SOLOPOS.COM - Solopos Hari ini Sabtu (27/8/2016)

Solopos hari ini mengabarkan ekonomi kreatif menjadi tumpuan masa depan Indonesia.

Solopos.com, SOLO — Sektor ekonomi kreatif berbasis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diharapkan menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Sektor ekonomi kreatif Indonesia selama ini ditopang kuliner, fashion, dan kerajinan. Ekonomi kreatif selama empat tahun terakhir berkontribusi sekitar 7% terhadap produk domestik bruto (PDB).

”Ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia. Indonesia memiliki ekonomi kreatif dan sangat potensial dikembangkan ke depan,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo saat membuka pameran UMKM binaan BI di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Potensi yang besar ekonomi kreatif di Indonesia dilihat dari keanekaagaman budaya tiap daerah. Masing-masing daerah memiliki kearifan lokal yang bisa menjadi kekuatan ekonomi kreatif. Agus menyebutkan sejak 2010 hingga 2013 ekonomi kreatif mampu menyumbang 5,3% untuk pertumbuhan nasional.

Kabar ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia menjadi headline Harian Umum Solopos hari ini, Sabtu (27/8/2016). Selain itu Solopos hari ini juga mengabarkan kecelakaan lalu lintas di Batang, Liga Inggris dan kritik sosial karang taruna Madegondo. Berikut cuplikan Solopos hari ini, Sabtu:

KECELAKAAN LALU LINTAS : Kecelakaan, 2 Remaja Kembar Meninggal

Empat orang meninggal dalam kecelakaan beruntun yang terjadi di jalur Alas Roban, Batang, Jawa Tengah, Jumat (26/8/2016) sekitar pukul 10.00 WIB. Dua korban meninggal adalah remaja kembar. Kecelakaan itu melibatkan dua truk, satu minibus, dan satu unit sepeda motor.

Lokasi kejadian berada di jalan raya Kecamatan Subah, Kabupaten Batang. Kecelakaan bermula saat truk tronton berpelat nomor H 1960 BS dari arah Semarang ke Jakarta menyenggol truk boks berpelat nomor B 9729 UEV yang melaju dari arah sebaliknya. Truk tronton kehilangan kendali dan menabrak truk lainnya berpelat nomor AG 9135 PA.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

LIGA PREMIER INGGRIS :  Inkonsistensi Masih Bayangi The Reds

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, memiliki memori istimewa ketika membawa skuatnya kembali ke markas Tottenham Hotspur di Stadion White Hart Lane, London, Sabtu (27/8/2016) pukul 18.30 WIB. Duel di White Harte Lane bakal selalu menjadi laga spesial bagi pelatih asal Jerman tersebut.

Itu karena Klopp memulai kariernya sebagai pelatih The Reds, julukan Liverpool, di Liga Premier dengan bertandang ke markas Tottenham. Tepatnya pada 17 Oktober silam, Klopp yang baru beberapa hari diresmikan sebagai nakhoda baru Liverpool membawa timnya bermain imbang 0-0 di White Hart Lane.

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

KRITIK SOSIAL : Mendamba Kali Wingko Bersih Lewat Mural 3D

Karang Taruna Desa Madegondo, Grogol, Sukoharjo, punya cara tersendiri untuk menuangkan ekspresi dan kritik sosial. Gambar sungai warna biru muda membentang 30 meter di jalan perkampungan di Dusun Turiharjo, Madegondo, Grogol, Sukoharjo.

Warga yang melintas, baik yang berjalan kaki, naik sepeda, atau kendaraan bermotor kerap menengok ke bawah. Ada kekaguman kala mereka seakan melintasi aliran sungai yang bersih, jernih, tanpa sampah. Jalan perkampungan yang tidak seberapa lebar itu menjadi ruang berkreasi bagi Karang Taruna (KT) Desa Madegondo.

Mereka menuangkan kreasi mural tiga dimensi (3D) untuk memberikan efek nyata bagi warga yang melintasi jalan itu. ”Seolah-olah seperti berjalan kaki di sungai yang alirannya cukup deras,” kata seorang pejalan kaki, Nasution, 31, saat berbincang dengan Espos, Jumat (26/8/2016).

Simak selengkapnya: epaper.solopos.com/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya