SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok)

Solo (Solopos.com)–Kota Solo bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres Perkerisan Nasional pada tanggal 19-21 April 2011. Konggres tersebut akan bertempat di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo.

Sekretaris Jenderal Perkerisan Indonesia, Wiwoho Basuki Tjokrohadiningrat mengemukakan melalui konggres tersebut akan dibahas berbagai hal kaitannya dengan dunia perkerisan, termasuk rencana pendirian museum keris di Solo. Kongres akan dihadiri kalangan pemerhati perkerisan dari seluruh tanah air.

“Tidak hanya pencinta keris, konggres juga akan dihadiri oleh sejumlah empu (pembuat keris-red), lembaga pendidikan di bidang perkerisan hingga budayawan di bidang keris,” ungkap Wiwoho ketika ditemui wartawan seusai menemui Walikota Solo, Joko Widodo di Balaikota Solo, Rabu (30/3).

Selain kongres, Wiwoho menyebutkan dalam acara itu juga akan diselenggarakan pameran, demo pembuatan keris dan bursa keris. Dikatakannya, sejumlah kalangan di bidang perkerisan dari berbagai daerah seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bugis, Bone dan sejumlah lain yang memiliki sejarah perkerisan, juga akan diundang. Tidak ketinggalan, pihaknya juga akan mengundang perwakilan dari negara tetangga, Malaysia untuk hadir dalam konggres tersebut.

Lebih lanjut Wiwoho mengatakan dipilihnya Solo sebagai tempat penyelenggaraan Kongres Perkerisan Nasional I tersebut mengingat Kota Solo sangat erat dengan dunia perkerisan. Keris sendiri merupakan salah satu ikon budaya di Solo.

(sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya