SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos Edisi Kamis, 25 September 2014

Solopos.com, SOLO – Vonis mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Kamis (25/9/2014). Divonis delapan tahun penjara Anas menantang mubahalah (sumpah kutukan) kepada jaksa penuntut umum dan majelis hakim.

Kabar lain datang dari lawatan Timnas U-19 di Spanyol. Ketajaman Suarez diperlihatkan saat menyarangkan dua gol untuk membantu Barcelona B menang telak 6-0 atas Timnas Indonesia U-19 di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Catalan, Rabu (24/9/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu ada pula kabar voting RUU Pilkada. Simak rangkuman berita Harian Umum Solopos edisi Kamis, 25 September 2014, berikut;

 VONIS KASUS KORUPSI: Anas Tantang Hakim Sumpah Mubahalah

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, divonis delapan tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (24/9). Tak terima, Anas menantang mubahalah (sumpah kutukan) kepada jaksa penuntut umum dan majelis hakim.

Majelis hakim yang dipimpin oleh Haswandi menyatakan Anas terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut. Anas dinilai terbukti menerima hadiah dari sejumlah proyek pemerintah dan tindak pidana pencucian uang.

(Baca Juga: Anas Urbaningrum Tantang Hakim-JPU Muhabalah, Pengamat: Sumpah Tak Relevan, Divonis 8 Tahun Penjara, Anas Urbaningrum Minta Hakim dan JPU Mubahala, Hakim Tolak Pencabutan Hak Politik Anas Urbaningrum, Sebelum Divonis, Anas Ulangi Kata-Katanya di Twitter)

TIMNAS U-19: Pelajaran Berharga dari Luis Suarez

Striker Uruguay, Luis Suarez, memang tak pernah lagi tampil di laga resmi sejak menggigit telinga back Italia, Giorgio Chiellini, pada ajang Piala Dunia Brasil 2014, medio Juli lalu. Meski demikian, ketajaman striker berjuluk Il Pistolero itu tak memudar sama sekali.

Ketajaman Suarez diperlihatkan saat menyarangkan dua gol untuk membantu Barcelona B menang telak 6-0 atas Timnas Indonesia U-19 di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Catalan, Rabu (24/9). Mantan striker Liverpool itu menjebol jala Tim Garuda Jaya melalui sepakan kerasnya di menit ke-12 dan 68.

Sementara itu, empat gol Barca B lainnya diukir oleh mantan bek Arsenal asal Belgia, Thomas Vermaelen, di menit ke-4.

(Baca Juga: Dibantai Barca, Indra Safri Sebut Level Lawan Jauh di Atas, Suarez Bikin 2 Gol, Ivan Dimas Jadi Bulan-Bulanan Kalah 6-0, Perkuat Barcelona B, Marca Sebut Suarez Serigala Berbulu Domba)

MEDIA PENYIARAN: Siaran Langsung Hajatan Suburkan Radio Gelap

Radio tak berizin atau radio gelap menjamur di Kabupaten Sragen 10 tahun terakhir. Ancaman penertiban dan membawa pelaku ke persidangan masih nihil hasil. Berikut laporan wartawan Solopos, Kurniawan

Pada Mei 2013 ada kabar pen dukung calon Gubernur Jateng yang menggunakan radio ilegal di Sragen sebagai media kampanye. Saat itu praktik ilegal tersebut diper soalkan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sragen. Alasannya praktik kampanye melalui radio gelap diindikasikan terjadi di luar masa kampanye Pilkada Jateng.

Menyikapi hal itu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sragen saat itu mengancam menertibkan radio ilegal dan menyeret pelaku ke ranah hukum. Fenomena hampir sama terjadi pada masa Pemilu Legislatif 2014.

VOTING RUU PILKADA: Dua Kubu Yakin Menang di DPR

Pemerintah dan seluruh fraksi di Komisi II DPR akhirnya sepakat membawa Rancangan Undang-undang Pemilihan Kepala Kepala Daerah (RUU Pilkada) ke dalam sidang paripurna, Kamis (25/9) ini.

Dua opsi besar yang disepakati adalah pilkada langsung atau melalui DPRD, meski isu lainnya belum juga disepakati. Dua kubu yang mendukung pilkada langsung maupun pilkada melalui DPRD sama-sama yakin menang berdasarkan kalkulasi mereka.

”Seluruh fraksi menyepakati laporan panitia kerja [panja] ini dibawa ke paripurna,” kata Ketua Komisi II DPR, Agun Gunanjar Sudarsa, seusai pandangan fraksi dalam rapat RUU Pilkada di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/9). Golkar menjadi pemeran utama dalam persiapan Koalisi Merah Putih menyambut pengesahan RUU Pilkada.

(Baca Juga: Nasib Pilkada Langsung Diputuskan Hari Ini, Demokrat Jadi Penentu, Komisi II DPR Klaim 5 Fraksi Dukung Pilkada Lewat DPRD, Partai Demokrat Kukuh Dukung Pilkada Langsung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya