SOLOPOS.COM - Keraton Surakarta (Espos/Burhan Aris Nugraha)

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Espos/Burhan Aris Nugraha)

SOLO--Masuknya Kota Solo dalam nominasi New7Wonders Cities di Asia Tenggara menjadi kabar mengejutkan bagi warga Solo. Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Widdi Srihanto berjanji bakal menggenjot promosi untuk menyosialisasikan nominasi tersebut ke seluruh Nusantara.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Saya terus terang baru tahu dari wartawan. Secepatnya, kami akan segera mengambil langkah guna menyosialisasikan nominasi itu,” ujar Widdi kepada Solopos.com, Rabu (21/3/2012).

Menurut Widdi, masuknya Kota Solo dalam ajang New7Wonders Cities harus dipandang dari sisi positifnya. Salah satunya ialah sebagai pemantik agar semua stakeholders turut serta menjaga dan mengharumkan nama Kota Bengawan ini. “Kami menilai sisi positifnya di sana. Dengan begitu, masyarakat Solo bisa bangga dan tetap menjaga Kota ini,” paparnya.

Ditanya terkait langkah-langkah kongkret yang bakal diambil, Widdi mengaku masih akan menggodok materi bersama tim agar lebih matang dulu. Selanjutnya, pihaknya dalam waktu dekat akan segera mengundang media untuk menggerakkan masyarakat memilih Solo sebagai New7Wonders Cities di Asia Tenggara. “Kami harus siapkan strategi dulu. Dalam waktu dekat ini, akan segera kami sampaikan kepada wartawan,” paparnya.

Meski demikian, tegasnya, sejumlah upaya sederhana agar Solo masuk New7Wonders Cities antara lain dengan mengoptimalkan sumber jejaring yang ada. Mulai dari komunitas pecinta kereta, pecinta bus, pecinta car free day serta semua kalangan anak-anak muda yang memiliki kecintaan mendalam  terhadap masa depan Kota Solo. “Termasuk media juga, saya harapkan bisa membantu mengharumkan nama Kota Solo ini,” harapnya.

Pemkot sendiri, kata Widdi, sebenarnya tak henti menggenjot promosi Kota Solo dengan sekian even bergengsi. Mulai Solo Batik Carnaval, Festival Jenang, pengoperasian kereta dan bus wisata, agenda tahunan di kampung-kampung, serta sejumlah agenda kebudayaan insindental lainnya. Dan yang terakhir, katanya, pihaknya bercita-cita ingin mengembalikan kejayaan Sungai Bengawan Solo seperti pada masa lalu. “Kejayaan yang dimaksud bukan dalam hal perdagangan, melainkan dalam bidang kepariwisataan,” paparnya.

Nominasi New7Wonders sendiri digelar melalui voting. Sebelumnya, lembaga ini juga menggelar New7Wonders of Nature dengan menempatkan Pulau Kómodo sebagai jawara. Selain Kota Solo, kota lainnya yang masuk New7Wonders cities ialah Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya