Solo Great Sale 2022 Dimulai, Pembiasaan Transaksi Nontunai Dikuatkan

Solo Great Sale (SGS) 2022 siap dimulai, Minggu (25/9/2022). Ditargetkan ada 23.000 pelaku usaha yang akan terlibat sebagai pengisi tenant SGS 2022.

 Ilustrasi transaksi dalam event Solo Great Sale atau SGS 2021. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi transaksi dalam event Solo Great Sale atau SGS 2021. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Solo Great Sale (SGS) 2022 siap dimulai, Minggu (25/9/2022). Ditargetkan ada 23.000 pelaku usaha yang akan terlibat sebagai pengisi tenant SGS 2022.

Event tersebut juga akan menjadi ajang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan transaksi nontunai.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo, Gareng S. Haryanto, mengatakan tahun ini target transaksi SGS akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. “Target transaksi tahun ini adalah Rp2 triliun,” kata dia di hadapan wartawan, Sabtu (24/9/2022).

Diketahui pada SGS 2021, target transaksi adalah Rp800 miliar. Dia berharap SGS bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Solo.

Mengenai pelaksanaannya, SGS tahun ini dimulai pada Minggu (25/9/2022). “Dimulai besok pagi dengan opening ceremony di [depan] Loji Gandrung, dan ditutup 30 Oktober 2022 di Pasar Klewer,” lanjut dia.

Baca Juga: Levi’s Store Hadir di Solo Paragon Mall dengan Wajah Baru

Dia menambahkan, event SGS 2022 ini didukung penuh oleh Bank Indonesia dan difasilitasi Pemerintah Kota Solo dalam kegiatan opening dan closing ceremony.

SGS menjadi event berbelanja yang istimewa di Solo karena dalam pelaksanaannya selalu ada hadiah undian yang menarik. Di antaranya ada satu unit rumah, satu unit mobil, lima unit sepeda motor, serta berbagai perangkat eletronik.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, menyampaikan pada pelaksanaan SGS tahun ini, BI mendukung penuh sebagaimana tahun lalu. “Sebab kami memiliki tanggung jawab, memiliki kewajiban untuk memulihkan ekonomi Solo dan sekitarnya dari dampak pandemi. Kami mendukung kesuksesan SGS ini salah satunya dengan digitalisasi,” kata dia. Terkait hal itu pengenalan QRIS juga terus dilakukan.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya pengenalan QRIS lebih menyasar pada tenant atau penjual, tahun ini sasarannya lebih pada konsumen. “Sebab untuk merchant rata-rata sudah pakai [QRIS], maka sasaran kami tahun ini adalah customer agar semakin banyak pengguna. Harapannya semakin banyak digitalisasi, maka transkasi di SGS semakin lancar,” jelas dia. Selain QRIS, tahun ini BI juga mengenalkan BI-Fast kepada masyarakat.

Baca Juga: Lebih dari 30 Event Pendukung Solo Great Sale 2022 Telah Disiapkan

Dia menjelaskan, gerakan digitalisasi sebenarnya sudah dimulai sebelum pandemi. QRIS juga sudah diluncurkan sejak Agustus 2019, namun menurutnya penggunanya masih sangat sedikit.

Di Soloraya, di akhir 2020 jumlah pengguna QRIS sekitar 120.000 tenant pemilik akun QRIS. “Sebelumnya sekitar 40.000 kemudian naik menjadi sekitar 120.000 [tenant]. Kemudian di 2021 dengan SGS juga dan kegiatan [festival] Adipati [Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Terkini], langsung meningkat menjadi 280.000-an dan untuk sampai saat ini mencapai 360.000-an tenant yang menggunakan QRIS. Jadi sudah ada akselerasi signifikan dalam dua tahun terakhir,” jelas dia.

Melalui berbagai kampanye dan kegiatan seperti SGS ini, diharapkan masyarakat akan semakin terbiasa menggunakan layanan transaksi non tunai.

Terkait data pengguna QRIS secara perorangan saat ini baru dapat dirinci di tingkat provinsi. “Di Jawa Tengah, pada akhir 2021 jumlah pengguna, jadi nomor HP yang didaftar untuk penggunaan QRIS, dari 750,000-an sekarang menjadi 2,06 juta akun. Dari jumlah itu memang tulang punggungnya itu dari Semarang dan Soloraya,” kata dia.

Menurutnya, kunci utama dalam upaya penggunaan transaksi digital adalah pembiasaan. Melalui digitalisasi, dinilai dapat memperlancar transaksi ekonomi. “Namun tetap, kalau mau menggunakan tunai, juga tetap sah. Sebab itu menjadi alat pembayaran kita yang sah di Indonesia,” tegas dia.

 

 

 

 

 

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Izin Usaha Dicabut OJK, Ini Pemilik Wanaartha Life

      Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan untuk mencabut izin PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life). Lantas siapa pemilik Wanaartha Life?

      Antam Naik Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Selasa 6 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Selasa (6/12/2022) hari ini, terpantau naik untuk cetakan Antam sementara untuk cetakan UBS tercatat turun.

      IHSG Diperkirakan Rebound, Cek Saham-Saham Ini

       Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebut berpotensi rebound ke level 7.030-7.050 pada perdagangan Selasa (6/12/2022) ini.

      Izin Usaha Dicabut OJK, Begini Tuntutan Nasabah WanaArtha Life

      Nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera menjelaskan ke nasabah mengenai langkah lanjutan usai izin usaha perusahaan asuransi perusahaan resmi dicabut pada Senin (5/12/2022).

      Siaga Nataru, PLN Turunkan 5.574 Personel Pastikan Keandalan Listrik Jateng-DIY

      PLN menggelar Apel Siaga Natal dan Tahun Baru untuk mengamankan keandalan pasokan listrik menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di halaman kantor PLN UP3 Yogyakarta pada Senin (5/12/2022).

      Izin WanaArtha Dicabut OJK, Transaksi Gelap Asuransi Naik 284,8 Persen

      Hingga Oktober 2022, jumlah transaksi mencurigakan asuransi mencapai angka 2.155 kasus. Jumlah ini naik 284,8 persen dibandingkan periode Januari-Oktober 2021 yang hanya 560 kasus. 

      Cara Praktis Mengambil Uang di Mesin ATM Tanpa Menggunakan Kartu

      Kini nasabah bank tak perlu bingung jika pada saat mengharuskan untuk tarik tunai namun tidak membawa kartu debit dan hanya membawa handphone.

      Formasi Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2, Cari Tahu Yuk!

      Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2022 batch 2. Lantas apa saja formasinya?

      Transisi Energi, Erick Thohir Beberkan Alasan Indonesia Tak Tiru Negara Lain

      Erick Thohir menyebutkan cetak biru penghentian dini PLTU berkapasitas total 15 Giga Watt (GW) terus dilakukan secara bertahap.

      Laba BUMN Tembus Rp155 Triliun Kuartal III/2022, Lampaui Setahun 2021

      Menteri BUMN Erick Thohir menerangkan laba bersih konsolidasi BUMN per kuartal III/2022 telah melampaui kinerja setahun penuh pada 2021.

      Gelombang PHK Berlanjut! OYO Hotels Kurangi 600 Karyawan

      Startup OYO Hotels mengumumkan akan memangkas 600 karyawan di departemen korporat dan teknologinya, atau sekitar seperenam dari total tenaga kerjanya.

      PLN Teken MoU dengan Kawasan Industri Sayung & Pabrik Gas, Salurkan 50,2 MVA

      PLN siap menyalurkan 50,2 MVA untuk mendukung pertumbuhan industri di Jawa Tengah dan DIY.

      Uji Coba Aplikasi Pembayaran Tol Nirsentuh Dimulai Bulan Ini

      Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menguji coba pembayaran tol nirsentuh melalui aplikasi multi lane free flow (MLFF) pada bulan ini.

      10 Cara Cari Uang hanya Modal HP

      Sekarang, hanya bermodal HP kita bisa menghasilkan uang.

      Apindo: Pemerintah Tidur Saja Pertumbuhan Ekonomi Bisa 5 Persen

      Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 akan berada di atas 5 persen bahkan bisa mencapai 5,65 persen apabila terdapat kerja keras dalam menggerakkan mesin-mesin perekonomian.