Tutup Iklan

Solopos Diplomat Jogja Esport Arena Jaring Putra Daerah

Solopos Diplomat Jogja Esport Arena (SDJEA) bakal digelar pada pertengahan Desember 2021 mendatang.

 Yohanes Seto Cahyono (paling kiri), mahasiswa ISI Solo yang juga pemain Esports profesional. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Yohanes Seto Cahyono (paling kiri), mahasiswa ISI Solo yang juga pemain Esports profesional. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Solopos Diplomat Jogja Esport Arena (SDJEA) bakal digelar pada pertengahan Desember 2021 mendatang.

Momentum itu dimanfaatkan Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) Yogyakarta mencari atlet-atlet potensial untuk mewakili Yogyakarta dalam PON XXI 2024.

Humas PB ESI Yogyakarta, Frandy Faozan, kepada Solopos.com, Selasa (19/10/2021) mengatakan saat ini atlet-atlet Esport di Jogja sangat banyak. Namun, jumlah atlet asli putra daerah Yogyakarta belum memenuhi.

Baca Juga: Catat! Harga Tiket World Superbike Diumumkan 21 Oktober 2021

Menurutnya, banyak faktor penyebab jumlah atlet putra daerah kalah dengan jumlah atlet luar Yogyakarta seperti dominasi pendatang hingga letak geografis. Frandy sangat mengapresiasi gelaran SDJEA pada Desember mendatang. Apalagi euforia masuknya esport dalam eksibisi PON XX Papua masih terasa hingga saat ini.

“Karena masih Desember, harapannya para atlet dapat bersiap. Tentunya, kami dapat merekrut para pemenang sebagai putra daerah. Target kami Yogyakarta dapat mengirimkan atlet ke PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang,” kata dia.

Menurutnya tahapan PON XX Papua lalu para atlet asal Yogyakarta gagal di tahapan kualifikasi sehingga tidak bertanding dalam ekshibisi itu. Ia merasa saat ini Yogyakarta perlu regenerasi atlet khususnya lewat turnamen berskala besar seperti SDJEA.

Baca Juga: Sanksi WADA Berimbas ke Piala Thomas, Menpora: Ini Hal Serius

Ekstrakurikuler Esport

Frandy mengatakan perkembangan esport di Yogyakarta sangat masif pada akhir 2020 lalu. Gelaran berskala nasional seperti Piala Presiden membuka mata orang tua bahwa esport dapat menjadi pekerjaan yang menghasilkan.

Ia melihat orang tua seketika mendukung anak-anaknya untuk menjadi atlet dengan menyediakan berbagai fasilitas hingga jersey khas esport.

“Saat saya berkunjung ke Solo, banyak ekstrakurikuler esport di sekolah masing-masing. Kalau di Jogja saya belum menemukan ini. Esport Jogja selalu bertumbuh dan sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu,” kata dia.

Ia menambahkan banyak orang tua juga tersadar lewat esport para anak-anak mereka dapat mengharumkan nama sekolah hingga daerah.

Baca Juga: RI Sabet Piala Thomas, Jojo : Kemenangan Ini untuk Rakyat Indonesia

Saat ini PB ESI turun langsung ke bawah melalui berbagai jaringan untuk mencari atlet-atlet potensial putra daerah. Ia meyakini atlet-atlet daerah di Jogja sangat banyak melihat beberapa anak-anak Jogja sukses di ajang kompetisi berkelas nasional.

“Turnamen di Jogja sudah sangat sering, namun akhir-akhir ini terkendala pandemi. Kalau turnamen untuk menjaring atlet seharusnya digelar offline, ini untuk pembentukan mental pemain,” imbuh dia.

Ketua Panitia SDJEA, M. Cahyo Wicaksono, mengatakan sama SDJEA akan mempertandingkan PUBG Mobile dan Mobile Legends. Pendaftaran akan dibuka pada 11 November hingga 11 Desember mendatang.

Lalu, babak penyisihan dimulai pada 15 Desember hingga 17 Desember. Sedangkan babak final digelar pada 19 Desember 2021. Para pemenang berpeluang mendapatkan hadiah uang puluhan juta, tropi, dan sertifikat pemenang.


Berita Terkait

Berita Terkini

Lagi, 5 Kartu Kuning Persis Solo Berbuah Denda Rp50 Juta

Komdis PSSI mewajibkan Persis Solo membayar denda sebesar Rp50 juta setelah mendapat lima kartu kuning dalam pertandingan saat Persis Solo melawan Hizbul Wathan Football Club (HWFC) pada 23 November 2021 lalu.

Peluang Indonesia Juara Piala AFF Terbuka Lebar, Ini Ulasannya

Timnas Indonesia baru akan mengawali pertandingan Kamis (9/12/2021) melawan Kamboja pada pukul 19.30 WIB.

Kelelahan Hebat Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.

Keren, Dechapol/Sapsiree Sikat Bersih 3 Gelar Ganda Campuran IBF 2021

Sukses besar diraih ganda campuran Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang memboyong tiga gelar juara dari ajang Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021.

Final BWF World Tour: Kevin/Marcus Hadapi Hoki/Kobayashi asal Jepang

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2021 akan dilaksanakan, Minggu (5/12/2021) mulai pukul 12.00 WIB di Nusa Dua, Bali.

Manchester City Bercokol di Posisi Puncak Seusai Tundukkan Watford 3-1

Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Inggris seusai membekuk Watford 3-1 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Vicarage Road.

West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

Mantap! Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2021.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Peringatan Hari Disabilitas, Penyandang Berlatih Panjat Dinding di Solo

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti latihan panjat dinding perdana sekaligus deklarasi lahirnya Indonesian Paraclimbing Club (Indpac).

Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke partai puncak BWF World Tour Finals 2021.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Wolves vs Liverpool Ditayangkan SCTV

Liga Premier Inggris kembali digeber pada akhir pekan ini setelah pada tengah pekan lalu juga memainkan laga.

Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk terjun Piala AFF 2020 setelah menempuh perjalanan panjang dari Antalya, Turki, pada Kamis (2/12/2021) malam.

Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo tergabung dalam Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan dalam lanjutan babak delapan besar Liga 2 Indonesia.