SOLOPOS.COM - Bus low deck melaju di Jl Jenderal Sudirman, Solo, bersama BST yang dilengkapi rak sepeda, Jumat (11/6/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Angkutan bus listrik, bus low deck, dan mobil angkutan listrik bakal diuji coba beroperasi di jalanan Kota Solo. Rencananya, angkutan feeder diganti mobil angkutan listrik pada 2023 mendatang.

Konsultan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Djoko Setijowarno, kepada Solopos.com, Minggu (13/6/2021), mengungkapkan selama ini bus medium yang beroperasi di Solo merupakan jenis low entry.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya ada tiga angkutan yang masuk tiga tahapan uji tipe yakni bus medium low deck, bus listrik, dan mobil angkutan listrik. “Solo ada enam koridor, dua koridor masih tahun depan. Salah satu koridor menggunakan bus listrik. Saat ini Bandung dan Surabaya sudah menggunakan bus listrik. Solo uji coba dahulu,” papar Djoko.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Djoko menyebut Kota Solo kondusif untuk uji coba bus listrik karena sudah tidak ada angkutan bobrok. Solo dan Denpasar menjadi kota tanpa angkutan bobrok.

bus listrik solo
Bus bertenaga listrik terlihat terparkir di halaman Balai Kota Solo saat uji coba pada acara Field Trip Peserta Bimtek Angkutan Perkotaan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), Jumat (11/6/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Ia menjelaskan saat uji coba, bus menyesuaikan koridor lama, belum ada operasi penuh maupun koridor khusus. Operator bus listrik itu pun masih dari perusahaan bus.

Halte Sudah Mendukung

Ia memperkirakan bus listrik akan melintasi koridor 1. Hal-hal lainnya masih dalam kajian. Ia memastikan halte-halte di Solo sudah mendukung bus low deck. Hal itu karena halte-halte bus di Solo mayoritas dibuat untuk angkutan low deck.

Baca Juga: 2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

“Saat ini unit [bus listrik] sudah di Solo, teknis uji coba nanti di Dinas Perhubungan [Dishub] Solo. Perlu ada rapat khusus karena masih uji coba. Jadwalnya masih dalam kajian,” paparnya.

Ia menambahkan uji coba bus listrik, beberapa waktu lalu Solo juga menguji bus BST untuk membawa sepeda. Menurutnya, uji coba bus baru itu akan berlangsung selama dua bulan dengan mengangkut penumpang. “Bus low deck masih solar, angkutan dan bus sudah pakai listrik. Teknis pengisian daya bus masih dalam kajian,” imbuhnya.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Solo, M Taufiq, mengatakan rencana uji coba masih perlu pembahasan lebih lanjut. Bus low deck berbahan bakar solar sedangkan mobil angkutan bertenaga listrik. “Bukan pekan depan, masih akan dibahas waktu uji cobanya,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya