Solopos Hari Ini: Berhasilkah PPKM Mikro?
Koran Solopos edisi Senin (22/2/2021)

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (22/2/2021) mengulas tentang berhasilkan PPKM Mikro?

Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di Jawa-Bali dari 23 Februari hingga 8 Maret 2021. Efektivitas PPKM masih menjadi perdebatan.

Perpanjangan PPKM itu diatur dalam instruksi Mendagri (Inmendagri) No.40/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Coronavirus.

Selengkapnya Baca E-paper Solopos.

Ada yang Dapat Ganti Rugi Rp16 Miliar

KLATEN ? Proses pembayaran ganti kerugian lahan terdampak proyek jalan tol Solo-Jogja terus berlanjut. Hingga kini, proses pembayaran ganti kerugian sudah dilakukan di 12 desa.

Belasan desa itu tersebar di empat kabupaten di dua provinsi yakni Karanganyar, Boyolali, dan Klaten di Jawa Tengah serta Kabupaten Sleman, DIY. Di Klaten, pembayaran ganti kerugian setidaknya sudah dilakukan kepada pemilik lahan terdampak di enam desa wilayah Kecamatan Delanggu dan Polanharjo. ?Yang sudah terbayarkan di 12 desa. Total nilai pembayaran yang sudah tersalur Rp930 miliar,” kata Staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Jalan Tol Solo-Jogja, Christian Nugroho, saat dihubungi Espos, Minggu (21/2/2021).

Nilai ganti kerugian yang diterima masing-masing pemilik bidang beragam berdasarkan hasil asesmen tim aprraisal independen yang diantaranya memperhitungkan letak, luas, serta kebermanfaatan lahan. Ada satu pemilik bidang terdampak tol yang mendapatkan nilai ganti kerugian mencapai belasan miliar rupiah. ?Rp16,26 miliar. Itu di Ngasem, Karanganyar,? kata Christian.

Selengkapnya Baca E-paper Solopos.

Seleksi CPNS-PPPK 1.190 Orang

SOLO—Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kota Solo menyebut seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bakal digelar pada Maret atau April mendatang.

Kendati begitu, pihaknya belum mengetahui usulan formasi yang disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPPD Kota Solo, Lisino Soares, mengatakan usulan kebutuhan pegawai pada 2020 dan 2021 yang direkrut pada seleksi tahun ini mencapai 1.190 orang.

Penetapan formasi, biasanya pada Maret atau April sebelum pengumuman seleksi dibuka. Jumlah CPNS dan PPPK untuk Solo ada 846 orang, kemudian PPPK jalur khusus guru ada 344 orang.

“Nah, kemungkinan yang pasti disetujui 344 PPPK jalur khusus guru, karena bersumber dana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai program mencetak sejuta PPPK guru. Sedangkan yang 846 usulan, kami belum tahu pasti berapa yang disetujui,” kata dia, dihubungi Espos, Minggu (21/2/2021) siang.

Selengkapnya Baca E-paper Solopos.



Berita Terkini Lainnya








Kolom