Tutup Iklan

SOLO KOTA KREATIF : Solo Jadi Tuan Rumah Pembentukan ICCN

SOLO KOTA KREATIF : Solo Jadi Tuan Rumah Pembentukan ICCN

SOLOPOS.COM - Model Red Batik menyapa para pemudik yang melewati Jl Slamet Riyadi, Gladak, Solo, Jumat (5/8/2013). Aksi tersebut untuk mempromosikan Solo sebagai kota kreatif. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solo Kota Kreatif diramaikan dengan penyelengaran konferensi nasional ICCN pada Oktober mendatang.

Solopos.com, SOLO — Solo Creative City Network (SCCN) berencana mengadakan konferensi nasional pada Oktober mendatang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk Indonesia Creative City Network (ICCN).

Dewan Penasihat SCCN, Paulus Mintarga, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan kesepakatan bersama yang dilakukan dengan Bandung Creative City Network (BCCN).

Menurut dia, belum banyak kota di Indonesia yang siap untuk menjadi kota kreatif. Namun hal tersebut perlu dimulai dengan harapan setelah dicanangkan sebagai kota kreatif, masing-masing daerah akan berbenah.

Menurut rencana pada kesempatan tersebut juga akan dirumuskan tentang nilai-nilai sebuah kota kreatif. Dia menyampaikan selama ini kiblat kota kreatif berasal dari Inggris. Namun tidak semua bisa diterapkan di Indonesia karena adanya perbedaan budaya.

“Konferensi tersebut sekaligus untuk menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN [MEA]. Hal ini karena ketika tahu mengenai potensi dan keunggulan daerah akan mampu membentuk strategi untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Selain itu, hal ini juga untuk membangun jaringan internasional dan bisa menjadi bagian dari UNESCO Creative City Network [UCCN],” ungkap dia saat berkunjung ke Griya Solopos, Selasa (12/5/2015).

Dia mengatakan menjadi creative city diharapkan mampu memunculkan potensi yang ada di masing-masing kota. Paulus menyampaikan hingga saat ini masih memetakan potensi yang ada di Kota Bengawan.

Menurut dia, dari 18 kriteria kreatif, Solo memiliki enam di antaranya. Namun dia mengatakan masih mengonfirmasi hal tersebut untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Hal ini mengingat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Solo belum memiliki data yang terintegrasi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.