SOLOPOS HARI INI : Elpiji bakal Turun Harga hingga Kasus Pasar Ir. Soekarno
Koran Solopos edisi Senin (6/1/2014). (JIBI/Solopos/Anik Sulistyawati)

Solopos.com, SOLO--Kementerian BUMN sebagai pemilik saham PT Pertamina (Persero) Tbk mengisyaratkan harga elpiji 12 kilogram akan diturunkan pada Senin (6/1) ini.

Dalam waktu 1 x 24 jam, Pertamina bakal berkonsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) agar keputusan penurunan harga ini tidak merugikan Pertamina. Keputusan pemerintah mengoreksi kenaikan harga elpiji 12 kg yang diberlakukan mulai Rabu (1/1), dilakukan karena dinilai terlalu tinggi oleh banyak pihak.

Peserta Jamsostek Bingung Biaya Operasi

Pemberlakuan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) masih memunculkan kebingungan di masyarakat, termasuk pengguna kartu Jamsostek. Kendati pihak BPJS Kesehatan mengatakan pengguna kartu Jamsostek masih bisa menggunakan kartu ini untuk mendapatkan layanan kesehatan, namun fakta di lapangan berbicara lain.

Ayub, 27, seorang karyawan di sebuah perguruan tinggi swasta di Solo mengalami kebingungan ketika kepesertaannya di Jamsostek dinyatakan kedaluwarsa oleh salah satu rumah sakit swasta di Solo. Padahal dia harus membayar biaya operasi amputasi jempol kakinya, setelah mengalami kecelakaan Rabu (1/1/2014) silam.

Selamat Jalan, Sang Dalang Serbabisa

Duka menyelimuti panggung seni pertunjukan Tanah Air. Seniman kreatif, inovatif, dan berani bermain di luar pakem, Slamet Gundono, 47, tutup usia di Rumah Sakit Islam (RSI) Yarsis, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Minggu (5/1), pukul 08.30 WIB.

Pelataran RSI Yarsis, Minggu siang, riuh rendah. Puluhan seniman dan budayawan Tanah Air berduka bersama untuk mengantarkan kepergian salah satu sosok seniman muda berbakat negeri ini, Slamet Gundono. Dalang wayang suket ini meninggal dunia setelah enam hari bergelut dengan penyakit komplikasi yang menyerangnya.

Membeli Air Milik Sendiri

Eksistensi pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) PT Tirta Investama yang dikelola industri multinasional Aqua-Danone kembali digugat. Gugatan itu mengemuka dalam proses persidangan judicil review UU No UU No. 7/2004 tentang Sumber Daya Air (SDA). Sebagaimana diberitakan merdeka.com beberapa hari lalu, saksi ahli Erwin Ramedhan dalam uji materi UU SDA memaparkan cara perusahaan air kemasan merek Aqua dalam mengembangkan usaha, produksi, dan labanya selama di Indonesia.

Aqua, kata dia, menguasai 50%-60% air kemasan nasional saat ini. Sumber airnya berasal dari beberapa wilayah di Indonesia. Di Klaten, eksploitasi air bersih oleh PT Tirta Investama mencapai 40 juta liter per bulan.

Pedagang Pasar Gede Miliki 9 SHP

Banyak pedagang di Pasar Gede Solo memiliki lebih dari satu surat hak penempatan (SHP) kios atau los untuk menggelar dagangan. Bahkan, satu pedagang ada yang memiliki SHP sampai sembilan lembar.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Gede Solo, Jumadi, saat dihubungi Espos, Minggu (5/1), mengungkapkan banyak pedagang di Pasar Gede yang memiliki SHP lebih dari satu. Jumadi menyebut seorang pedagang ada yang memiliki empat, lima, bahkan sembilan SHP. Banyaknya SHP itu, menurut Jumadi, diperoleh pedagang lewat warisan orang tua secara turun-temurun.

Pedagang Ancam Adukan Pemkab ke Komnas HAM

Pedagang Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo berencana mengadukan Pemkab Sukoharjo kepada Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menyusul berlarut-larutnya proyek pasar.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Kota Sukoharjo, Fajar Purwanto mengaku sedang menunggu waktu yang tepat untuk mengadukan masalah Pasar Ir. Soekarno kepada Komnas HAM. Perwakilan pedagang akan mendatangi langsung komisioner Komnas HAM di Jakarta.

 

Selamat membaca...



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom