Solo Siap Jadi Kota Digital

Pengembangan digitalisasi Kota Solo tidak bisa dilepaskan dari peran penyedia Internet super cepat yang mendukung aktivitas masyarakat dan ekosistem bisnis.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Kota Solo telah melalui perjalanan panjang untuk pengembangankan digitalisasi. Proses panjang ini dimulai setidaknya pada 2014 dengan peluncuran aplikasi Solo Destination.

Aplikasi yang semula hanya menjadi panduan destinasi wisata di Solo tersebut kini bertransformasi menjadi aplikasi pusat informasi segala kepentingan masyarakat Solo atau yang berkepentingan dengan Kota Solo. Ada informasi harga pangan hingga panduan layanan kependudukan dan perizinan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

solo kota digital

Upaya menciptakan ekosistem digital di Kota Solo berlanjut dengan penerapan e-retribusi di pasar tradisional pada 1 Oktober 2016. Berikutnya, sejumlah program digital dan penyempurnaan dari program sebelumnya terus dilakukan.

Tahun 2022, menjadi semacam tahun pembuktian bahwa program digitalisasi di Solo telah masif berjalan. Puluhan ribu pelaku usaha telah bergabung menjadi merchant QRIS, metode pembayaran digital besutan Bank Indonesia.

Baca Juga: Jadi Lokomotif Digitalisasi di RI, Telkom Punya 5 Strategi Besar

Jumlah itu terus bertambah dengan digelarnya sejumlah event yang mendukung kampanye pembayaran digital seperti Solo Great Sale 2022.

Tak hanya event, Solo juga mengembangkan pusat inkubasi pelaku ekonomi digital, pusat pendampingan UMKM untuk pengembangan digitalisasi, dan penyediaan fasilitas Internet super cepat, seperti Kampung Digital Laweyan by Indihome.

Pengembangan digitalisasi Kota Solo tidak bisa dilepaskan dari peran penyedia Internet super cepat yang mendukung aktivitas masyarakat dan ekosistem bisnis. Dukungan Internet andal itu salah satunya datang dari Telkom Indonesia, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi.

Layanan prima Telkom didukung serat optik sepanjang 171.654 kilometer yang menjangkau 499 ibukota kabupaten kota (IKK). Sejauh ini, produk Telkom Indonesia diterima dengan baik oleh konsumen karena relevan dengan kebutuhan publik. Hal itu ditunjukkan dengan kinerja positif dua produk andalan Telkom pada semester I/2022.

Telkom Solo Kota Digital

Telkom Indonesia memang berfokus menyediakan layanan digital kepada masyarakat Indonesia. Hal itu sejalan dengan fakta bahwa digitalisasi adalah modal utama untuk mengembangkan ekonomi.

Baca Juga: Wujudkan Ekonomi Indonesia Lebih Kuat, Telkom Genjot Pemenuhan Talenta Digital

VP Corporate Communication Telkom Indonesia, Andri Herawan Sasoko, mengatakan digitalisasi adalah suatu keniscayaan agar Indonesia mampu bertahan dan tumbuh berdaya saing.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Begini Kombinasi Vaksin untuk Vaksinasi Booster II Orang Lansia

      Ada sejumlah kombinasi pemberian vaksin booster II untuk para lansia.

      Ini Objek Wisata di Karanganyar yang Gratis Bagi Peserta Muktamar Muhammadiyah

      Pemkab Karanganyar merilis daftar objek wisata yang mereka gratiskan untuk peserta Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

      Waskita Karya, BUMN di Balik Pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo

      Proyek Masjid Raya Sheikh Zayed Solo hanyalah satu dari sederet proyek monumental yang digarap Waskita Karya.

      Solo Siap Jadi Kota Digital

      Pengembangan digitalisasi Kota Solo tidak bisa dilepaskan dari peran penyedia Internet super cepat yang mendukung aktivitas masyarakat dan ekosistem bisnis.

      Keren! BI Solo Sukses Dampingi UMKM hingga Go Digital dan Go Digital

      Bank Indonesia Solo sukses melaksanakan program pengembangan UMKM di Soloraya hingga go digital dan go global.

      Sungkem Pembuka Pintu Maaf untuk Bharada E

      Richard Eliezer menjadi penyebab kematian melalui tiga tembakan yang bersarang di tubuh Brigadir Yosua sebelum kemudian disusul tembakan di bagian kepala oleh Ferdy Sambo.

      Hindari Gagal Ginjal Akut, Penanganan harus Kurang 12 Jam dari Deteksi Awal

      Perlu antisipasi sejak dini atau kurang dari 12 jam dari deteksi awal untuk menghindari gangguan ginjal akut pada anak.

      Cara Mendapatkan Kartu Identitas Anak di Kota Solo, Gampang Lo!

      Berikut cara mengurus dan mendapatkan kartu identitas anak atau KIA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solo.

      Keren! SWG Solo Sukses Bantu Naikkan Nilai Jual UMKM dengan Branding Packaging

      Infografis bisnis percetakan digital dan offset PT Shabat Warna Gemilang (SWG) yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan, Sondakan, Laweyan, Kota Solo.

      Ballon d'Or Pertama Karim Benzema

      Karim Benzema untuk kali pertama memenangkan Ballon d'Or 2022 setelah unggul dari Sadio Mane, Kevin De Bruyne dan Robert Lewandowski.

      Jumlah Kejadian Kebencanaan di Sragen Januari-Juni 2022

      Kejadian pohon tumbang mendominasi bencana alam yang terjadi di Kabupaten Sragen selama semester I 2022.

      5 Menit Beres Bayar Pajak lewat Drive Thru ETP Grab OVO di Galabo Solo

      Ada tiga jenis transaksi pembayaran pajak yang bisa dilayani di Drive Thru ETP Grab OVO yang berlokasi di Galabo Solo.

      Rumah BUMN Rembang, Sukses Bikin UMKM Kokoh dan Kian Berkembang

      Profil Rumah BUMN Rembang yang sukses membuat UMKM di Kabupaten Rembang jadi kokoh dan kian berkembang.

      Rapor Shin Tae-yong

      Rapor Shin Tae-yong menunjukkan grafik sepak bola Timnas Indonesia meningkat.

      Catat! Ini 5 Tips Investasi Emas Secara Online Agar Aman dan Cuan

      Seiring perkembangan teknologi, pamor emas sebagai instrumen investasi dalam beberapa waktu kian moncer. Kini investasi emas juga bisa dilakukan secara online, jadi bisa lebih mudah dan bisa dilakukan di mana pun.