Solopos Hari Ini: Bansos Meroket di Tahun Politik
Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (14/12/2018).

Solopos.com, SOLO — Anggaran perlindungan sosial untuk warga miskin pada 2019 naik 32,8% menjadi Rp387,3 triliun dibandingkan 2018. Kenaikan tertinggi untuk Program Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi Rp34,3 triliun.

Anggaran PKH itu naik 77,72% dibandingkan anggaran pada 2018. Jumlah sasaran penerima PKH pada 2018 dan 2019 tetap sama yaitu 10 juta keluarga. Namun, tahun ini pemerintah mengubah komponen PKH sehingga jumlah yang diterima warga miskin tidak sama.

Berita mengenai kenaikan bantuan sosial di tahun politik itu menjadi headline di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (13/12/2018). Berita itu bisa disimak di: E-Paper Solopos.

Selain itu, di halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini terdapat ulasan mengenai peraturan menganai batas usia kawin. MK memerintahkan untuk segera merevisi peraturan tersebut.

Batas Usia Perempuan Menikah Dinaikkan

Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan pemerintah dan DPR menaikkan batas usia minimal perempuan menikah melalui revisi UU Perkawinan paling lambat pada Desember 2021. Bila dalam waktu tiga tahun belum ada revisi UU Perkawinan, batas usia perempuan menikah akan mengikuti UU Perlindungan Anak yaitu 18 tahun.

Pasal 7 ayat (1) UU No. 1/1974 tentang Perkawinan mencantumkan batas usia kawin bagi perempuan adalah 16 tahun dan laki-laki 19 tahun. UU No. 23/2002 tentang Perlindungan Anak mengatur batas seseorang dalam usia di bawah 18 tahun masuk kategori anak-anak.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar terbaru mengenai flyover Manahan yang akan segera diuji coba. Selain itu, ada kabar tentang rencana UMS yang segera menata dan mengembangkan sarana pendidikannya.

Uji Coba 3 Hari Mulai Senin

Jalan layang Manahan akan diuji coba mulai Senin (17/12/2018) mendatang selama tiga hari. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan saat ini Pemkot Solo tengah menyiapkan pengaspalan jalan di sayap kanan maupun kiri bangunan jalan layang Manahan.

Pengaspalan jalan diperkirakan selesai dalam pekan ini. "Rekayasa lalu lintasnya nanti tinggal menyesuaikan," kata Wali Kota ketika berbincang dengan wartawan di Balai Kota Solo, Kamis (13/12/2018).

Simak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Januari, UMS Mulai Kerjakan Edutorium di Edupark

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mulai menata sarana dan prasarana pendukung gedung serba guna baru berkapasitas besar. Rektor UMS, Sofyan Anif, mengatakan saat ini pihaknya sudah mulai membangun jembatan di sisi utara lapangan sepak bola di kompleks Edupark yang menjadi lokasi pembangunan gedung itu dan menata tempat parkir.

"Penebangan pohon hanya sebagian dan bukan yang tanaman langka. Karena tanaman langka yang ada di kawasan itu tetap akan dipertahankan dengan cara dicabut dan dipindah ke tempat lain," ujar dia ketika ditemui Espos di ruang kerjanya, Senin (10/12/2018).

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom