Ilustrasi mobil pemadam kebakaran (damkar). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, SOLO —  Satu unit mobil pemadam kebakaran (PMK) segera hadir pada triwulan ketiga tahun ini untuk melengkapi armada PMK yang dimiliki Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo.

Kepala Damkar Solo, Gatot Sutanto, mengatakan mobil pemadam kebakaran pompa berkapasitas 3.000 liter tersebut unit tersebut akan ditempatkan di Pos Induk Pedaringan, Jebres.

“Unit damkar yang dibutuhkan ada tiga jenis, yakni yang utama itu pompa, kemudian unit pendukung dan unit komando. Secara bertahap kami akan melengkapi kebutuhan tersebut. Selain unit pompa, kami juga menambah beberapa peralatan rescue,” kata dia, saat dijumpai wartawan, Senin (25/3/2019).

Gatot mengatakan pengadaan unit baru itu merujuk pada Rencana Induk Sistem Proteksi Bahaya Kebakaran (RISPBK). Dalam rencana itu terdapat poin yang mewajibkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memiliki sembilan pos pemadam kebakaran dalam jangka sepuluh tahun ke depan.

Saat ini, Kota Bengawan baru memiliki empat pos. “Jika setiap pos memiliki tiga unit yang standby, maka kami membutuhkan total 27 unit mobil damkar. Kalau dengan unit baru jumlahnya jadi 17, maka masih ada kekurangan 10 unit yang akan dipenuhi selama sepuluh tahun ke depan,” papar Gatot.

Selain kelengkapan unit dan peralatan, pihaknya juga berupaya memberi pelatihan pemadaman api bagi satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) dan petugas keamanan pasar. Mereka diharapkan menjadi garda terdepan saat kebakaran terjadi, sebelum petugas Damkar tiba.

“Memadamkan api secara tradisional atau menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) itu enggak gampang. Kami memberi pelatihan agar mereka paham dan bisa,” kata dia. Pelatihan tersebut dilakukan berbarengan dengan lomba dalam rangka Hari Jadi Damkar ke-100, belum lama ini. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten