SOLOPOS.COM - Pimpinan BLUD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark, Yudit Cahyantoro, Senin (6/1/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Solo Technopark atau STP berkolaborasi dengan dunia pendidikan dalam wujud memfasilitasi siswa dan mahasiswa untuk melaksanakan magang bersertifikat.  

Hal ini disampaikan oleh Pimpinan BLUD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark, Yudit Cahyantoro, selepas acara peresmian Kawasan Sains dan Teknologi STP, Senin (6/2/2023).

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dia mengatakan semua siswa maupun mahasiswa yang sesuai jurusan berpeluang untuk magang dan mendapat kesempatan belajar di kawasan pusat pengembangan industri tersebut. “Kita fasilitasi Prakerin [Praktek kerja industri] untuk temen-temen SMK dan magang untuk Perguruan Tinggi,” kata dia

Yudit menyebut ada dua jenis magang yang bisa diikuti. “Dua jenis, magang Studi Independen Bersertifikat program dari Dikti [Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi] dan magang secara umum, jadi ada dua bidang,” ujar dia.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat merupakan bagian dari Kampus Merdeka. Tujuannya memberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan dan ilmu di dunia industri. Hal ini memungkikan siswa atau mahasiswa untuk bekerja dan belajar secara langsung melalui proyek atau permasalahan di lapangan. 

Magang atau pengalaman belajar di luar perguruan tinggi akan dikonversi ke Satuan Kredit Semester atau SKS mahasiswa. “Jadi itu resmi bagian dari merdeka belajar atau kampus merdeka, nantinya magang itu bisa dikonversi menjadi bentuk SKS,” imbuh dia.

Yudit menjelaskan program itu memang bertujuan agar mahasiswa atau pemagang bisa menerapkan secara langsung apa yang mereka dapat di kampus. “Ya karena kita ingin membina mulai dari mereka sejak masa kuliah sampai lulus untuk bisa mengimplementasikan apa yang dipelajari di kampus ke masyarakat,” ujar dia.

Bersamaan dengan itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meresmikan Kawasan Terpadu Sains dan Teknologi Solo Technopark (STP) di Jebres, Solo, Senin (6/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya