SOLOPOS.COM - Ilustrasi PB XIII Tersandung Kasus Pencabulan (JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Klarifikasi Partai Demokrat perihal aksi walk out di Rapat Paripurna RUU Pilkada jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Selasa (30/9/2014).

Ketua Praksi Demokrat di DPR, Nurhayati Ali Assegaf mengakui aksi WO itu inisiatifnya, bukan atas perintah SBY. Dalam kesempatan itu, Ketua Harian PD, Syarief Hasan, menyatakan alasan utama FPD WO, adalah karena tidak ada satu pun fraksi yang mendukung usulan FPD.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan Ketua DPP PD, Sutan Bhatoegana, mengungkapkan SBY menginstruksikan anggota FPD all out memperjuangkan pilkada langsung.

Kabar gembira datang dari Asian Games 2014. emas dipersembahkan dari cabang atletik di nomor lompat jauh putri oleh Maria Natalia Londa.

Simak rangkuman berita Harian Umum Solopos edisi Selasa, 30 September 2014, berikut;

RUU PILKADA: Anak Buah SBY Pasang Badan

Aksi walk out anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR dalam sidang paripurna mengenai RUU Pilkada membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disalahkan banyak pihak.

Ketua FPD DPR, Nurhayati Ali Assegaf, pasang badan dengan mengakui aksi WO itu inisiatifnya, bukan atas perintah SBY. ”Apa gunanya saya dijadikan pimpinan fraksi jika tidak bisa mengambil keputusan? Walk out adalah keputusan saya dan bukan perintah SBY,” katanya dalam konferensi pers di Kantor DPP PD, Jakarta, Senin (29/9).

Menurut penilaiannya, hal tersebut dilakukan akibat tidak adanya kekompakan fraksi anggota koalisi lain terhadap 10 syarat perbaikan RUU Pilkada yang diajukan PD. Padahal pengajuan 10 syarat tersebut adalah satu paket, tidak bisa diadopsi sebagian dan merupakan satu kesatuan yang utuh.

”Semua saling berhubungan karena kami merasa harus ada revisi dan penyempurnaan, dan merasa perlu ada perbaikan. Makanya kami ajukan,” kata anggota Komisi I DPR itu. Nurhayati menampik keputusan WO yang dibuatnya berakibat fatal. ”Kalau ada fraksi yang setuju penuh dengan syarat Demokrat kenapa tidak ikut walk out bersama kami? Jangan hanya menyalahkan Demokrat,” katanya.

All Out

Dalam kesempatan itu, Ketua Harian PD, Syarief Hasan, menyatakan alasan utama FPD WO, adalah karena tidak ada satu pun fraksi yang mendukung usulan FPD. ”Fraksi Partai Demokrat berkesimpulan bahwa usulan pilkada langsung dengan 10 perbaikan tidak mendapatkan dukungan secara resmi dari fraksi-fraksi lainnya sehingga kami mengambil sikap walk out,” tuturnya.

Langkah WO itu yang membuat SBY marah. Padahal SBY memerintahkan anggota FPD all out memperjuangkan pilkada langsung namun anak buahnya malah melakukan walk out. Ketua DPP PD, Sutan Bhatoegana, mengungkapkan SBY menginstruksikan anggota FPD all out memperjuangkan pilkada langsung.

(Baca Juga: Ketua Fraksi Demokrat: Walk Out Adalah Keputusan Saya, Bukan SBY!, Demokrat Gelar Penyelidikan Internal Terhadap Fraksinya di DPR, Demokrat Tetap Beralasan Aksi Walk Out karena Tak Dapat Dukungan)

ASIAN GAMES 2014: Lompatan Maria Londa Berbuah Medali Emas

Indonesia menambah pundi-pundi medali emas pada ajang Asian Games 2014, Senin (29/9). Kali ini, emas dipersembahkan dari cabang atletik di nomor lompat jauh putri oleh Maria Natalia Londa.

Namun harapan Merah Putih meraih medali emas ketiga dari cabang bulu tangkis kandas setelah pasangan ganda campuran terbaik Tanah Air, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, kalah di partai final melawan pasangan nomor satu dunia asal Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei, dengan skor 16-21 dan 14-21, di partai final, Senin malam WIB. Dengan hasil ini, Indonesia mengoleksi tiga medali emas, tiga perak, dan tujuh perunggu.

(Baca Juga: Tambah Satu Emas, Indonesia Malah Turun ke Posisi 16, Indonesia Butuh 2 Emas Lagi untuk Geser Malaysia)

LIGA CHAMPIONS: Tantang Barcelona, PSG Tanpa Ibrakadabra

Duel Liga Champions kembali tersaji tengah pekan ini. Klub raksasa Prancis, Paris St Germain, akan menjamu klub elite Spanyol, Barcelona. Simak ulasan wartawan Solopos, Hanifah Kusumastuti, mengenai kekuatan kedua tim ini.

Bentrok Paris Saint Germain (PSG) versus Barcelona pada lanjutan Grup F Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu (1/10) pukul 01.45, seharusnya jadi duel ketat di jagat Eropa.

Simak ulasan lengkapnya di Harian Umum Solopos hari ini, Selasa (30/9/2014).

(Baca Juga: CSKA MOSCOW VS BAYERN MUNCHEN : Preview, Prediksi, Head to Head dan Perkiraan Pemain, Raih Kemenangan Telak di Laga Perdana, Roma Pede Datangi Kandang City)

KASUS DUGAAN PENCABULAN: Polres Sukoharjo Panggil PB XIII



Polres Sukoharjo akhirnya melayangkan surat panggilan kepada Paku Buwono (PB) XIII terkait kasus dugaan pencabulan anak di bawah umur yang menyeret Raja Solo ini. Pemanggilan dilakukan untuk meminta keterangan dari PB XIII yang diduga menghamili seorang remaja berinisial At, hingga hamil.

 

Ilustrasi PB XIII Tersandung Kasus Pencabulan (JIBI/Solopos)

Ilustrasi PB XIII Tersandung Kasus Pencabulan (JIBI/Solopos)

“Surat sudah kami layangkan hari ini tadi [kemarin], nanti kami tunggu dulu. Karena ini baru surat panggilan pertama,” ujar Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai, di Sukoharjo, Senin (29/9).

(Baca Juga: Kasus Pencabulan: Polres Sukoharjo Layangkan Surat Panggilan PB XIII, Kasus Dugaan Pencabulan PB XIII: Hamil 7 Bulan, Korban Sibukkan Diri Bikin Kerajinan, Polres Sukoharjo Bakal Minta Keterangan PB XIII)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya