Solopos Goes to Campus 2022: Sutradara Mas Mus Motivasi Mahasiswa Udinus

Solopos Goes to Campus yang digelar di Udinus Semarang menghadirkan pembicara Sutradara Bakar Production, Dwi Mustanto.

 Sutradara Bakar Production, Dwi Mustanto atau Mas Mus, saat memberikan motivasi dalam acara Solopos Goes to Campus 2022 di Udinus Semarang, Rabu (28/9/2022). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

SOLOPOS.COM - Sutradara Bakar Production, Dwi Mustanto atau Mas Mus, saat memberikan motivasi dalam acara Solopos Goes to Campus 2022 di Udinus Semarang, Rabu (28/9/2022). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG – Sutradara Bakar Production Dwi Mustanto menjadi pembicara pertama yang mendapatkan kesempatan berbicara dalam gelaran Solopos Goes to Campus 2022 di Gedung H Kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Rabu (28/9/2022).

Menurut Mas Mus, sapaannya, kreativitas bisa dimunculkan justru ketika kesulitan menghimpit. “Pandemi bagi saya berkah, meski bagian sebagian orang adalah musibah. Sebab dari sana muncul kreativitas. Konten-konten saya muncul ketika pandemi, jadi ini semacam iseng-iseng berhadiah,” kata sutradara komedi situasi YouTube, Balada Kampung Riwil ini.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Mas Mus melanjutkan, untuk menemukan kreativitas maka setiap tekanan yang dirasakan seniman tak boleh membuatnya gagap.

“Jangan gagap, tapi juga jangan menunggu kreativitas turun dari langit. Semua harus dipaksa,” jelasnya.

Mas Mus melanjutkan, segala ide yang ia tuangkan ke dalam tulisan untuk kemudian menjadi skrip Balada Kampung Riwil sebagian besar berasal dari pengalaman pribadinya.

Baca juga: Solopos Goes to Campus 2022 di Udinus Semarang Disambut Antusiasme Tinggi

“Bahkan kalau kita sedang sakit perut ingin ke toilet tali ternyata toiletnya terkunci, kreativitas akan muncul di sana. Mau menjebol septictank atau jebol plafon pun dilakukan bukan,” kata Mas Mus disambut tawa para hadirin.

Event yang digelar dengan dukungan beberapa sponsor seperti Sharp, Tokopedia, Bank Jateng, Telkom, Astra Honda Motor, Bank Mandiri, Epson, dan Galeri 24, diikuti sekitar 300-an mahasiswa Udinus Semarang.

Wakil Rektor IV Udinus Semarang, Pulung Nurtantio Andono, mengaku senang dengan acara Solopos Goes to Campus di kampusnya. Ia menyebut acara semacam ini sangat penting untuk memotivasi mahasiswa untuk lebih percaya diri dalam berkreativitas dan terjun di dunia kewirausahaan.

Baca juga: Solopos Goes to Campus Menyapa Mahasiswa Udinus Semarang, Besok

“Seluruh program studi di Udinus wajib ada program kewirausahaan. Ini ilmu penting, pandemi mengubah mindset kita bagaimana tranksasi konveksional ini berubah dan harus dengan cepat. Oleh karena cocok sekali Solopos mengahdirkan para narasumber yang luar biasa ini untuk sharing ilmunya,” urai Pulung.

Ia pun mengapresiasi langkah Solopos yang ‘concern’ pada perkembangan dunia entrepreneurship di kalangan mahasiswa. “Dua tahun lalu frasa start-up sering muncul. Kita tahun banyak perusahaan yang mulanya start-up berakhir sukses. Nah, tantangannya adalag mahasiswa kita bisa apa untuk menjadi wirausahawan. Apakah mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi cuma bisa jualan?” kata Pulung diplomatis.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pj Wali Kota Salatiga: Hasil Korupsi Bukan Rezeki

      Jangan terima yang bukan menjadi haknya. Ingat hasil korupsi itu bukan rezeki

      Kaget! Hendak Salat Jumat, Warga Semarang Temukan Mayat di Depan Rumah

      Penemuan mayat pria tanpa identitas terjadi di Jalan MH Thamrin, Kota Semarang, Jumat (9/12/2022).

      Lewat Flashmob, Cara Dispangtan Salatiga Sosialisasikan Kenyang Tak Harus Nasi

      Kepala Dispangtan Kota Salatiga Henny Mulyani mengaku tujuan flashmob sebagai bentuk edukasi dan publikasi bahwa kenyang tidak harus makan nasi.

      Pemkot Salatiga Raih 2 Penghargaan di Akhir 2022, Ini Daftarnya

      Government Entrepreneurial Marketing Awards merupakan sebuah bentuk apresiasi yang diharapkan dapat membantu memperkenalkan inovasi, kreativitas, interpretasi dan benefit yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia

      Terekam CCTV, Siswa SMK di Semarang Serang Sekolah Lain dengan Sajam

      Sebanyak empat siswa SMK Negeri 10 Semarang ditangkap lantaran melakukan penyerangan atau memicu tawuran dengan menggunakan senjata tajam kepada siswa SMKN 3 Semarang.

      Drama My Superhero Tomato SD Kristen Satya Wacana Ingatkan Pola Hidup Sehat

      My Superhero Tomato bercerita tentang perjuangan untuk hidup sehat. Beraneka jenisnya makanan, jika tidak diimbangi pola hidup sehat akan menjadi sumber penyakit.

      Berenang di Sungai Bogowonto, Seorang Lansia Purworejo Hanyut

      Seorang warga lanjut usia (lansia) dilaporkan hanyut dan tenggelam saat berenang di Sungai Bogowonto, Purworejo.

      Wuiihhh Keren! Peralatan Makan dari Kayu Buatan Jepara Tembus Pasar Dubai

      Peralatan makan berbahan kayu buatan perajin asal Jepara yang mampu tembus pasar Timur Tengah atau Dubai dipamerkan di Kota Semarang.

      Program Matching Fund, Dosen UKSW Ciptakan Aplikasi eRumputTernak

      program matching fund ini dilaksanakan melihat masalah yang dihadapi usaha perternakan, antara lain jumlah produk belum mampu memenuhi kebutuhan pasar dan pelangan, terbatasnya lahan produksi, serta harga bahan baku complete feed cukup mahal.

      Si Baja, Animasi Belajar Budaya Jawa Karya ISI Jogja Dikenalkan di Salatiga

      Film animasi Si Baja mendapat dukungan Program Matching Found Vokasi Kedaireka Kemendikbudristek.

      Simak! Ini Skenario Rekayasa Lalu Lintas saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Begini rekayasa lalu lintas yang disusun Polda DIY saat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta.

      UMK Kota Semarang Tertinggi di Jateng, Begini Reaksi Buruh

      Serikat pekerja atau buruh yang tergabung dalam KSPN Jateng menilai kenaikan UMK di Kota Semarang tahun 2023 belum sesuai dengan kebutuhan hidup layak (KHL).

      Pasar Ngaliyan Kota Semarang Kebakaran, 10 Kios Hangus

      Kebakaran melanda Pasar Ngaliyan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Kamis (8/12/2022) sore dan menghanguskan sejumlah kios.

      Ganjar Sebut Kerja di KIK Gaji di Atas UMK Kendal

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut gaji karyawan yang bekerja di Kawasan Industri Kendal atau KIK lebih besar dari UMK Kendal.

      Imbas Kecelakaan Bus di Sarangan, Pemilik Bus Wisata Mulai Sulit Cari Pelanggan

      Pelaku jasa perjalanan wisata mengeluhkan adanya kekhawatiran masyarakat untuk menggunakan bus pariwisata imbas kecelakaan maut di Sarangan.

      Suap Dosen UIN Walisongo, 8 Kades di Demak Duduk di Kursi Pesakitan

      Sebanyak delapan kades di Demak, Jateng, menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang atas kasus dugaan suap kepada dosen UIN Walisongo Semarang.