Solopos Hari Ini: Debat Klaten Kian Dinamis
Koran Solopos edisi Kamis (3/12/2020).

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos hari ini edisi Kamis (3/12/2020) mengulas tentang debat pilkada Klaten kian dinamis.

Debat publik putaran kedua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (Cabup-Cawabup) Klaten lebih dinamis dibandingkan debat pada putaran pertama. Debat tak lagi didominasi para cabup.

Cabup dan cawabup beberapa kali berbagi peran menjawab pertanyaan, melontarkan pertanyaan, hingga menyampaikan pernyataan. Debat putaran kedua digelar di Tjokro Hotel Klaten, Rabu (2/12/2020) pukul 19.30 WIB-21.30 WIB. Debat diikuti tiga pasangan cabup-cawabup nomor urut 1, Sri Mulyani-Yoga Hardaya (Mulyo), nomor urut 2, One Krisnata-Muhammad Fajri (ORI), nomor urut 3, Arif Budiyono-Harjanta (ABY-HJT).

Debat dibagi dalam enam segmen dengan tema debat putaran kedua yakni Menuju Klaten Bersinar yang Maju, Inovatif, dan Sejahtera. Pokok bahasan pada debat publik putaran kedua meliputi agama dan kerukunan hidup beragama, pendidikan, pemberdayaan perempuan dan anak, lingkungan hidup dan pembangunan infrastruktur, serta pelayanan publik pemerintahan.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Gibran Simulasi, Bajo Tak Butuh Persiapan

Debat Publik II Pilkada Solo tahun 2020 akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo pada Kamis (3/12/2020) malam di Gedung Terang Abadi (TA) TV Solo.

Dua pasangan cawali-cawawali Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) bakal kembali terlibat adu argumentasi, visi misi dan program unggulan bila kelak menjadi orang nomor satu dan dua di Kota Bengawan.

Saat ditemui seusai bersilaturahmi dengan pengurus dan kader Partai Golkar Solo, Minggu (29/11/2020), di Rumah Budaya Kratonan, Gibran mengaku melakukan beberapa kali simulasi debat dengan sejumlah tokoh seperti akademisi, budayawan dan tokoh senior.

Sedangkan cawali Solo Bagyo Wahyono saat diwawancara wartawan di Rumah Pemenangan Bajo di Penumping, Laweyan, akhir bulan November 2020 menyinggung ihwal durasi debat yang hanya tiga menit yang diberikan untuk berbicara.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Rudy Usul Asrama Haji untuk Isolasi

Ratusan ruang isolasi pasien Covid-19 di Kota Bengawan dilaporkan terisi penuh. Belasan rumah sakit (RS) itu tak hanya melayani pasien lokal tapi juga rujukan dari luar kota. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan dari catatan Satgas Penanganan Covid-19 hingga Rabu (2/12/2020) menyebut jumlah warga Solo yang menjalani rawat inap karena terpapar Covid-19 mencapai 192 orang.

Sedangkan yang menjalani isolasi mendiri berjumlah 803 orang. Dari kapasitas total RS rujukan yang hanya 320, sebanyak 192 di antaranya sudah diinapi oleh warga Solo.

“RS Solo sudah penuh karena menerima rujukan dari luar kota, minimal 6 kabupaten/kota di Soloraya itu mengirim ke sini. Makanya harus ada tindakan membikin RS darurat. Sebanyak 800an warga isolasi mandiri di rumah, mereka belum tentu disiplin. Kalau enggak disiapkan RS darurat, enggak akan memutus rantai persebaran virus penyebab Covid-19. Saya mengusulkan Asrama Haji Donohudan jadi RS darurat untuk isolasi pasien asimtomatik. Tapi, sudah tiga kali mengirim surat belum ada jawaban,” kata dia, kepada wartawan, Rabu.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

UMS Siapkan 2 Tempat Isolasi Mandiri

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyiapkan dua tempat khusus untuk isolasi mandiri bagi dosen atau karyawan yang terkena Covid-19. Kedua tempat itu berada di Solo, yakni Ramayana House di Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo dan Kampus UMS di Jl. Dr Radjiman, Laweyan.

Rektor UMS, Sofyan Anif mengatakan Ramayana House sebelumnya merupakan hotel dan kini dipakai untuk kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). “Gedung Ramayana berada di pertigaan Kampus Fakultas Kedokteran Gigi, menghadap ke timur. Dulu hotel, sekarang untuk kegiatan PLPG,” ujarnya, Rabu (2/12/2020).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom