SOLOPOS.COM - Halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 30 Mei 2015

Solopos hari ini memberitakan terpilihnya Sep Blatter menjadi Presiden FIFA hingga OP tak mempan atasi kelangkaan Elpiji.

Solopos.com, SOLO – Josep “Sepp” Blatter kembali menduduki jabatan Presiden FIFA meski megaskandal korupsi senilai kurang lebih 100 juta poundsterling (sekitar Rp2 triliun) sedang menampar lembaga yang dipimpinnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabar ini menjadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Sabtu (30/5/2015). Kabar lain, Operasi pasar (OP) di berbagai daerah belum mempan mengatasi kelangkaan elpiji 3 kilogram (kg). OP pun dinilai merupakan solusi jangka pendek.

Selain berita-berita ini, laporan dari persiapan pengamanan pernikahan Gibran-Selvi hingga Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menegaskan aparatur sipil negara (ASN) yang berijazah palsu akan dicopot jabatan menjadi kabar utama di Solopos hari ini.

Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu, 30 Mei 2015;

TATA NIAGA BARANG: OP Tak Mempan Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg

Operasi pasar (OP) di berbagai daerah belum mempan mengatasi kelangkaan elpiji 3 kilogram (kg). OP pun dinilai merupakan solusi jangka pendek.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Wonogiri telah menggelar OP elpiji 3 kg atau gas melon sebanyak enam kali sejak awal Mei. OP elpiji 3 kg terakhir dilakukan di Kecamatan Eromoko dan Pracimantoro, Jumat (29/5).

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop dan UMKM, Wahyu Widayati, mengatakan PT Pertamina bersama Pemkab kembali menggelar OP elpiji 3 kg di dua tempat yakni Eromoko dan Pracimantoro. “Kebutuhan meningkat sedangkan jumlah barang tersedia tidak bertambah. Kondisi itu membuat elpiji 3 kg langka,” ujar Wahyu saat ditemui Espos.

Dia mengakui OP itu hanya solusi jangka pendek untuk mengatasi kelangkaan elpiji 3 kg. Solusi jangka panjang, kata dia, harus ada penambahan kuota elpiji. Menurut dia meningkatnya permintaan elpiji 3 kg disebabkan banyaknya pengguna elpiji 12 kg beralih ke elpiji 3 kg. Dia memastikan OP elpiji 3 kg pada akhir Mei dihentikan.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: OP Tak Manjur Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Ini Bukti Lengkapnya…, 6 Kali Operasi Pasar, Elpiji 3 kg Masih Langka di Wonogiri, Pertamina: Spekulan Biang Kelangkaan Gas Melon!)

PENATAAN BIROKRASI: Berijazah Palsu, PNS Dicopot

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menegaskan aparatur sipil negara (ASN) yaitu PNS dan Polri/TNI yang berijazah palsu akan dicopot jabatan.

Kemenpan & RB telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 03/2015 tentang Penanganan Ijazah Palsu yang ditujukan ke seluruh ASN/TNI/ Polri. ”Kami sudah keluarkan surat edaran Kemenpan jadi bagi PNS yang terbukti menggunakan ijazah palsu, otomatis akan dicopot dari jabatannya dan diturunkan satu tingkat,” ungkap Menpan & RB Yuddy Chrisnandi di Gedung Kemenpan & RB, Jakarta, Jumat (29/5).

Yuddy mengatakan aparatur sipil negara yang menggunakan ijazah palsu tidak diberhentikan karena ada pertimbangan tahapan menjadi PNS dan pengabdian kepada negara. ”Tapi mereka menyalahgunakan kepercayaan dan diragukan integritasnya karena itu sanksinya adalah administratif,” ujar Yuddy.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Kementerian PAN-RB Perintahkan Ijazah PNS Dicek Ulang, Pemkot Solo Cek Keaslian Ijazah PNS)

SEPAK BOLA INTERNASIONAL: Blatter Kembali Pimpin FIFA

Josep “Sepp” Blatter kembali menduduki jabatan Presiden FIFA meski megaskandal korupsi senilai kurang lebih 100 juta poundsterling (sekitar Rp2 triliun) sedang menampar lembaga yang dipimpinnya. Hal itu terjadi setelah rivalnya, Pangeran Ali bin Al Hussein, mengundurkan diri.

Sebelumnya, dalam pemungutan suara ronde pertama, Blatter meraup 133 suara dan Pangeran Ali bin Al Hussein meraih 73 suara. Berdasarkan pantauan siaran langsung pemungutan suara dari FIFATV di Youtube hingga Sabtu (30/5) pukul 00.30 WIB, peserta Kongres FIFA mengikuti pidato kemenangan Blatter.

Untuk bisa terpilih menjadi Presiden FIFA, calon harus mendapatkan minimal 140 suara. Dalam ronde pertama, Blatter baru meraup 133 suara. Dukungan ke Blatter diraih dari berbagai negara, sedangkan dukungan ke Pangeran Ali diraih dari negara-negara Eropa.

Namun, setelah ronde pertama Pangeran Ali bin Al Hussein mundur. Pada Kongres FIFA di Zurich, Swiss, Jumat (29/5), Blatter mendapatkan dukungan kuat dari sejumlah anggota FIFA untuk kembali menduduki jabatan yang dikuasainya sejak 1998.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com



(Baca Juga: Jika Blatter Terpilih Lagi, UEFA Boikot Piala Dunia, FIFA Kisruh, Sepp Blatter Main Mata dengan Wanita, Ketua FA Ingin Sepp Blatter Kalah, Blatter Ajak Perbaiki FIFA)

PERNIKAHAN GIBRAN-SELVI: Jokowi Tak Undang Kepala Negara Lain

Pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda bakal dihadiri tamu-tamu penting. Lalu bagaimana pengamanannya? Simak laporan wartawan Solopos, Muhammad Irsyam Faiz di Harian Umum Solopos hari ini.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

(Baca Juga: Repot, Kepala Negara Sahabat Tak Diundang di Pernikahan Gibran-Selvi, Menteri Agama Nasihati Gibran-Selvi, Kakak Iriana akan di Dekat Jokowi Sepanjang Acara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya