Solopos Hari Ini : Belum Seperti PSBB 2020
Koran Solopos edisi Sabtu (23/1/2021).

Solopos.com, SOLO -- Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (23/1/2021), mengusung berita utama tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali belum berpengaruh pada penurunan kasus harian Covid-19. Jika dilihat dari mobilitas masyarakat selama pekan pertama PPKM, dampak pembatasan juga belum sebesar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) April-Mei 2020 lalu.

Solopos hari ini mengulas di Jawa dan Bali pada hari ketujuh PPKM atau 17 Januari 2021, mobilitas penduduk di beberapa tempat memang turun khususnya di tempat-tempat transit atau transportasi umum, tempat kerja, dan retail (pusat perbelanjaan). Namun, nyaris tak ada perubahan tren orang untuk tinggal di rumah.

Mantap! Lebih dari 130.000 Nakes Indonesia Sudah Vaksinasi Covid-19

Hal ini terlihat dari data harian Google Mobility Report yang dirilis tiap pekan di laman datastudio.google.com . Sebagaiperbandingan, pada 10 Januari 2021 atau sehari sebelum PPKM, jumlah orang tinggal di rumah 71% lebih tinggi dari normal (sebelum pandemi). Pada 17 Januari atau hari ke-7 PPKM, penduduk yang tinggal di rumah masih 70% di atas normal atau nyaris tak ada perubahan.

Selain berita tersebut, halaman utama Solopos hari ini juga mengulas kabar lain sebagai berikut.

Pemerintah Akui Kelemahan Manajemen Tes Covid-19

JAKARTA—Pemerintah mulai mengakui salah satu kelemahan utama Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19, yaitu testing dan penelusuran kasus. Saat ini, lonjakan kasus baru direspons dengan penambahan rumah sakit dan vaksinasi.

Selengkapnya simak epaper.solopos.com.

Heningnya Surga Kuliner Solo Baru

Sore dan malam hari di trotoar sepanjang Jl. Ir. Soekarno, tepatnya sekitar Bundaran Pandawa menuju Jembatan Bacem, Solo Baru, Sukoharjo, berubah total hampir dua pekan ini. Biasanya, sepanjang jalan protokol itu terdapat puluhan tenda berdiri di depan deretan rumah toko (ruko), baik di sisi utara maupun selatan jalan.

Selengkapnya simak epaper.solopos.com.

Sedangkan halaman Soloraya Solopos hari ini juga menyajikan aneka kabar menarik yakni:

Ritel Bisa Buka Pukul 07.00 WIB

SOLO—Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, ancang-ancang menerbitkan Surat Edaran (SE) baru menyusul keputusan resmi perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Soloraya.

Selengkapnya simak epaper.solopos.com.

Batal Swab PCR, Pengungsi Mamuju Dijemput Keluarga

SOLO—Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memulangkan 54 korban gempa bumi Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), ke daerah masing-masing, Jumat (22/1/2021) siang.

Selengkapnya simak epaper.solopos.com.

Lampu Warna-Warni Lengkapi Fasad Flyover Purwosari

SOLO—Hingga pekan ketiga Januari, pelaksana proyek pembangunan flyover Purwosari masih terus merampungkan pekerjaan finishing. Dalam waktu dekat, pelaksana bakal memasang lampu flash dot, yakni lampu panel beautifikasi yang bisa diatur menjadi running text atau animasi sederhana, seperti motif batik.

Selengkapnya simak epaper.solopos.com.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom