SOLOPOS.COM - Solopeduli menyalurkan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir Jember. (Istimewa-Solopeduli)

Solopos.com, JEMBER -- Relawan Solopeduli terus diterjunkan di berbagai titik lokasi bencana banjir. Kali ini terjunkan relawan Siap Siaga (Sigab) untuk menditribusikan logistik di wilayah terdampak banjir, pada Kamis (4/2/2021) sore.

Menurut data yang dihimpun oleh Tim Sigab Solopeduli saat pendistribusian logistik, banjir diakibatkan oleh hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga mengakibatkan debit air Sungai Bedadung di Jember meningkat dan meluap pada hari Jumat, 29 Januari 2021 pukul 16.00 WIB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Banjir Jember menggenangi kurang lebih sembilan desa yang berada di enam kecamatan. Antara lain Desa Jelbuk, Kecamatan Jelbuk, Desa Kepatihan dan Desa Tegal Besar Kecamatan Kepatihan. Kemudian Desa Petemon, Kecamatan Pakusari dan sejumlah desa lainnya.

Baca jugaIni Kelebihan Kereta Isolasi Pasien Covid-19 Buatan Inka, Punya Sirkulasi Udara Khusus Menahan Virus

Selain itu, ada sebanyak 1.460 jiwa yang terdampak banjir dan tidak ada korban jiwa. Dari data yang diperoleh Tim Sigab Solopeduli banjir di Jember menimbulkan kerugian materil. Di antaranya sembilan rumah roboh, 10 rumah mengalami rusak parah dan dua unit rumah rusak ringan. Selain itu kurang lebih 364 rumah dan satu musala terdampak banjir .

Koordinator Sigab Solopeduli, Yudha menjelaskan bahwa saat ini ini warga sudah kembali ke rumah masing-masing. Kecuali warga yang rumahnya yang rusak total. Warga juga sudah mulai memperbaiki rumah mereka yang terdampak banjir Jember.

Baca jugaStasiun Tawang Semarang Kebanjiran, Perjalanan KA Dialiahkan

Menurut Harno warga Jember, bantuan yang dibutuhkan saat ini berupa material bangunan lebih dibutuhkan untuk membangun kembali rumah mereka yang rusak di terjang banjir.

“Saat banjir datang, kami tidak sempat menyelamatkan apa-apa. Karena air datang begitu cepat, yang penting kita menyelamatkan diri,” tutur Harno.

Direktur Pendayagunaan Solopeduli, Harjito berharap dengan pendistribusian logistik tersebut, semoga dapat membantu meringankan beban warga terdampak banjir Jember.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya