Solopos Hari Ini: Bengawan Solo Dibendung Separuh

Pembongkaran dan revitalisasi Jembatan Jurug B akan menjadi sejarah transportasi Kota Solo dan sekitarnya dengan membendung separuh arus Sungai Bengawan Solo.

 Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

Solopos.com, SOLO — Duplikasi jembatan rangka baja Callender-Hamilton di Jembatan Jurug B, Kota Solo, akan menjadi sejarah transportasi Kota Solo dan sekitarnya.

Sejarah itu dimulai Jumat (23/9/2022) sore ini. Separuh arus Sungai Bengawan Solo akan dibendung sebagai persiapan pembongkaran Jembatan Jurug B (tengah). Pengerahan alat-alat berat sudah mulai dilakukan sebelum arus sungai terpanjang di Pulau Jawa itu.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Hal itu disampaikan oleh General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi. Untuk diketahui, PT Baja Titian utama berperan sebagai Badan Usaha Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) penggantian dan atau duplikasi Jembatan Rangka Baja Callender-Hamilton se-Pulau Jawa.

PT Bukaka, kontraktor pengerjaan Jembatan Jurug B, menggelar doa bersama di atas Jembatan Jurug B, Kamis (22/9/2022).

“Dengan adanya doa bersama ini, diharapkan pengerjaan berjalan lancar tanpa kendala berarti. Semoga bisa tepat waktu pada awal Agustus 2023, Jembatan Jurug B sudah rampung dan bisa dilewati,” jelas Bambang Nurhadi saat doa bersama.

Baca juga: Diganti, Jurug B Solo Ternyata Jembatan Callender Hamilton Terpanjang di Jateng

Bambang menyadari Jembatan Jurug B menjadi salah satu tulang punggung lalu lintas di Kota Solo, terlebih dengan posisi yang stretegis di perbatasan. la juga menyebut beberapa proyek yang bersamaan menjadi tantangan tersendiri dalam pengerjaan Jembatan Jurug B.

“Pengerjaan Jembatan Jurug B memang punya tantangan tersendiri apalagi bersamaan dengan proyek lain seperti Jembatan Jurug A, Jembatan Mojo, Simpang Joglo dan nanti menyusul viaduk Gilingan. Tentunya kami berupaya maksimal dalam pengerjaan proyek ini. Dan terima kasih untuk Dishub dan juga Satlantas yang sudah melakukan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas [MRLL] dan sejauh ini Jembatan Jurug C masih relatif aman dan lancar,” ulasnya. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

Setahun Mengembalikan Marwah Taman Balekambang

SOLO — Sekitar 250 orang per hari berkunjung ke Taman Balekambang, peninggalan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunegara VII. Kompleks taman itu juga menyedot 10.000 pengunjung setiap akhir pekan.

Namun, ribuan pengunjung itu harus “puasa” ke Balekambang setahun ke depan karena revitalisai dengan anggaran Rp154.703.287.500 dari APBN telah dimulai. Taman Balekambang resmi ditutup total untuk pengunjung sejak 19 September 2022.

Butuh setahun penuh pengerjaan proyek revitalisasi itu. Selama proses pengerjaan proyek itu, pengunjung masih bisa menikmati pertunjukan seni maupun bercengkerama dengan hewan-hewan yang biasa dijumpai di taman di sisi utara Stadion Manahan Solo itu.

Baca juga: Dirombak Jadi Mewah, Taman Balekambang Solo Ditutup sampai Desember 2023

Sementara, selama proses pengerjaan, sejumlah fasilitas itu bisa dinikmati di lingkungan Graha Wisata yang terletak di Kompleks Taman Sriwedari. Lokasi itu akan dimanfaatkan sementara selama proyek revitalisasi berjalan, diperkirakan selesai Desember 2023.

Satwa yang dipindah ke belakang Gedung Graha Wisata meliputi 30 ekor rusa, delapan ekor burung merak, dan 10 ekor angsa. Sementara Gedung Graha Wisata sendiri bakal meniadi tempat pentas sementara bagi para seniman, termasuk seniman ketoprak. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

4 Orang Meninggal Dalam 1 Pekan Terakhir

SOLO — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan endemi tinggal selangkah lagi. Namun demikian, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mencatat empat kematian akibat Covid-19 selama satu pekan terakhir. Satu pekan itu terhitung Kamis (15/9/2022) sampai Rabu (21/9/2022).

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo mencatat ada tambahan kasus aktif baru. Tambahan kasus aktif baru paling banyak dengan tambahan 12 kasus terjadi pada Jumat (16/9/2022). Sementara, tidak ada tambahan kasus aktif baru pada Minggu (18/9/2022).

Sementara itu, konfirmasi sembuh paling banyak dengan jumlah 25 orang terjadi pada Selasa (20/9/2022). Orang terkonfirmasi sembuh paling sedikit dua orang, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Jadwal Vaksinasi Corona di 19 Puskesmas Kota Solo: Pagi Bisa, Malam juga Boleh

Meskipun tambahan kasus aktif baru paling banyak belasan orang dalam satu pekan terakhir, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo mencatat ada empat orang terkonfirmasi meninggal dunia, masing-masing pada Kamis, Jumat, Sabtu, Selasa. Total terkonfirmasi positif Covid-19 per Rabu (21/9/2022) sebanyak 39.997 orang.

Perinciannya konfirmasi aktif baru 8 orang, konfirmasi aktif domisili Solo 92 orang, konfirmasi aktif domisili luar kota 42 orang. Selanjutnya konfirmasi sembuh baru 4 orang, konfirmasi sembuh domisili Kota Solo 34.901 pasien, dan konfirmasi sembuh domisili luar kota 3.616 orang.

Untuk konfirmasi meninggal dunia di Solo sebanyak 1.248 dan konfirmasi meninggal dunia luar kota Solo sebanyak 319 orang. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Harga Kedelai Melambung, Bakul Tahu di Sragen Mengeluh

      Para bakul tahu di Sragen terpaksa harus mengurangi ukuran tahu agar bisa mendapatkan laba meskipun para pembeli juga mengeluh.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Ganti Musim, BPBD Karanganyar: Waspada Bencana Alam

      Hujan dengan intensitas rendah, sedang, hingga lebat sudah terjadi di wilayah Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

      Sudah Musim Penghujan, BPBD Sragen Masih Lakukan Dropping Air

      Kepala BPBD Sragen, Agus Cahyono, mengatakan dropping air dilakukan di wilayah sisi utara Bengawan Solo.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ustaz Adi Hidayat akan Isi Pengajian Muktamar Muhammadiyah Solo Akhir Pekan Ini

      Tabligh Akbar itu bakal diikuti warga persyarikatan Muhammadiyah se-Soloraya secara daring dan luring. Diperkirakan ada 100.000 jemaah yang bakal mengikuti acara.

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Rabu (5/10/2022), akan ada Fashion Show By Sosialita di Solo Batik Fashion, Krenova Subosukawonosraten di Solo Technopark dan wayang orang di GWO Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.