Tutup Iklan
Halaman Utama Solopos Sabtu (7/9/2019).

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik perakitan mobil Esemka di Sambi, Boyolali, Jumat (6/9/2019). Esemka bukan mobil nasional (mobnas) namun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menjadikannya mobil dinas.

Pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) yang diresmikan Presiden Jokowi tepatnya berlokasi di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali. Peresmian itu sekaligus mengenalkan produk pikap buatan Esemka yang akan diproduksi secara massal yakni Bima 1.3 dan Bima 1.2.

“Saya melihat harga kompetitif, saya tanya harganya Rp95 juta off the road. Feeling saya laku keras,” kata Jokowi.

Kabar terkait peresmian dan launching produk mobil rakitan lokal Esemka itu menjadi berita utama di Harian Umum ">Solopos edisi hari ini, Sabtu (7/9/2019). Berita tersebut bisa disimak secara lengkap di: ">E-Paper Solopos.

Selain itu, halaman utama Harian Umum ">Solopos edisi hari ini juga mengupas tentang sisi lain peresmian pabrik Esemka, pengungkapan kasus narkoba di Solo, serta perkembangan revisi UU KPK

Harapan Industri Otomotif dari Produk Lokal

Pabrik perakitan mobil PT Solo Manufaktur Kreasi diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Awal 2016 riuh terdengar di telinga warga rencana pendirian pabrik mobil buatan dalam negeri di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali.

Pabrik yang digadang-gadang bakal menjadi pusat produksi Esemka itu mulai dibangun di tanah kas desa seluas 11,4 ha. Pabrik beratap merah dan berdinding putih itu bertulis PT Solo Manufaktur Kreasi. Di pagar bagian depan yang membatasinya dengan jalan Solo-Sambi, sebuah logo berbentuk tiga garis melengkung merah dengan tulisan Esemka di bawahnya semakin menegaskan bahwa tempat inilah yang bakal menjadi embrio lahirnya mobil nasional.

Baca selengkapnya di: ">E-Paper Solopos.

2,2 Kg SS Dipasarkan dari Punggawan

SOLO—Direktorat Reserse Narkotika Polda Jawa Tengah (Jateng) mengungkap jaringan pengedar narkotika di Solo dengan barang bukti 2,2 kg sabu-sabu (SS), Kamis (5/9) siang. Tak hanya itu, polisi mendapati 166 butir pil ekstasi, dan sebuah air soft gun.

Direktur Reserse Narkotika Polda Jateng Kombes Pol. Wachyono di Semarang, Jumat (6/9), mengatakan pengungkapan itu bermula dari penangkapan dua kurir SS yang bertugas mengirim barang haram itu kepada pembelinya. ”Awalnya ditangkap satu tersangka berinisial LLK dengan barang bukti 2 gram SS dan 100 butir ekstasi,” katanya.

Baca selengkapnya di: ">E-Paper Solopos.

”Jangan Sampai KPK Mati di Masa Jokowi”

JAKARTA—Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdemonstrasi memprotes rencana revisi UU KPK oleh DPR yang dianggap melemahkan lembaga antirasuah itu. Mereka membandingkan perjalanan KPK dari masa Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

”Berbagai upaya pelemahan telah dialami KPK melewati berbagai masa pemerintahan. Presiden Abdurahman Wahid merancang KPK, Presiden Megawati Soekarnoputri melahirkan KPK, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melindungi KPK dan jangan sampai sejarah mencatat KPK mati pada masa Presiden Joko Widodo,” kata pegawai KPK, Henny Mustika Sari, dalam aksi Tolak Revisi UU KPK di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta, Jumat (6/9).

Baca selengkapnya di: ">E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar tentang IPA Semanggi Solo tak lagi bau ciu, penghapusan subsidi listrik, serrta studio 6 dimensi.

Halaman Soloraya Sabtu (7/9/2019)

IPA Semanggi Tak Lagi Bau Ciu

SOLO—Perumda Air Minum Toya Wening kembali mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (5/9) malam, setelah dihentikan selama lebih dari 12 jam.

Kondisi air baku Sungai Bengawan Solo saat ini sudah membaik, lebih jernih, dan tak lagi berbau.

Baca selengkapnya di: ">E-Paper Solopos.

Tenang, Belum Ada Penghapusan Subsidi

SOLO—Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Solo masih menunggu informasi pasti dari pusat mengenai rencana pencabutan subsidi tarif listrik untuk pelanggan 900 volt ampere (VA). Saat ini terdapat 63.032 pelanggan dengan daya 900 VA yang ada di wilayah kerja UP3 PLN Solo.

Manajer UP3 PLN Solo, Mundhakir, mengatakan secara nasional belum ada perubahan tarif untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA.

Baca selengkapnya di: ">E-Paper Solopos.

Lebih Nyata dengan Sensasi Cipratan Air

Studio 6 dimensi (6D) milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Solo rencananya diluncurkan Oktober mendatang. Saat ini, studio di  ingkungan kantor yang berlokasi di Jl. Hasanudin, Solo, tersebut masih dalam pembenahan.

Lalu, seperti apa sih studio ini? Studio berkonsep wahana edukasi, kreasi, dan imajinasi tersebut memiliki luas sekitar 7 meter x 7 meter. Di dalamnya terdapat 36 kursi, yang berarti studio ini berkapasitas 36 penonton. Seperti di bisokop-bisokop pada umumnya, posisi kursi ini juga ditata berundak agar semua penonton dapat melihat layar secara menyeluruh.

Baca selengkapnya di: ">E-Paper Solopos.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten