Solopos Hari Ini: Bengawan Solo Dibendung Separuh

Pembongkaran dan revitalisasi Jembatan Jurug B akan menjadi sejarah transportasi Kota Solo dan sekitarnya dengan membendung separuh arus Sungai Bengawan Solo.

 Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

Solopos.com, SOLO — Duplikasi jembatan rangka baja Callender-Hamilton di Jembatan Jurug B, Kota Solo, akan menjadi sejarah transportasi Kota Solo dan sekitarnya.

Sejarah itu dimulai Jumat (23/9/2022) sore ini. Separuh arus Sungai Bengawan Solo akan dibendung sebagai persiapan pembongkaran Jembatan Jurug B (tengah). Pengerahan alat-alat berat sudah mulai dilakukan sebelum arus sungai terpanjang di Pulau Jawa itu.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Hal itu disampaikan oleh General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi. Untuk diketahui, PT Baja Titian utama berperan sebagai Badan Usaha Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) penggantian dan atau duplikasi Jembatan Rangka Baja Callender-Hamilton se-Pulau Jawa.

PT Bukaka, kontraktor pengerjaan Jembatan Jurug B, menggelar doa bersama di atas Jembatan Jurug B, Kamis (22/9/2022).

“Dengan adanya doa bersama ini, diharapkan pengerjaan berjalan lancar tanpa kendala berarti. Semoga bisa tepat waktu pada awal Agustus 2023, Jembatan Jurug B sudah rampung dan bisa dilewati,” jelas Bambang Nurhadi saat doa bersama.

Baca juga: Diganti, Jurug B Solo Ternyata Jembatan Callender Hamilton Terpanjang di Jateng

Bambang menyadari Jembatan Jurug B menjadi salah satu tulang punggung lalu lintas di Kota Solo, terlebih dengan posisi yang stretegis di perbatasan. la juga menyebut beberapa proyek yang bersamaan menjadi tantangan tersendiri dalam pengerjaan Jembatan Jurug B.

“Pengerjaan Jembatan Jurug B memang punya tantangan tersendiri apalagi bersamaan dengan proyek lain seperti Jembatan Jurug A, Jembatan Mojo, Simpang Joglo dan nanti menyusul viaduk Gilingan. Tentunya kami berupaya maksimal dalam pengerjaan proyek ini. Dan terima kasih untuk Dishub dan juga Satlantas yang sudah melakukan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas [MRLL] dan sejauh ini Jembatan Jurug C masih relatif aman dan lancar,” ulasnya. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

Setahun Mengembalikan Marwah Taman Balekambang

SOLO — Sekitar 250 orang per hari berkunjung ke Taman Balekambang, peninggalan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunegara VII. Kompleks taman itu juga menyedot 10.000 pengunjung setiap akhir pekan.

Namun, ribuan pengunjung itu harus “puasa” ke Balekambang setahun ke depan karena revitalisai dengan anggaran Rp154.703.287.500 dari APBN telah dimulai. Taman Balekambang resmi ditutup total untuk pengunjung sejak 19 September 2022.

Butuh setahun penuh pengerjaan proyek revitalisasi itu. Selama proses pengerjaan proyek itu, pengunjung masih bisa menikmati pertunjukan seni maupun bercengkerama dengan hewan-hewan yang biasa dijumpai di taman di sisi utara Stadion Manahan Solo itu.

Baca juga: Dirombak Jadi Mewah, Taman Balekambang Solo Ditutup sampai Desember 2023

Sementara, selama proses pengerjaan, sejumlah fasilitas itu bisa dinikmati di lingkungan Graha Wisata yang terletak di Kompleks Taman Sriwedari. Lokasi itu akan dimanfaatkan sementara selama proyek revitalisasi berjalan, diperkirakan selesai Desember 2023.

Satwa yang dipindah ke belakang Gedung Graha Wisata meliputi 30 ekor rusa, delapan ekor burung merak, dan 10 ekor angsa. Sementara Gedung Graha Wisata sendiri bakal meniadi tempat pentas sementara bagi para seniman, termasuk seniman ketoprak. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

4 Orang Meninggal Dalam 1 Pekan Terakhir

SOLO — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan endemi tinggal selangkah lagi. Namun demikian, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mencatat empat kematian akibat Covid-19 selama satu pekan terakhir. Satu pekan itu terhitung Kamis (15/9/2022) sampai Rabu (21/9/2022).

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo mencatat ada tambahan kasus aktif baru. Tambahan kasus aktif baru paling banyak dengan tambahan 12 kasus terjadi pada Jumat (16/9/2022). Sementara, tidak ada tambahan kasus aktif baru pada Minggu (18/9/2022).

Sementara itu, konfirmasi sembuh paling banyak dengan jumlah 25 orang terjadi pada Selasa (20/9/2022). Orang terkonfirmasi sembuh paling sedikit dua orang, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Jadwal Vaksinasi Corona di 19 Puskesmas Kota Solo: Pagi Bisa, Malam juga Boleh

Meskipun tambahan kasus aktif baru paling banyak belasan orang dalam satu pekan terakhir, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo mencatat ada empat orang terkonfirmasi meninggal dunia, masing-masing pada Kamis, Jumat, Sabtu, Selasa. Total terkonfirmasi positif Covid-19 per Rabu (21/9/2022) sebanyak 39.997 orang.

Perinciannya konfirmasi aktif baru 8 orang, konfirmasi aktif domisili Solo 92 orang, konfirmasi aktif domisili luar kota 42 orang. Selanjutnya konfirmasi sembuh baru 4 orang, konfirmasi sembuh domisili Kota Solo 34.901 pasien, dan konfirmasi sembuh domisili luar kota 3.616 orang.

Untuk konfirmasi meninggal dunia di Solo sebanyak 1.248 dan konfirmasi meninggal dunia luar kota Solo sebanyak 319 orang. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Jumat (23/9/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tak Terima Ditulis "Wanted", Kades Gedongan Karanganyar Ancam Perkarakan Pelaku

      Poster yang menampilkan foto Kades Gedongan disertai tulisan "Wanted" beredar di kalangan warga. Tersebar nya poster itu buntut dari "menghilangnya" Kades Gedongan saat kafe Black Arion akan dibongkar.

      Sedapnya Besengek Manyaran Wonogiri, Dibikin 3 Hari dan Dibungkus Daun Jati

      Besengek telah lama dikenal sebagai kuliner tradisional yang berasal dari Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

      Lalin di Jembatan Jurug ke Arah Barat Belum Terdampak Penutupan Jembatan Mojo

      Arus lalu lintas di kawasan Jembatan Jurug di wilayah Kabupaten Karanganyar belum terdampak penutupan Jembatan Mojo.

      Duh! Defisit Bawang Putih di Boyolali Capai 14.047 Ton hingga Akhir Bulan Ini

      Produktivitas kedelai dan bawang putih di Boyolali diprediksi defisit karena hama penyakit hingga kondisi lahan pertanian.

      Geger! Lari saat Penilangan Polisi Boyolali, 2 Pemuda Dikejar sampai Sungai

      Aparat kepolisian Polres Boyolali mengejar dua pemuda yang lari saat penilangan, Senin (26/9/2022).

      Mojo Ditutup, Jembatan Sesek Solo-Mojolaban Padat Terus sampai Menjelang Malam

      Antrean pengendara roda dua yang hendak melewati jembatan sesek Solo-Mojolaban mengular dan padat sampai menjelang malam, Senin (26/9/2022).

      PSIK Klaten Bertekad Bangkit dan Raih Poin Penuh di Laga Kandang

      PSIK Klaten dibekuk Persebi Boyolali dengan skor 2-4 saat melakoni laga perdana Liga 3 zona Jawa Tengah 2022, Minggu (25/9/2022).

      Kuota BBM Bersubsidi di Sragen Tak Cukup Sampai Akhir Tahun

      Kuota BBM Bersubsidi untuk Sragen sudah hampir 100% pada akhir Agustus 2022 lalu. Diskumindag Sragen berupaya mengajukan penambahan kuota.

      Pemuda Sidowayah Klaten Diperiksa Ihwal Ledakan di Sukoharjo, Ini Pengakuannya

      Seorang warga Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten sempat dimintai keterangan oleh Polisi terkait ledakan yang terjadi di Asrama Polisi (Aspol) Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) malam.

      KTNA Sragen Minta Harga Pembelian Pemerintah GKP Dinaikkan Jadi Rp6.000/kg

      KTNA Sragen memprotes kenapa petani tak mendapat bantuan kompensasi kenaikan BBM sementara driver ojek, sopir angkutan umum dapat. Mereka ingin kompensasi kenaikan BBM untuk mereka adalah dengan menaikkan HPP GKP Jadi Rp6.000/kg.

      Wisata Hutan Gergunung Klaten, Ada Miniatur Menara Apam hingga Cerobong Asap

      Wisata Hutan Gergunung atau Taman 1.000 Pelangi di Klaten menawarkan keunikan dan pemandangan yang tak biasa.

      Walah, Kawasan Depan UNS Solo Macet setelah Jembatan Mojo Ditutup

      Arus lalu lintas di Jl Ir Sutami kawasan depan kampus UNS Solo macet pada jam pulang kerja hari pertama Jembatan Jurug B dan Jembatan Mojo ditutup bersamaan, Senin (26/9/2022).

      Pantai Banyutowo Paranggupito Wonogiri, Tempat Bertemunya Air Sungai dan Laut

      Terletak di tepi selatan Pulau Jawa, Wonogiri mempunyai banyak pantai yang masih asri dan belum banyak di ketahui oleh orang luar.

      Rantai Bisnis Perdagangan Anjing di Solo, Daerah Pemasok Masih Endemik Rabies

      Pasokan dalam bisnis perdagangan anjing di Solo berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat yang menurut data Kemenkes masih berstatus endemik rabies.

      Jalan Sunyi Handojo Santosa dan Ancaman Bahaya di Balik Manisnya Minuman Ringan

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      2 Tahun Hilang, KTNA Sragen Tuntut ZA dan SP-36 Kembali Jadi Pupuk Bersubsidi

      Permentan yang baru menghilangkan NPK dan SP-36 dalam daftar pupuk yang disubsidi pemerintah. KTNA Sragen agar kedua pupuk itu dikembalikan sebagai pupuk bersubsidi.