SOLOPOS.COM - Kompleks Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan, Solo, disterilkan, Kamis (19/3/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah gereja meniadakan ibadah Minggu dan semua kegiatan kegerejaan berjemaah. Jemaat diimbau mengikuti ibadah Minggu/misa Minggu di rumah dengan cara streaming selama Solo masih berstatus KLB Corona.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat (20/3/2020), keputusan tersebut tertuang pada Surat Keputusan Gembala Nomor 0332/A/X/20-13 yang ditandatangani Keuskupan Agung Semarang, Robertus Rubiyatmoko, Kamis (19/3/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Surat tersebut merupakan dasar gereja mendukung upaya pemerintah daerah menghentikan ppersebaran virus corona. Sebab, karena virus tersebar melalui perjumpaan banyak orang. Sejumlah kegiatan kegerejaan yang melibatkan banyak orang ditiadakan hingga Jumat (3/4/2020).

Update! 450 Kasus Positif Corona Indonesia, Jateng Tambah 2

Pastor Paroki St. Antonius Purbayan Surakarta, Stefanus Bagus Aris Rudiyanto, menjelaskan gereja mengikuti keputusan  Keuskupan Agung Semarang untuk tidak melakukan kegiatan gereja. Ia menerima surat Kamis dan menyampaikan kepada jemaat melalui Whatsapp, Kamis Sore.

“Semua kegiatan langsung ditiadakan. Lewat online streaming. Minggu [22/3] melalui siaran Keuskupan Agung Semarang. Kami melakukan sendiri, Minggu [29/3],” katanya kepada Solopos.com.

Dia menjelaskan, Gereja Katolik St. Antonius Purbayan Surakarta memiliki sekitar 5.100 jemaat. Jadwal Misa Minggu di gereja Solo itu dilakukan dua kali pada Sabtu dan lima kali saat Minggu.

Hasil Rapid Test Negatif, Belum Tentu Bebas Virus Corona

Ketua Majelis Gereja Kristen Jawa (GKJ) Margoyudan Surakarta, Emilius Tri Rochyana, menjelaskan majelis gereja telah melakukan rapat dengan keputusan meniadakan seluruh kegiatan. Jemaat melakukan Ibadah Minggu di rumah dengan streaming Youtube atau Instagram.

“Kami telah sampaikan kepada jemaat mengubah bentuk ibadah umum dan ibadah anak hari ini [Jumat] melalui media sosial, saranan komunikasi jemaat,” ujarnya.

Bakal Dikaji Ulang

Dia menjelaskan, perubahan bentuk ibadah bersifat sementara hingga Minggu (29/3/2020). Selanjutnya akan disesuaikan dengan perkembangan ppersebaran Covid-19 sesuai kebijakan pemerintah.

Tangani Corona, RSUD Bung Karno Solo Diusulkan Jadi Lokasi Karantina

Ibadah umum bagi jemaah gereja di Solo secara online dilakukan pukul 06.30 WIB.

“Kegiatan lain seperti latihan kur, persekutuan remaja, persekutuan pemuda, warga dewasa, dan latihan musik untuk persiapan ibadah umum ditiadakan,” katanya.

Asyik! Pemilik Kartu Pra-Kerja Bakal Dikasih Sangu Rp650.000

Dia menjelaskan, GKJ Margoyudan Surakarta memiliki sekitar 2.000 jemaat. Terdapat jadwal rutin ibadah umum sebanyak lima kali setiap Minggu.

Kini semua kegiatan itu ditiaadakan lantaran gereja di Solo ditutup sementara. Majelis gereja juga telah melakukan penyemprotan disinfektan untuk menjaga kebersihan gereja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya