persebaran Covid-19 di sekolah terus ditemukan menyusul uji swab acak yang dilakukan Pemkot. Terakhir, ada 28 siswa dan dua tenaga pendidik yang positif Covid-19 setelah melalui tes PCR. Jumlah itu masih bisa bertambah karena ada hasil uji swab beberapa sekolah yang belum keluar.

Kabid SD SMP Disdik Solo, Abdul Haris Alamsah, mengatakan Disdik menyeriusi pelaksanaan PTM terbatas di ruang terbuka, seperti taman dan lapangan. Menurut Haris, upaya itu bisa menjadi alternatif PTM yang aman pada masa pandemi.

Baca Juga: Serapan Anggaran Covid-19 Solo Rendah, Pemkot Tuai Kritik

“Ini kami masih mengkajinya. Kemungkinan arahnya memang ke sana [ada alternatif PTM di ruang terbuka|,” ujar Haris saat berbincang dengan Espos, Senin (29/11/2021).

Pihaknya menilai pembelajaran di luar ruangan lebih aman dan potensi penularan virus. Selain itu, PTM di ruang terbuka dapat menjadi solusi penambahan jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran.

Saat ini, peserta PTM masih dibatasi maksimal 50% dari kapasitas ruang kelas. Haris mengatakan Disdik masih perlu mencermati teknis dan sistem pengawasan ketika PTM di ruang terbuka nanti digelar.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Sedekah Perusahaan ke Yusuf Mansur, Pengusaha Ini Mengaku Kecewa

Belakangan perusahaan tersebut dikembangkan Yusuf Mansur dengan branding Paytren.

Wow, Pebisnis Ini Sedekah Perusahaan kepada Ustaz Yusuf Mansur

Ia menyedekahkan perusahaan miliknya PT Veritra Sentosa Internasional (VSI) untuk Pondok Pesantren Darul Quran melalui Yusuf Mansur

Faisal Basri Bakal Gugat UU Ibu Kota Negara

Faisal Basri menilai pengesahan UU IKN tergesa-gesa.

Kasus Omicron Melonjak, Ini Pesan Presiden Jokowi

Jokowi mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap varian Omicron tetapi tidak perlu bereaksi berlebihan.

Sosok Sabdo Palon, Tokoh yang Dikenal Sebagai Penguasa Tanah Jawa

Inilah sosok Sabdo Palon yang dikenal sebagai tokoh penguasa Tanah Jawa.

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus US$35,34 M, Tertinggi Sejak 2006

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut neraca perdagangan Indonesia pada 2021 mengalami surplus tertinggi sejak 2006 atau 15 tahun lalu.

Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan

Kapolri menyebutkan, pentingnya pemberian sertifikat CSFA untuk para perwira menengah dan perwira pertama Polri agar memiliki kemampuan untuk melakukan audit.

Ahli Kepolisian: Penembakan Anggota Laskar FPI Seusai Prosedur

Penembakan empat anggota FPI yang dilakukan oleh dua polisi di Tol KM 50 tidak menyalahi prosedur karena insiden itu masuk kategori situasi ekstrem.

Kisah Dibalik Perubahan Nama Yusuf Mansur, Sama-Sama 2 Kali Dipenjara

Yusuf Mansur membeberkan kisah dibalik perubahan namanya dari Jam'an Nurchotib Mansur menjadi Yusuf Mansur, yakni sama-sama pernah dua kali dipenjara.

Gempa Afghanistan Telan Korban 22 Nyawa

Korban meninggal akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Provinsi Badghis, Afghanistan bertambah menjadi 22 orang, Selasa (18/1/2022).

Vaksin Merah Putih Jadi Prioritas Badan Riset Negara

Vaksin Merah Putih menjadi salah satu jenis vaksin yang diharapkan menjadi vaksin yang dihasilkan oleh anak bangsa.

Perempuan Depresi Turun dari Menara Setelah Kapolsek Panggil "Sayang"

Melalui alat pengeras suara (toa), Kompol Manapar bereaksi dan mengucapkan, 'Sayang ayo turun", sebanyak dua kali, untuk membujuk Julidar.

+ PLUS Periode Maret-September 2021, Tingkat Ketimpangan Pengeluaran Menurun

Tingkat ketimpangan atau pengeluaran masyarakat di tingkat nasional yang diukur oleh rasio Gini pada Maret 2021 dan pada September 2021 menunjukkan penurunan.

Miris, Umrah Batal Gara-Gara Investasi ke Yusuf Mansur Menguap

Padahal, uang tabungan tersebut sengaja mereka investasikan dengan harapan hasilnya bisa dipakai untuk biaya umrah orang tua mereka.

Vonis Terdakwa Kasus Asabri Heru Hidayat, Akan Lebih Ringan atau Mati

Vonis Komisaris PT TRAM, Heru Hidayat, terdakwa kasus korupsi dana investasi PT Asabri akan sesuai tuntutan atau lebih ringan tergantung keputusan Pengadilan Tipikor Jakarta Selasa (18/1/2022).