Solopos Hari Ini: Amarta Binangun Potret Situasi Terkini

Ribuan orang menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Amarta Binangun yang digelar Solopos Media Group (SMG) yang dinilai relevan sebagai gambaran atas tantangan zaman di era disrupsi informasi serta rintangan yang harus dihadapi.

 Harian Solopos edisi Senin (26/9/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Senin (26/9/2022).

Solopos.com, SOLO — Ribuan orang menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit bertajuk Kolaborasi Budaya untuk Indonesia Kuat dengan lakon Amarta Binangun yang digelar Solopos Media Group (SMG) di Pendapa Gedhe Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Minggu (25/9/2022).

Lakon tersebut dinilai relevan sebagai gambaran atas tantangan zaman di era disrupsi informasi serta rintangan yang harus dihadapi. Presiden Direktur Solopos Media Group, Arif Budisusilo, mengatakan ada dua tantangan besar dirasakan di semua lini kehidupan pada 10 tahun terakhir.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Tantangan itu yakni disrupsi informasi dan ujian pandemi Covid-19. Menurutnya, lakon yang dibawakan dalang Ki Anom Suroto dan Ki Bayu Aji tak sekadar hiburan namun juga menggambarkan kondisi tersebut.

“SMG media yang berbasis multiplatform. Semua mengalami disrupsi selama 10 tahun terakhir, tentu tidak hanya media, tapi juga seluruh lini kehidupan kita kita mengalami disrupsi, karena teknologi,” kata dia. Arif mengaku senang karena Ki Anom Suroto memberi lakon Amarta Binangun pada pentas malam itu.

“Saya rasa sangat relevan dengan situasi kali ini Tantangan disrupsi, di mana seperti dikenal dengan istilah tsunami informasi yang kita dapatkan di handphone. Kita sering terbawa arus yang beberapa juga menggangu juga di level kita sehari-hari,” tambahnya.

Baca juga: Pentas Wayang HUT Solopos di ISI Solo, Ki Anom Suroto Obati Kerinduan Penonton

Amarta Binangun merupakan kisah pewayangan yang menceritakan perjuangan Pandawa membangun Kerajaan Amarta. Pembangunan Amarta dimulai dari tuntutan Pandawa kepada Prabu Destharata, penguasa Astina. Penguasa tersebut memberi mandat kepada Pandawa untuk membuka alas yang bakal dijadikan kerajaan.

Alas atau hutan yang dimaksud yakni Wisamartha. Alas yang menggambarkan lahan yang baru, belum ada apa-apa, menggambarkan sederet masalah dan kesulitan di depan mata kala Pandawa ingin membangun kejayaan Kerajaan Amarta. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (26/9/2022).

3,4 Km Jadi Ajang Kampanye Produk

KARANGANYAR — Puluhan ribu warga memadati JL. Adi Sucipto saat Car Free Day (CFD) Colomadu perdana digelar di sepanjang 3,4 kilometer (km), Minggu (25/9/2022).

Selain menjadi ajang berolahraga, CFD Colomadu menjadi tempat mengampanyekan produk lokal. Berdasarkan pantauan Solopos, para pengunjung memanfaatkan jalan bebas kendaraan bermotor itu sejak simpang empat Colomadu hingga simpang tiga The Alana Hotel and Convention Center untuk berolahraga, seperti jalan santai atau lari.

Banyak juga di antara mereka yang bersepeda. Sementara itu, di jalan yang membentang sepanjang sekitar 3,4 kilometer itu, para pedagang menggelar dagangan mereka di pinggir jalan yang disediakan oleh panitia.

Baca juga: Pembukaan Perdana CFD Colomadu, Puluhan Ribu Warga Padati Jl Adisucipto

Tak mau ketinggalan, sejumlah instansi dan badan usaha di JI. Adi Suciptjo juga memanfaatkan CFD Colomadu untuk menggelar kegiatan. Mereka menggelar senam bersama, membuat panggung hiburan, pertunjukan seni, dan lainnya.

Sebagian pengunjung menyambut event CFD Colomadu ini dengan gembira. Iwan Nur S., salah satu warga Colomadu, mengatakan CFD merupakan sarana mengisi liburan yang bermanfaat. “Ini bagus untuk mengisi waktu libur Minggu untuk berolahraga,” ujarnya. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (26/9/2022).

Di CFD Ada Tenda Istirahat Copet

SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo memasang tenda untuk tempat istirahat copet. Tenda itu merupakan bentuk sanksi sosial bagi pencopet yang menjalankan aksi mereka di area Solo Car Free Day (CFD) JI. Slamet Riyadi, Solo.

Tenda berdiri di simpang Pengadilan Negeri Kelas IA Solo, Minggu (25/9/2022). Selain untuk sanksi sosial, tenda itu dibuat supaya para pelaku copet berpikir ulang sebelum melakukan aksinya. Berdasarkan pantuan Solopos, ada satu kursi untuk tempat duduk copet yang ditangkap.

Sejumlah warga tertarik dengan tenda itu lalu mengabadikannya dengan telepon seluler. Ada juga yang melakukan swafoto di tenda tersebut.

Baca juga: Ada Copet di Area CFD, Dishub Solo Dirikan di Tenda Istirahat Copet

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan ada empat sampai lima laporan handphone (HP) atau dompet yang hilang setiap kali CFD.

Mayoritas pengunjung kehilangan HP. Korban biasanya tidak sadar ketika tasnya dirobek lalu barang berharganya diambil. Laporan tersebut disampaikan di posko induk CFD. Di posko induk Pemkot Solo biasanya ada petugas yang bersiaga.

Mereka terdiri atas petugas Dishub Solo, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perdagangan. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Senin (26/9/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Cek Tambang Ilegal di Lereng Merapi Klaten, Tim ESDM Minta Didampingi Polisi

      Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, menjadi salah satu kepala daerah yang merasa tertekan terkait keberadaan kegiatan penambangan galian C.

      Total 4 Terduga Teroris di Sukoharjo Ditangkap Densus 88, Ini Daftar Lokasinya

      Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap empat terduga teroris di Kabupaten Sukoharjo di empat lokasi yang berbeda, Kamis (1/12/2022).

      Kamar Indekos Terduga Teroris di Cemani Sukoharjo Digeledah, Ini Hasilnya

      Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menggeledah kamar indekos milik terduga teroris di Ngruki RT 001/RW 016, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Kamis (1/12/2022).

      Baznas Luncurkan Instalasi Pengolahan Grey Water Pertama di Sragen

      Baznas dan DPU Sragen meluncurkan instalasi pengolahan grey water di Masjid Jami' di Dukuh Hargosari, Desa Majenang, Kecamatan Sukodono, Sragen, Kamis (1/12/2022). Pengolahan grey water ini merupakan yang pertama di Sragen.

      Tambang Ilegal di Klaten, Yoga Hardaya: Bisa Bikin Ketersediaan Air Menurun

      Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, menjadi salah satu kepala daerah yang merasa tertekan terkait keberadaan kegiatan penambangan galian C.

      Belum Siap Kehilangan! HUT ke-18 Solo Grand Mall Hadirkan Stevan Pasaribu

      Mall yang kali pertama berdiri di Kota Solo, Jawa Tengah, Solo Grand Mall, akan merayakan HUT ke-18 dan mengundang penyanyi Stevan Pasaribu pada Sabtu (3/12/2022).

      Penggugat Ijazah Palsu Presiden Jokowi Kini Ditahan di Polresta Solo

      Tersangka kasus ujaran kebencian dan penistaan agama, Bambang Tri Mulyono dan Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur kini ditahan di Polresta Solo.

      Hormati Pernikahan Kaesang-Erina, Agenda Pengajian MTA Dialihkan ke Karanganyar

      Demi menghormati pernikahan Kaesang-Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran, Pengurus Pusat MTA berencana mengalihkan agenda pengajian Ahad pagi pada 11 Desember 2022 ke Pondok Pesantren MTA di Mojogedang, Karanganyar.

      Pengunjung Tawangmangu Diyakini akan Membeludak Saat Tahun Baru 2023

      Melandainya kasus Covid-19, serta banyaknya tempat wisata baru membuat Tawangmangu bakal dibanjiri pengunjung saat malam Tahun Baru 2023.

      Senang dan Kaget! Peternak Ayam Sukoharjo Menang Undian Mobil Simpedes BRI

      Dua nasabah BRI Unit Jombor dan Bendosari meraih hadiah utama berupa mobil dalam acara Undian Simpedes BRI, Minggu (20/11/2022) lalu.

      Siap-Siap! Tarif Air Bersih di Kota Solo Naik Mulai Januari 2023

      Tarif air bersih bagi pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Toya Wening atau PDAM Solo dipastikan naik mulai Januari 2023. Kenaikan tarif tersebut dilakukan setelah selama 10 tahun tidak ada kenaikan tarif.

      Bangga, Pasar Bahulak Sragen Masuk Nominasi Inovasi Nasional 2022

      Pasar Bahulak Sragen diniminasikan dalam Innovative Government Award (IGA) 2022 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

      Ramaikan..! Woro, Nella & Paramitha Meriahkan Launching YSNW di Baki Sukoharjo

      Sejumlah penyanyi dan artis kenamaan akan meramaikan launching atau peluncuran Yayasan Surya Nuswantara Wilwatikta (YSNW) di Taman Ratu Maulidya Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, Jumat (2/12/2022).

      Poerwosariweg Kini Jl. Slamet Riyadi Belah Wilayah Mangkunegaran dan Kasunanan

      Jalan Slamet Riyadi yang dahulu bernama Poerwosariweg membelah wilayah kekuasaan Kadipaten Mangkunegaran dan Kasunanan Keraton Surakarta.

      Perlu Ditambah, Pusat Layanan Disabilitas di Karanganyar Masih Terbatas

      Federasi Kesejahteraan Penyandang Cacat Tubuh Indonesia (FKPCTI) Karanganyar menilai layanan bagi penyandang disabilitas dan autisme di Bumi Intanpari masih kurang. Perlu ada penambahan pusat layanan disabilitas dan lainnya.

      Perhutani & Forkom PKSDM Tanam 1.600 Bibit Pohon di Bukit Mongkrang Tawangmangu

      Perum Perhutani KPH Surakarta bersama Forkom PKSM Karanganyar menanam 1.600 bibit pohon di Bukit Mongkrang Tawangmangu pada Rabu (30/11/2022).