Kategori: Nasional

Solopos Hari Ini: Asa di Solo-Jogja


Solopos.com/Tim Solopos

Solopos.com, SOLO-- Koran Solopos hari ini edisi Selasa (2/3/2021) mengulas tentang asa di Solo-Jogja.

Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Jogja akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan kapasitas yang lebih besar dan biaya yang lebih murah, KRL Solo-Jogja berpotensi mengangkut lebih banyak penumpang.

Ini menjadi KRL pertama yang beroperasi di jalur kereta di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jobodetabek). Peluncuran KRL untuk menggantikan kereta Prambanan Ekspress (Prameks) itu dilaksanakan di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (1/3/2021).

Baca Selengkapnya E-paper Solopos.

ULAS Tak Maksimal, Gibran Pilih Medsos

SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta organisasi perangkat daerah (OPD) memiliki akun media sosial (medsos) untuk melayani aduan masyarakat. Aduan melalui medsos diharapkan lebih cepat tertangani dibandingkan melalui kanal lain, termasuk Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS). Melalui ULAS, masyarakat dapat mengadukan layanan publik yang tidak memuaskan secara daring via laman pengaduanmasyarakat.surakarta.go.id.

Gibran menyebut permintaan itu disampaikannya dalam rapat staf perdana yang digelar di Balai Tawangarum, Kompleks Balai Kota, Senin (1/3/2021) pagi. Pembuatan akun media sosial merupakan bagian dari smart city dan reformasi birokrasi. “Kami penginnya serba cepat. Kalau kemarin instruksi Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah) waktu pelantikan, seluruh kepala dinas dan kepala daerah harus punya akun medsos yang dijadikan kanal aduan,” kata dia, kepada wartawan, Senin siang.

Dia menyebut menjadikan medsos sebagai kanal aduan sudah dilakukan. Mulai keluhan soal jalan berlubang, genangan air, dan sejenisnya bisa disampaikan ke akun medsos miliknya. Tim akan mengecek aduan dan langsung menangani keluhan itu.

“ULAS memang sudah berjalan baik, tapi selama ini warga lebih terbuka kalau sambat-nya melalui walikota langsung. ULAS kan keluhannya ditulis, dibaca banyak orang. Kami ingin yang lebih private [tertutup] dan fast response [respons cepat],” jelas Gibran.

Baca Selengkapnya E-paper Solopos.

6 Legislator Positif Covid-19, 4 Sudah Jalani Vaksinasi

SOLO-Sebanyak enam anggota DPRD Solo dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) dilaporkan positif Covid-19.

Informasi yang diperoleh solopos.com, Senin (/3/2021), ke enam legislator yang positif Covid-19 yaitu Suharsono, YF. Sukasno, Paulus Haryoto, Janjang Sumaryono Aji, Roy Saputro dan Suwanto. Tapi kondisi mereka stabil.

Yang menarik, beberapa dari mereka sudah divaksin Sinovac, yakni Paulus Haryoto, Janjang Sumaryono Aji, Roy Saputro dan Suwanto. Suharsono dan Sukasno tak divaksin karena mereka terpapar sebelum vaksinasi.

Selain para wakil rakyat itu, seorang notulis Komisi III DPRD Solo bernama Elvi Wahyu Purwaningrum, 43, juga dinyatakan positif Covid-19. Dia adalah pegawai di Sekretariat DPRD Solo yang bertugas di komisi itu.

Dinyatakan positifnya empat legislator, yaitu Paulus Haryoto, Janjang Sumaryono Aji, Roy Saputro dan Suwanto, berdasarkan hasil swab PCR Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno (RSBK) di Semanggi.

Sekretaris DPRD Solo, Puguh Priyadi, saat dimintai klarifikasi melalui sambungan telepon WhatsApp (WA), mengonfirmasi adanya enam legislator dan seorang notulis Komisi III DPRD yang dinyatakan positif Covid-19 baru-baru ini.

Baca Selengkapnya E-paper Solopos.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati