SOLOPOS.COM - Ilustrasi transaksi dalam event Solo Great Sale atau SGS 2021. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Solo Great Sale (SGS) 2022 siap dimulai, Minggu (25/9/2022). Ditargetkan ada 23.000 pelaku usaha yang akan terlibat sebagai pengisi tenant SGS 2022.

Event tersebut juga akan menjadi ajang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan transaksi nontunai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo, Gareng S. Haryanto, mengatakan tahun ini target transaksi SGS akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. “Target transaksi tahun ini adalah Rp2 triliun,” kata dia di hadapan wartawan, Sabtu (24/9/2022).

Diketahui pada SGS 2021, target transaksi adalah Rp800 miliar. Dia berharap SGS bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Solo.

Mengenai pelaksanaannya, SGS tahun ini dimulai pada Minggu (25/9/2022). “Dimulai besok pagi dengan opening ceremony di [depan] Loji Gandrung, dan ditutup 30 Oktober 2022 di Pasar Klewer,” lanjut dia.

Baca Juga: Levi’s Store Hadir di Solo Paragon Mall dengan Wajah Baru

Dia menambahkan, event SGS 2022 ini didukung penuh oleh Bank Indonesia dan difasilitasi Pemerintah Kota Solo dalam kegiatan opening dan closing ceremony.

SGS menjadi event berbelanja yang istimewa di Solo karena dalam pelaksanaannya selalu ada hadiah undian yang menarik. Di antaranya ada satu unit rumah, satu unit mobil, lima unit sepeda motor, serta berbagai perangkat eletronik.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, menyampaikan pada pelaksanaan SGS tahun ini, BI mendukung penuh sebagaimana tahun lalu. “Sebab kami memiliki tanggung jawab, memiliki kewajiban untuk memulihkan ekonomi Solo dan sekitarnya dari dampak pandemi. Kami mendukung kesuksesan SGS ini salah satunya dengan digitalisasi,” kata dia. Terkait hal itu pengenalan QRIS juga terus dilakukan.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya pengenalan QRIS lebih menyasar pada tenant atau penjual, tahun ini sasarannya lebih pada konsumen. “Sebab untuk merchant rata-rata sudah pakai [QRIS], maka sasaran kami tahun ini adalah customer agar semakin banyak pengguna. Harapannya semakin banyak digitalisasi, maka transkasi di SGS semakin lancar,” jelas dia. Selain QRIS, tahun ini BI juga mengenalkan BI-Fast kepada masyarakat.

Baca Juga: Lebih dari 30 Event Pendukung Solo Great Sale 2022 Telah Disiapkan

Dia menjelaskan, gerakan digitalisasi sebenarnya sudah dimulai sebelum pandemi. QRIS juga sudah diluncurkan sejak Agustus 2019, namun menurutnya penggunanya masih sangat sedikit.

Di Soloraya, di akhir 2020 jumlah pengguna QRIS sekitar 120.000 tenant pemilik akun QRIS. “Sebelumnya sekitar 40.000 kemudian naik menjadi sekitar 120.000 [tenant]. Kemudian di 2021 dengan SGS juga dan kegiatan [festival] Adipati [Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Terkini], langsung meningkat menjadi 280.000-an dan untuk sampai saat ini mencapai 360.000-an tenant yang menggunakan QRIS. Jadi sudah ada akselerasi signifikan dalam dua tahun terakhir,” jelas dia.

Melalui berbagai kampanye dan kegiatan seperti SGS ini, diharapkan masyarakat akan semakin terbiasa menggunakan layanan transaksi non tunai.

Terkait data pengguna QRIS secara perorangan saat ini baru dapat dirinci di tingkat provinsi. “Di Jawa Tengah, pada akhir 2021 jumlah pengguna, jadi nomor HP yang didaftar untuk penggunaan QRIS, dari 750,000-an sekarang menjadi 2,06 juta akun. Dari jumlah itu memang tulang punggungnya itu dari Semarang dan Soloraya,” kata dia.

Menurutnya, kunci utama dalam upaya penggunaan transaksi digital adalah pembiasaan. Melalui digitalisasi, dinilai dapat memperlancar transaksi ekonomi. “Namun tetap, kalau mau menggunakan tunai, juga tetap sah. Sebab itu menjadi alat pembayaran kita yang sah di Indonesia,” tegas dia.

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya