SOLOPOS.COM - Inisiator Diplomat Success Challenge (DSC), Edric Chandra, saat memotivasi para mahasiswa UKSW dalam Solopos Goes to Campus di Kampus UKSW Salatiga, Selasa (11/10/2022). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Inisiator Diplomat Success Challenge (DSC), Edric Chandra, memberikan motivasi kepada mahasiswa UKSW Salatiga untuk berani terjun ke dunia enterprenuer atau berwirausaha pada acara Solopos Goes to Campus 2022 di Kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Selasa (11/10/2022).

Menurut Edric, berbagai tantangan dan masalah selalu datang saat hendak memulai usaha. Mulai dari keterbatasan modal, akses berbisnis, hingga minimnya peluang. Kendati demikian, tantangan dan beban itu bukannya tidak bisa diatas. Tantangan dan beban itu harus berani untuk diatasi untuk memulai kesuksesan dalam berbisnis.

“Banyak sekali ketidakbisaan yang disebutkan. Selalu berangkat dari beban,” ungkap Edric di depan ratusan mahasiwa yang turut serta dalam acara Solopos Goes to Campus di UKSW Salatiga.

Oleh karenanya, Edric pun meminta mahasiswa UKSW yang ingin memulai usaha atau bisnis mengawalinya dengan kata ‘bisa!’. Bukti nyata bahwa kita bisa usaha atau kreatif kata Edric adalah setelah adanya pandemi Covid-19.

Selain itu, Edric juga meminta mahasiswa yang memulai usaha harus melakukan hal yang unik atau berbeda dengan orang lain atau di luar patron. Kreativitas tumbuh dari hal-hal yang baru. Oleh karena itu, untuk meraih kesuksesan harus berani melakukan eksplorasi dan melakukan sesuatu dengan eksplorasi itu.

Baca juga: Solopos Goes to Campus: Menciptakan Ide Kreatif ala Sutradara Bakar Production

“Terserah mau pilih yang mana. Keduanya harus berujung pada tujuan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Acara Solopos Goes to Campus di UKSW Salatiga ini menghadirkan tiga praktisi sebagai narasumber yakni Pemimpin Redaksi Solopos, Rini Yustiningsih; Inisiator Diplomat Success Challenge (DSC), Edric Candra; dan Sutradara Bakar Production, Dwi Mustanto. Event ini terselenggara berkat dukungan Astra, Sharp, Tokopedia, Galeri24, Epson, Bank Jateng, Bank Mandiri, Astra Honda Motor, Telkomsel, dan Telkom.

Acara Solopos Goes to Campus 2022 ini selain diselenggarakan di UKSW Salatiga, sebelumnya sudah digelar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang pada Rabu (28/9/2022). Rencana juga digelar di sejumlah kampus perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Yuk, Seru-Seruan Bareng Solopos Goes to Campus di UKSW Salatiga

Selain Udinus Semarang dan UKSW Salatiga, acara serupa juga akan digelar di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta pada Kamis (13/10/2022) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Rabu (19/10/2022).

Puncak acara rangkaian Solopos Goes to Campus ini akan ditutup dengan kegiatan Solopos Youth Forum yang akan diselenggarakan di Terminal Tirtonadi Convention Hall Solo pada 25 Oktober 2022. Acara tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dan mengusung tema Anak Muda Indonesia Bisa Apa?

Rekomendasi
Berita Lainnya