SOLOPOS.COM - Ilustrasi selfie (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Kota Solo, Jawa Tengah, kini mempunyai spot foto dan nongkrong baru lagi yang cocok dikunjungi saat akhir pekan, yakni Pintu Air Demangan Baru, yang lokasinya berada di Kampung Sewu, Jebres.

Di Pintu Air Demangan Baru ini terdapat beragam fasilitas seru, mulai dari jogging track hingga public space. Dengan fasilitas tersebut, area ini cocok dikunjungi anak-anak hingga orang tua.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pintu Air Demangan Baru yang dibangun sejak 2020 ini juga digadang-gadang menjadi destinasi wisata baru di Kota Solo. Apalagi terdapat bangunan dan taman cantik di sini. Taman tersebut dilengkapi vertical garden, tempat duduk yang asyik buat nongkrong, dan lampu cantik yang membuat taman semakin cantik saat malam hari.

Masih di kawasan Pintu Air Demangan Baru, juga terdapat jembatan berwarna merah yang kemungkinan hanya bisa dilalui pejalan kaki. Jembatan tersebut terlihat apik sehingga bisa menjadi spot foto baru di Kota Solo.

ngabuburit di solo
Taman Apem Sewu kompleks Pintu Air Demangan di Kali Pepe, di Beton, Sewu, Jebres, Solo, Kamis (7/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Konsep bangunan di area ini juga terbilang unik karena menampilkan fasad lisplan kayu dengan ornamen khas rumah Jawa Solo. “Untuk konsep fasad bangunan, rumah pompa, dan rumah genset mengambil gaya Jawa Kolonial dengan banyak jendela besar yang selain berfungsi sebagal ventilasi udara juga membuat tampilan bangunan yang ada sat ini menjadi lebih menarik,” jelas Kepala SNVT PJPA BBWSBS, Naryo Widodo, seperti diulas Solopos.com sebelumnya.

Sementara itu, untuk jogging track-nya, menghubungkan antara Pintu Air Demangan Solo yang lama dengan Pintu Air Demangan Baru.

“Lansekap dan jogging track ini membentang menghubungkan Pintu Air Demangan Solo yang lama dengan Pintu Air Demangan Baru. Pada sisi kanan dan kiri lansekap yang berbatasan dengan pemukiman warga terdapat taman vertikal dengan tanaman melati Belanda untuk menciptakan kesan hijau, indah, dan segar,” jelasnya.

Mengutip informasi di situs resmi Kementerian PUPR, Pintu Air Demangan Baru yang bisa jadi spot foto dan nongkrong baru di Solo ini berfungsi untuk menambah areal layanan dan meningkatkan fungsi air dan pompa yang lama sehingga pengendalian banjir di Kota Solo semakin baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya