Tutup Iklan

SOLO KOTA KREATIF : Solo Jadi Tuan Rumah Pembentukan ICCN

SOLO KOTA KREATIF : Solo Jadi Tuan Rumah Pembentukan ICCN

SOLOPOS.COM - Model Red Batik menyapa para pemudik yang melewati Jl Slamet Riyadi, Gladak, Solo, Jumat (5/8/2013). Aksi tersebut untuk mempromosikan Solo sebagai kota kreatif. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solo Kota Kreatif diramaikan dengan penyelengaran konferensi nasional ICCN pada Oktober mendatang.

Solopos.com, SOLO — Solo Creative City Network (SCCN) berencana mengadakan konferensi nasional pada Oktober mendatang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk Indonesia Creative City Network (ICCN).

Dewan Penasihat SCCN, Paulus Mintarga, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan kesepakatan bersama yang dilakukan dengan Bandung Creative City Network (BCCN).

Menurut dia, belum banyak kota di Indonesia yang siap untuk menjadi kota kreatif. Namun hal tersebut perlu dimulai dengan harapan setelah dicanangkan sebagai kota kreatif, masing-masing daerah akan berbenah.

Menurut rencana pada kesempatan tersebut juga akan dirumuskan tentang nilai-nilai sebuah kota kreatif. Dia menyampaikan selama ini kiblat kota kreatif berasal dari Inggris. Namun tidak semua bisa diterapkan di Indonesia karena adanya perbedaan budaya.

“Konferensi tersebut sekaligus untuk menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN [MEA]. Hal ini karena ketika tahu mengenai potensi dan keunggulan daerah akan mampu membentuk strategi untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Selain itu, hal ini juga untuk membangun jaringan internasional dan bisa menjadi bagian dari UNESCO Creative City Network [UCCN],” ungkap dia saat berkunjung ke Griya Solopos, Selasa (12/5/2015).

Dia mengatakan menjadi creative city diharapkan mampu memunculkan potensi yang ada di masing-masing kota. Paulus menyampaikan hingga saat ini masih memetakan potensi yang ada di Kota Bengawan.

Menurut dia, dari 18 kriteria kreatif, Solo memiliki enam di antaranya. Namun dia mengatakan masih mengonfirmasi hal tersebut untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Hal ini mengingat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Solo belum memiliki data yang terintegrasi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kompak Turun, Ini Harga Emas Pegadaian Hari Ini Kamis 17 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Kamis (17/6/2021) turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Pertaruhan Ekonomi

Koran Solopos edisi Kamis (17/6/2021) mengangkat topik utama tentang sikap pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang melonjak sekaligus memperbaiki ekonomi yang terpuruk.

Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer Bisa Picu Masalah Ini Loh!

Padahal duduk terlalu lama di depan komputer mengundang sejumlah masalah kesehatan loh!

Italia Sempurna di Grup A, Ini Klasemen Sementara

Italia akan turun ke posisi kedua jika pada laga terakhir Grup A kalah dari Wales, Minggu (20/6).

Promo Masakan Eropa The Sunan Hotel, Ini Menunya

-The Sunan Hotel Solo menghadirkan promosi masakan dengan menu khas Eropa yang bertajuk Europe has Never Been This Close.

Manuel Locatelli Jadi Pemain Terbaik Saat Italia Tundukkan Swiss

Gelandang serang Timnas Italia, Manuel Locatelli menjadi pemain terbaik (man of the match) ketika Gli Azzurri alias Si Biru menggasak Swiss tiga gol tanpa balas.

Rusia Buka Asa ke 16 Besar, Ini Klasemen Sementara Grup B

Rusia beranjak ke posisi dua dengan koleksi tiga poin setelah mengalahkan Finlandia 1-0.

Bek Turki Minta Maaf Seusai Timnya Kalah dari Wales di Hadapan Erdogan

Bek tim nasional Turki Umut Meras menyampaikan permintaan maaf setelah timnya kalah 0-2 melawan Wales dalam lanjutan Grup A Euro 2020.

Jangan Ikut Salah Paham soal 5G, Baca Ini!

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan warga negara Indonesia bisa menikmati generasi kelima atau 5G teknologi seluler, jangan gagap teknologi!

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.