SOLOPOS.COM - Kursi penonton bioskop terlihat diberi tanda silang untuk menjaga jarak antara penonton di Studio Bioskop Cinema XXI, Solo Paragon Lifestyle Mall, Solo, Jumat (12/3/2021). (Solopos.com-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Bahagia sekaligus waswas dirasakan para penikmat film layar lebar Kota Solo, Jawa Tengah. Kebahagiaan tersebut membuncah menyusul dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo terkait boleh dibukanya bioskop dalam waktu dekat.

Megasari, 25, adalah salah satunya. Pegawai swasta yang menjadikan aktivitas menonton film sebagai hiburan di kala bosan ini mengapresiasi positif kebijakan tersebut.  “Senang sih ada aturan baru itu. Pengin segera nonton meski agak was-was dikit tapi. Ya nanti lihat testimoni temen-temen dulu gimana yang sudah nonton lebih dulu,” kelakarnya, Selasa (9/3/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Megasari mengatakan di masa pandemi ini hiburan nonton film sangat dibutuhkan untuk menekan stres. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan saat weekend atau merasa penat dengan pekerjaan.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Kata Astrologi Sulit Percayai Orang Lain

Setahun terakhir bioskop pelan-pelan sudah tergantikan dengan platform streaming film seperti Netflix, Viu, dan lainnya. Pilihan judulnya cukup banyak, baik judul baru maupun lama. Bahkan dia bisa menyaksikan ulang beberapa film lawasan yang disukainya.

Namun pemutaran film berbasis daring tersebut tak bisa menggantikan layar lebar bioskop di hatinya. Cukup banyak kekurangannya, dimulai dari layarnya yang cukup kecil sehingga screen times-nya menjadi lebih tinggi.

Menonton di layar Hp atau laptop juga mengurangi kedekatan dengan film. Sementara di bioskop memiliki kualitas gambar, suara, juga suasana yang diseting sedemikian rupa agar cerita lebih hidup.

Baca Juga: PSIS Semarang Dipastikan Bisa Pakai Stadion Jatidiri

“Kalaupun jadi nonton di bioskop ya bakal menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pakai masker, jaga jarak, enggak makan dan minum,” terangnya lagi.

Head of Marcomm Department Solo Paragon Lifestyle Mall, Veronica Lahji, Senin (8/3/2021), mengatakan pihaknya juga menyambut baik SE tersebut. Vero dan tim bahkan sudah menyiapkan berbagai opsi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) jika benar Bioskop XXI di tempatnya boleh dibuka.

Di antaranya adalah anjuran mengenakan masker, menjaga jarak kursi duduk, maksimal 50% pengunjung, penyemprotan desinfekten setiap waktu, larangan makan dan minum, serta pembayaran tanpa uang tunai.

Baca Juga: Ini 7 Tips Fengsui Rumah di Tahun Kerbau Logam 2021

Vero mengatakan bioskop di Solo Paragon Lifestyle Mall sudah hampir satu tahun ditutup karena pandemi. Namun perawatan ruangan masih selalu dilakukan dengan biaya yang tak murah.

Maka, SE tersebut tak hanya memberikan kebahagiaan bagi penikmat film, namun juga angin segar bagi  pengusaha Bioskop XXI.

Surat Terbuka

Sebelumnya pada Jumat (5/3/2021) lalu sejumlah asosiasi film tanah air melayangkan surat terbuka yang ditujukan kepada presiden. Surat dua lembar yang diatasnamakan Insan Film Indonesia tersebut diunggah sejumlah sineas di laman media sosial mereka. Di antara sutradara Joko Anwar, aktor Vino G Sebastian, Reza Rahadian, hingga laman resmi XXI di Cinema.21.

Baca Juga: 7 Tips Fengsui Lorong Rumah Ini Undang Energi Positif

Dalam surat tersebut mereka menuliskan bahwa selama pandemi ini meski telah dibuka dengan kapasitas maksimal 50%, masyarakat masih ditakuti untuk berkunjung. Akibatnya jumlah penonton tetap minim. Hal ini berdampak pada mundurnya industri film di tanah air.

Sementara itu, pembajakan makin merajalela. Padahal sejak dibukanya Daftar Negatif Investasi perfilman pada 2016 silam jumlah penonton terus meningkat. Indonesia bahkan disebut sebagai pasar film nomor sepuluh terbesar di dunia pada 2019.

Insan Film Indonesia yang tercantum dalam surat terbuka tersebut siap mempertahankan prestasi perfilman tanah air. Namun butuh dukungan pemerintah.

Baca Juga: Jangan Salah Pergaulan, Zodiak Ini Tak Suka Bergaul..

Mereka meminta koordinasi pemerintah melalui kementerian terkait untuk memberikan bantuan pada perfilman Indonesia melalui berbagai paket stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan. Dukungan ini membuat mereka bisa terus bekerja untuk memproduksi, menayangkan, hingga memberikan rasa aman ke penonton untuk datang ke bioskop.

Harapan bioskop kembali beroperasional juga disampaikan sutradara Solo peraih Piala Citra, dan Piala Maya, Fanny Chotimah. Fanny turut mendukung surat terbuka tersebut dengan ikut mengunggahnya di akun Instagram @Fanny_Cho, Jumat lalu. Upaya tersebut dilakukan agar suara mereka didengar.

Syukurnya, pemerintah Solo cepat merespons dengan membuat SE pelonggaran bioskop dalam waktu dekat. Solo sebagain bagian dari jaringan distribusi film memang perlu mempertimbangan untuk membuka bioskop untuk mempertahankan ekosistem perfilman di tanah air.

Baca Juga: 7 Tanaman Ini Kata Fengsui Datangkan Hoki ke Rumah



Tentu hal itu perlu dukungan banyak pihak mulai pemerintah hingga penikmat film sendiri untuk taat protokol kesehatan selama datang ke Bioskop. Taat prokes ini penting agar upaya mereka tak anti klimaks. Jangan sampai pembukaan bioskop yang harapannya menghidupkan kembali industri film di tanah air justru jadi klaster Covid-19 baru.

Lebih lanjut, Fanny, menilai pembukaan bioskop juga penting agar tak mati suri. Mengingat, kalau bicara soal industri film, keberadaan bioskop sebagai salah satu jalur distribusi mainstream tak bisa digantikan dengan platform lain.

“Bioskop telah mengondisikan agar penonton bisa fokus menikmati film secara utuh. Begitu juga sutradara, teknis pengambilan gambar, perekaman suara dan lainnya dibuat sedemikian agar sesuai standarlayar lebar. Sementara jika di platform lain terlalu banyak distraksi sehingga pengalaman menontonnya bisa kurang maksimal,” terang Fanny, Selasa.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya