Kategori: Solo

Solo Raya Menggugat! Ribuan Orang Demo Tolak Omnibus Law Di Bundaran Tugu Kartasura


Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani

Solopos.com, SUKOHARJO -- Gelombang aksi penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja terjadi di wilayah Kabupaten Sukoharjo pada Kamis (8/10/2020).

Massa yang berjumlah ribuan orang dari berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa Soloraya yang tergabung dalam Solo Raya Menggugat menggelar aksi demo di Bundaran Tugu Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, ribuan orang itu mulai berdatangan sejak pukul 14.30 WIB. Massa membawa berbagai poster antara lain "DPR Turu Wae Urusan Negara Tak Uruske, DPR Isone Micek Sekali Melek Mubalke Utek dan lainnya."

Massa juga meneriakkan yel-yel "DPR Goblok" secara berulang-ulang. Massa memblokade jalur simpang tiga Kartasura merupakan jalur utama Solo-Yogya dan Boyolali/Semarang.

Massa datang dengan longmarch dari berbagai penjuru menuju Tugu Kartasura. Ratusan aparat gabungan polisi, TNI, dan Satpol PP mengamankan jalannya aksi unjuk rasa tersebut. Hingga berita ini diunggah massa masih melakukan orasi di mobil panggung.

Dalam orasinya, massa menyampaikan aksi unjuk rasa itu sebagai bentuk keresahan buruh, mahasiswa, dan rakyat Indonesia dengan disahkannya Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Kendati hujan deras mengguyur wilayah Kartasura, tetap tak menyurutkan gelora aksi unjuk rasa. Massa terus merangsek ke Bundaran Tugu Kartasura dan mengelar orasi secara bergantian.

Share