SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (12/11/2020).

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos Hari Ini edisi Kamis (12/11/2020) mengulas tentang Covid-19 susupi sekolah.

Kasus Covid-19 merebak di sekolah di tengah rencana pembelajaran tatap muka (PTM). Sebanyak 11 guru di SMAN 1 Polokarto, Sukoharjo, terpapar Covid-19, begitu pula Kepala SMA N 1 Wonogiri, Sumanto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aktivitas di SMAN 1 Polokarto ditutup sementara menyusul 11 guru sekolah terkonfirmasi positif Covid-19. Para guru yang terpapar Covid-19 menjalani isolasi mandiri di rumah hingga dinyatakan sembuh.

Ketat! Begini Penerapan Protokol Kesehatan di Lokasi Pengungsian Bencana Merapi Boyolali

Informasi yang dihimpun Espos, Rabu (11/11/2020), ada 17 guru kontak erat pasien positif Covid-19. Mereka menjalani uji swab dengan pengambilan sampel cairan tenggorokan pada 4 November oleh Puskesmas Polokarto.

Hasil uji swab keluar pada 10 November yang menyebutkan 10 guru terkonfirmasi positif dan satu guru inkonklusif. Guna mencegah persebaran Covid-19, aktivitas di SMAN 1 Polokarto ditutup sementara mulai 10 November.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Jalan Panjang Pengantar Jenazah Covid-19

Jumlah kematian akibat Covid-19 terus bertambah. Tidak banyak sukarelawan yang memiliki keahlian dan bersedia menangani jenazah pasien positif Covid-19. Para anak muda mengambil peran tersebut dengan suka dukanya.

Seperti yang dilakukan oleh Mughny Hismanda, 20 yang sudah melakukan penanganan empat jenazah terkait Covid-19 selama delapan bulan terakhir. Dia tidak mengenal rasa takut dan lelah dalam penanganan jenazah Covid-19.

Kerbau Bule Tertua Keraton Solo Mati, Dimakamkan Seperti Manusia

Mahasiswa semester lima dari Program Studi D3 Manajemen Perdagangan Fakultas Ekonomi Bisnis UNS tersebut mengawali tugas terkait Covid-19 ketika menjadi bagian dari Posko Covid-19 Kota Solo. Lalu ia berpartisipasi latihan penanganan jenazah bersama PMI.

Tugas terbaru dilakukan bersama satu sukarelawan PMI dan empat sukarelawan BPBD Kota Solo yang melakukan pemakaman satu jenazah dari Kelurahan/Kecamatan Jebres ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Purwoloyo, Senin (2/11/2020). Sukarelawan melakukan pemulasaran jenazah, mengantarkan jenazah, dan melakukan proses pemakanan.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Pintu Air Demangan Dilengkapi Trashrack

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) melanjutkan pembangunan Pintu Air Demangan tahap dua di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Solo. Pintu air dilengkapi trashrack untuk mengangkat sampah otomatis.

Berdasarkan pantauan Espos, Rabu (11/11/2020) pekerja proyek mulai memasang pagar penutup proyek. Belum ada satu alat berat yang datang ke lokasi proyek pintu air.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai III Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) BBWSBS, Agus Eddy Widiyarto, menjelaskan proyek tahap satu pembangunan konstruksi sipil. Tahap dua membangun hidromekanikal dan elektrikal.

“Ada tiga bangunan yaitu rumah pompa, rumah jaga, dan rumah ganset. Kami menyediakan enam unit pompa banjir. Kapasitas setiap pompa 2,5 meter kubik per detik,” katanya saat ditemui Solopos di kantornya.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

42 Warga Jebres Selesaikan Karantina Wilayah

Sebanyak 42 warga berhasil menyelesaikan karantina wilayah di RT 002 RW 019 Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, Rabu (11/11/2020).

Di satu sisi, Kelurahan Jebres merupakan kelurahan dengan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 tertinggi Kota Solo. Mayoritas merupakan tenaga kesehatan (nakes).

Sekretaris RW 019, Joko Susilo , menjelaskan petugas Puskesmas setempat telah melakukan pemeriksaaan kesehatan kepada warga yang menjalani karantina di kompleks perumahan dan gedung serba guna setempat, Senin (9/11/2020) sore. Semua warga dalam kondisi baik atau sehat.

“Kami menunggu surat keterangan sehat dari Puskesmas. Warga boleh beraktivitas kembali setelah kami melakukan penyemprotan disinfektan besok pagi [hari ini]. Kami sterilkan semua rumahnya dulu,” katanya kepada Espos, Selasa (11/10/2020).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya