Tutup Iklan
Tangkap layar aplikasi Accoweather pada Senin (21/10/2019) malam.

Solopos.com, SOLOCuaca sangat panas di Kota Solo dan sekitarnya pada Senin (21/10/2019) siang membuat banyak orang menilik aplikasi pemantau cuaca di smartphone masing-masing. Hasilnya, suhu udara pada Senin siang mencapai puncaknya hingga lebih dari 40 derajat Celcius berdasarkan aplikasi tersebut.

Pengguna media sosial di Kota Solo pun ramai-ramai membagikan hasil tangkapan layar informasi suhu udara dari aplikasi cuaca. Angkanya bervariasi dari 39 derajat Celcius bahkan ada yang 44 derajat Celcius.

Namun, data yang ada pada tangkapan layar gawai itu dinilai tidak akurat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki perhitungan tersendiri.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jateng, Iis Widya Harmoko, saat dihubungi Solopos.com, Senin (21/10/2019) mengatakan Oktober menjadi puncak musim kemarau panjang pada tahun ini. Posisi lintasan matahari sama dengan garis lintang Indonesia membuat cuaca panas yang terjadi di Kota Solo.

“Saya coba mengecek data pengamatan di [Bandara] Adi Sumarmo pukul 13.00 WIB tercatat 37,5 derajat celcius. Data ini jelas pasti dan akurat pengamatan itu menggunakan teknologi yang selalu dikalibrasi untuk keselamatan penerbangan. Data handphone itu kurang akurat, tiap jenis handphone pasti berbeda,” ujarnya.

Video Panasnya Cuaca Hari Ini, Bisa Goreng Telur Tanpa Api

Data yang disajikan aplikasi smartphone memang berbeda dari pantauan stasiun pengamatan di bandara. Pada Senin malam pukul 22.19 WIB, Solopos.com menilik suhu udara di Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali, yang merupakan salah satu wilayah lokasi Bandara Adi Soemarmo melalui aplikasi AccuWeather yang terinstal di smartphone. Aplikasi tersebut menunjukkan suhu udara 26 derajat Celcius.

Angka berbeda ditunjukkan oleh data Cuaca Terakhir Bandara pada waktu yang sama. Dalam data yang selalu di-update melalui laman aviation.bmkg.go.id itu, suhu udara tercatat 2 derajat lebih tinggi, yakni 28 derajat Celcius.

Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani, Yoga Sambodo, mengatakan pengamatan suhu paling valid di Solo tercatat 37,5 derajat celcius pada pukul 13.00 WIB. Namun, suhu maksimal baru dapat dilaporkan ketika pukul 19.00 WIB.

Solo Sangat Panas, Ini Penjelasan BMKG

“Matahari semula di belahan bumi utara bergerak ke selatan, hari tanpa bayangan kalau di Solo pada pekan lalu itu berefek seakan-akan matahari berada tepat di atas Pulau Jawa. Ini perjalanan ke 23 derajat lintang selatan di benua Australia, sehingga cuaca cukup panas. Ditambah, belum terbentuk banyak awan,” ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten