Solopos Hari Ini: Desakan Evaluasi PTM Menguat

Lonjakan kembali kasus Covid-19 beberapa hari terakhir memperkuat desakan agar pemerintah meninjau ulang kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM).

 Harian Solopos edisi Jumat (28/1/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (28/1/2022).

Solopos.com, SOLO — Desakan untuk meninjau ulang pembelajaran tatap muka (PTM) menguat seiring bertambahnya temuan kasus Covid-19 akhir-akhir ini. Harian Solopos edisi Jumat (28/1/2022) mengusung headline terkait desakan peninjauan ulang PTM.

Desakan Evaluasi PTM Menguat

KLATEN-Lonjakan kembali kasus Covid-19 beberapa hari terakhir memperkuat desakan agar pemerintah meninjau ulang kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM). Di sisi lain, pemerintah mendorong kembali penerapan bekerja dari rumah.

PromosiSejarah Kanal Baki dan Dam Bareng Sukoharjo Peninggalan Hindia Belanda

Kasus harian Covid-19 kembali melampaui angka 1.000 sejak 15 Januari 2022 lalu, tepatnya 1.054 kasus. Sempat kembali di bawah 1.000 kasus pada 16-17 Januari 2022, jumlah kasus kembali melampaui 1.000 pada 18 Januari 2022 hingga saat ini.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Wonogiri Naik, Jekek Minta PTM 100 Persen Dievaluasi

Bahkan pada Kamis (27/1/2022), terjadi lonjakan secara nasional dengan 8.077 kasus baru. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Jumat (28/1/2022).

Masih di halaman depan, Harian Solopos juga menyajikan berita terkait perlunya menghentikan aksi panic buying minyak goreng.

Stop Aksi Panik Borong Minyak Goreng

JAKARTA — Terus berlangsungnya aksi panic buying diduga memicu kosongnya stok minyak goreng bersubsidi seharga Rp14.000 per liter di ritel modern. Sementara itu, pemerintah akan kembali menurunkan harga minyak goreng hingga menjadi Rp11.500 per liter.

Harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng akan mulai disesuaikan per 1 Februari 2022. Ini seiring berlakunya kebijakan domestic price obligation (DPO) untuk pasokan minyak sawit mentah/crude palm oil (CPO) dan olein ke pasar dalam negen.

Baca Juga: Disdag Solo Dorong Pedagang Samakan Harga Minyak Goreng Rp14.000/Liter

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjelaskan DPO untuk CPO ditetapkan senilai Rp9.300 per kg, sedangkan minyak olein Rp10.300 per liter. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Jumat (28/1/2022).

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan headline terkait wacana Solo sebagai kota literasi berkelas dunia.

Wacana Solo Jadi Kota Literasi Dunia

SOLO-Solo dianggap potensial menjadi kota literasi dunia. Ada tiga komponen penting dari Solo yang bisa jadi modal dasar untuk mewujudkannya, yakni pujangga, pustaka, dan pusaka.

Wacana tersebut disampaikan stakeholders literasi Solo dalam acara Diskusi Kelompok Terbatas (DKT) 2022 yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solo di Hotel Solia Yosodipuro, Kamis (27/1/2022).

Acara yang diadakan untuk menampung masukan serta kritikan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solo tersebut diikuti 50 peserta. Mereka terdiri atas komunitas, pengelola perpustakaan, hingga pegiat baca.

Baca Juga: Dongkrak Literasi Pajak, DJP Jateng Buka Tax Center di Univet Sukoharjo

Anggota Komunitas Menulis Kota Solo, Imelda Yuniati, mengatakan Solo memiliki tiga poin penting, pujangga, pustaka, dan pusaka yang tidak ada di kota lain. Imelda kemudian menjelaskan tiga komponen tersebut. Dalam hal pustaka dan pusaka, Solo memiliki sejumlah museum dan perpustakaan bersejarah.

Contohnya Museum Radya Pustaka dan Lokananta yang menyimpan banyak arsip penting. Sementara komponen pujangga dibuktikan sastrawan besar di Solo seperti Ronggowarsito, Yosidupuro I, W.S. Rendra hingga pencipta lagu ternama Didi Kempot. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Jumat (28/1/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Andika Perkasa Muncul dalam Bursa Capres NasDem

Nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Rahmat Gobel masuk dalam bursa capres Partai NasDem.

Profil Ketua MK Anwar Usman, Adik Ipar Baru Presiden Jokowi

Ketua MK Anwar Usman resmi menjadi adik ipar Presiden Jokowi setelah menikahi Idayati di Solo, Kamis (26/5/2022).

Memprihatinkan, Belum Banyak Mahasiswa Hukum Baca Putusan Peradilan

Cukup memprihatinkan, mahasiswa Fakultas Hukum saat ini tidak tertarik untuk membaca putusan-putusan hukum semisal putusan MK terkait dengan persoalan KPK.

Mengundang Bencana di Tanah Bencana

Ekspansi industri dan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, menicayakan krisis lingkungan berupa tanah ambles dan banjir atau rob.

Temui Presiden dalam GPDRR di Bali, Save The Children Suarakan Aspirasi

Presiden Joko Widodo menyambangi Rumah Resiliensi Indonesia (RRI) sebagai bagian dari Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Pernah Main Film, Ini Judulnya

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman yang menikahi adik Jokowi, Idayati, ternyata pernah bermain film. Apa judulnya?

Kembalinya Sentralisasi

Penunjukan dan pengangkatan para penjabat kepala daerah pada 2022 dan 2023 dengan masa jabatan setahun hingga lebih dari dua tahun sama saja dengan mengembalikan sentralisasi pemerintahan.

Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Pernah Jadi Guru Honorer

Nikahi adik Jokowi, Idayati, ternyata Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, ternyata pernah menjadi guru honorer.

Biodata Anwar Usman, Ketua MK yang Nikahi Adik Jokowi Hari Ini

Ini dia biodata atau profil dari Anwar Usman, Ketua MK yang menikahi adik Jokowi, Idayati hari ini, Kamis, 26 Mei 2022.

Dinilai Berhasil Kendalikan Covid-19, Indonesia Dapat Pujian dari PBB

Perhimpunan Bangsa-Bangsa (PBB) memuji Indonesia yang dinilai berhasil mengendalikan Covid-19 sehingga perhelatan forum Platform Global Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) 2022.

Kisah Nokia yang Hilang dan DPD yang Merasa Dibedakan

Saat Apple membukukan keuntungan US$123,9 miliar atau setara Rp1,779 triliun per Desember 2021, Nokia justru mulai dilupakan.

Sejarah Hari Ini: 26 Mei 1889 Menara Eiffel Dinaiki Pengunjung

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 26 Mei.

Ada Beasiswa S2 di China dari Luhut dan LPDP, Begini Persyaratannya

Untuk teknis pelaksanaan program beasiswa tersebut, Menteri Luhut bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Penembakan Massal di Texas, 14 Siswa dan Seorang Guru Terbunuh

Penembak yang baru berusia 18 tahun tewas oleh polisi yang merespons kejadian penembakan massal itu.