SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (Reuters)

Solopos.com, SEMARANG -- Hujan lebat diprakirakan berpotensi terjadi di wilayah Jawa Tengah hari ini, termasuk Solo dan sekitarnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga mewaspadai bencana banjir dan tanah longsor.

BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis pagi ini wilayah Jateng umumnya berawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dispendukcapil Sragen Kejar Waktu Rekam E-KTP Pemilih Pemula

Sedangkan potensi hujan diprakirakan terjadi antara siang hingga malam.

"Pagi umumnya berawan. Siang/sore-awal malam umumnya hujan ringan-sedang dengan waktu kejadian bervariasi," kata prakirawan MS Fuad dalam info cuaca yang dilansir Detikcom, Rabu (2/12/2020).

"Potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah pegunungan tengah, pesisir selatan Jateng, dan pantura tengah sisi selatan serta eks Karesidenan Surakarta. Waspada bencana Hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor," imbuh Fuad.

Berikut prakiraan cuaca Jawa Tengah dari BMKG yang berlaku pukul 07.00-19.00 WIB:

Hujan ringan-sedang:
Purworejo, Wonogiri, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kendal, Pemalang, Brebes, Solo, Salatiga, Semarang, Pekalongan, dan Tegal.

Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, 4 Kabupaten/Kota di Jatim Balik ke Zona Merah

Hujan sedang-lebat:
Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Purwodadi, Blora, Ungaran, Temanggung, Batang, Kajen, Slawi, Magelang, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya