SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Kota Solo menjadi satu dari sejumlah kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah,  yang sudah mapan di bidang pariwisata. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Tengah, Budiyanto di Solo Minggu (25/3). Ini ditandai dengan sejumlah obyek dan event budaya Solo yang berhasil dijual. Kondisi ini berbeda dengan sejumlah kota/kabupaten lain di Jawa Tengah, yang masih harus berbenah untuk menyiapkan magnet kotanya. Diungkapkan Budiyanto, saat ini Solo bukan lagi bicara soal pembenahan kota maupun destinasi wisata, namun lebih berfokus pada target kunjungan wisatawan. Budi menambahkan, selain Solo kota/kabupaten lain yang bisa dikatakan mapan di bidang pariwisata adalah Kota Semarang, Kab Semarang, Kab Pekalongan, Kota Pekalongan, Magelang, Wonosobop Cilacap, Kudus dan Jepara.

Sementara itu Badan Promosi Pariwisata Indonesia Solo (BPPIS) melansir, tingkat okupansi hotel di Kota Solo tahun 2011, ditutup 63 persen atau meningkat 13 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar 59 persen. Meski okupansi meningkat, namun jumlah wisatawan yang datang justru menurun 8,46 persen dari tahun 2010. Menurutnya,  hal ini yang perlu disikapi serius dengan menggenjot sektor kuliner, belanja serta hiburan. Diungkapkannya, semua pemangku kepentingan sektor pariwisata seperti airline, hotel, Biro Perjalanan Wisata–BPW dan dinas terkait harus bersinergi, menggencarkan promosi kota.[SPFM/dev]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya