Solopos Hari Ini: Asa Baru Pariwisata Solo
Koran Solopos hari ini mengulas tentang asa baru pariwisata Solo.

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos hari ini edisi Kamis (22/10/2020) mengulas tentang asa baru pariwisata Solo.

Pemerintah pusat memberikan hibah Rp3,3 triliun untuk membantu pemerintah daerah (pemda) yang mengalami penurunan pendapatan asli daerah (PAD) dan gangguan finansial akibat pandemi Covid-19. Solo mendapatkan Rp6,7 miliar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan dana hibah akan diberikan melalui mekanisme transfer ke daerah.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Bernapas Hingga Akhir Desember

Surat dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuat para penyewa lahan aset di Stasiun Klaten resah. Surat yang diteken Deputi Executive Vice President Daops 6 Yogyakarta atas nama Executive Vice President Daops 6 Yogyakarta, Ari Mulyono Madyo Saputro, pada 9 Oktober 2020 dan diterima para penyewa pada 13 Oktober 2020 lalu.

Surat itu berisi tentang pengakhiran perjanjian. Dalam surat itu disebutkan dalam rangka mendukung proyek strategis nasional serta peningkatan pelayanan transportasi umum dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Yogyakarta sampai Solo akan dioperasikannya Kereta Rel Listrik (KRL) rute Yogyakarta-Solo.

Sehubungan dengan rencana pengoperasian KRL itu, disampaikan pembangunan layanan ticketing KRL akan menggunakan aset milik PT KAI (Persero) yang dimanfaatkan penyewa aset. PT KAI menyampaikan permohonan maaf perjanjian kerja sama antara penyewa aset dengan PT KAI tidak dapat dilanjutkan dan akan diakhiri pada 31 Oktober 2020. Para penyewa diminta mengosongkan dan menyerahkan kembali aset milik PT KAI paling lambat 31 Oktober 2020.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Jumlah Warga Miskin Diprediksi Meningkat

Risiko kenaikan angka kemiskinan Kota Solo tinggi akibat pandemi Covid-19. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Solo melakukan advokasi supaya lembaga sektoral meningkatkan pelayanan masyarakat.

Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan  Bappeda Solo, Sumilir Wijayanti, menjelaskan angka kemiskinan Kota Solo sebanyak 8,7 persen 2019 berpotensi meningkat akibat pandemi Covid-19.  Jumlah warga miskin warga Solo dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sekitar 47.000 nama.

“DTKS merupakan data dari pusat dan pemutakhirannya sudah mencapai 98 persen. Kebijakan Kota Solo  memberikan perlindungan kepada warga rentan sosial ekonomi sehingga database kami berjumlah sekitar 52.000,” katanya kepada Espos di sela-sela Bimbingan Teknis Kelembagaan Forum Tim Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan (TPKK) Se-Kota Solo di Loji Hotel Solo, Rabu (21/10/2020).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

KRL Jogja-Klaten Tinggal Memindah Kabel

Kereta rel listrik (KRL) Jogja – Klaten tinggal selangkah lagi bisa beroperasi. Proyek Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan pembangunan infrastruktur di bawah tanggung jawab Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah ini menyisakan relokasi kabel listrik milik PLN yang melintang sepanjang trek.KRL relasi Jogja – Klaten ini dijadwalkan uji coba operasional pada awal November 2020.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setyawan,mengatakan pihaknya telah merampungkan konstruksi tiang pancang, gardu listrik, serta kabel untuk jaringan listrik aliran atas (LAA) KRL khususnya relasi Jogja – Klaten. Begitu juga dengan suplai listrik dari PLN yang tinggal dinyalakan.

“Paling masih terhambat kabel PLN yang harus direlokasi. Kabel ini melintang di sepanjang trek jadi harus dibenahi dulu. Sekarang ini kami testing gardu dan peralatan kelistrikan jalur KRL,” ujarnya, saat dihubungi Espos, Rabu (21/10/2020).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom