Kategori: Nasional

Solopos Hari Ini: Ekstra Disiplin Prokes


Solopos.com/Tim Solopos

Solopos.com, SOLO-- Koran Solopos Hari Ini edisi Rabu (15/12/2020) mengulas tentang ekstra disiplin protokol kesehatan (prokes).

Peningkatan kasus Covid-19 diiringi peningkatan kasus kematian. Di Soloraya, 151 orang meninggal dunia akibat Covid-19 dalam dua pekan pertama Desember 2020.

Dibutuhkan kedisiplinan dalam protokol kesehatan (prokes).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

KPU Solo Gelar Rekapitulasi Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo akan menggelar rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada 2020 tingkat kota pada Rabu (16/11/2020) pagi di The Sunan Hotel.

Proses itu dilakukan menyusul sudah selesainya rekapitulasi suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada Senin (14/12/2020). Undangan rapat rekapitulasi suara tingkat kota sudah disampaikan kepada dua pasangan cawali-cawawali dan tim pemenangan.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti kepada wartawan Selasa (15/12/2020) mengatakan rekapitulasi suara dijadwalkan mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.30 WIB. Rekapitulasi penghitungan suara akan dimulai dari Kecamatan Jebres, Pasar Kliwon, Serengan, Laweyan, serta Banjarsari.

Nurul akan memimpin langsung proses rekapitulasi penghitungan suara di lima wilayah kecamatan. Setelah proses itu selesai, acara ditutup dengan penandatanganan bersama berita acara hasil penghitungan suara oleh pasangan cawali-cawawali nomor urut 01 dan 02.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Ikon Gambyong Lengkapi Flyover Purwosari

Pelaksana proyek flyover Purwosari memastikan bangunan lintas atas itu bisa dilalui masyarakat per 21 Desember nanti. Namun, pembukaan flyover hanya berlangsung selama lima hari, yakni 21-26 Desember. Keputusan tersebut lebih singkat dari rencana semula yang sedianya dibuka hingga 1 Januari. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Jawa Tengah, Alik Mustakim mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait uji coba tersebut.

“Rencananya pada Kamis (17/12/2020), kami akan uji coba internal siang dan malam. Sesudah itu, pada Jumat-Minggu (18-20/12/2020), kami cek apakah ada kekurangan lalu pembenahan sebelum akhirnya dibuka untuk uji coba. Kami juga masih merampungkan sisa pekerjaan,” kata dia, dihubungi Espos, Selasa (15/12/2020). Sebelum uji coba dilakukan, pihaknya bakal menggelar tumpengan dan doa bersama untuk keselamatan.

Alik mengatakan rencana uji coba tak diperpanjang hingga tahun baru lantaran menyikapi kondisi Pandemi Covid-19. Pelaksana tak ingin masyarakat memanfaatkan flyover untuk menunggu malam pergantian tahun atau berkerumun di sekitar area. Di samping itu, pihaknya masih harus merampungkan pembuatan bangunan ikon ekspresi gerakan tarian gambyong di dua ujung flyover seperti permintaan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Disperindag Jateng Pasang Sekat Plastik Pasar Gede

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah memasang sekat antara pedagang dan pembeli dengan plastik mendukung protokol kesehatan Covid-19 di Pasar Gede, Kecamatan Jebres, Solo, Senin (15/12/2020) petang.

Berdasarkan pantauan Espos, pembatas plastik telah terpasang di gedung barat dan gedung timur untuk pedagang yang menempati pelataran. Semua ruang untuk pedagang tampak penuh.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Sugeng Budi, menjelaskan Pasar Gede mendapatkan bantuan sekat, celemek, masker, penutup kelapa, sabun, sarung tangan, pelindung wajah, dan alat pengukur suhu dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng. Pemasangan sekat sepanjang 150 meter dilakukan Senin petang.

"Yang melakukan pemasangan dari pihak provinsi kemarin malam. Nanti ke depan semua pasar seperti ini," kata dia kepada Espos.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati