SOLOPOS.COM - Pemandangan wilayah Sukoharjo dari kawasan Gunung Gajah Mungkur di Kecamatan Bulu. (Solopos/Bony Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemkab Sukoharjo merespons positif pengembangan wisata berkonsep alam bernama Solo Grand View di sekitar Gunung Gajah Mungkur, Dusun Kerjo, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu. Hal itu diyakini bakal memberikan efek positif bagi perekonomian masyarakat setempat dan pendapatan asli daerah (PAD).

Puncak Gunung Gajah Mungkur diproyeksikan menjadi ikon pariwisata Sukoharjo pada masa depan. Destinasi berkonsep wisata alam itu menawarkan beragam fasilitas mulai dari infinity pool, resto, resort, camping ground, dan invisible zoo. Selama ini, Sukoharjo minim objek wisata berkonsep alam.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Pariwisata Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Heri Prasetyo, mengatakan mendukung masyarakat yang ingin membangkitkan gairah wisata terutama di Sukoharjo bagian selatan. Sebagian wilayah tersebut merupakan perbukitan kapur, tak beda jauh dengan kondisi Wonogiri.

Baca Juga: Bangun Solo Grand View Sukoharjo, Pengusaha Muda ini Beli Lahan 28 Ha

“Kami merespons positif terkait konsep pengembangan wisata alam di Gunung Gajah Mungkur. Potensi alamnya memang luar biasa. Kami juga mengapresiasi muncul pengusaha muda yang memiliki ide brilian ingin memajukan industri wisata di Sukoharjo,” katanya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (3/12/2021).

Heri mengaku telah melakukan survei ke lokasi Gunung Gajah Mungkur yang akan dibangun Solo Grand View , Bulu, Sukoharjo,  pada beberapa bulan lalu. Di puncak Gunung Gajah Mungkur bernama Laskar Pelangi, pengunjung disajikan pemandangan elok di empat penjuru mata angin.

Spot Selfie

Pemandangan kota di Soloraya menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi lokasi tersebut. Selama ini hanya satu objek wisata yakni Batu Seribu di Kecamatan Bulu yang diandalkan Pemkab Sukoharjo untuk menyumbang PAD Sukoharjo.

“Masyarakat tak perlu jauh-jauh menikmati panorama alam di objek wisata. Gunung Gajah Mungkur ini sangat ikonik dan menjadi spot selfie para pengunjung,” ujarnya.

Baca Juga: Sosok Pengusaha di Balik Solo Grand View Sukoharjo: Muda, Sukses Pula!

Camat Bulu, Widyanto Setyo Wibowo, menyatakan Gunung Gajah Mungkur merupakan potensi alam Desa Kedungsono yang berbatasan langsung dengan Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran, Wonogiri. Pengembangan potensi alam Gunung Gajah Mungkur bakal menjadi destinasi wisata alternatif di Kabupaten Jamu.

Tak menutup kemungkinan, wisatawan mancanegara bakal tertarik untuk menginap di sekitar Gunung Gajah Mungkur. Mereka ingin menikmati matahari menghilang di bawah garis cakrawala.

Seperti diberitakan, seorang pengusaha muda bernama Machmud Lutfi Huzain sudah membeli lahan seluas 28 hektare di kawasan Gunung Gajah Mungkur, Bulu, Sukoharjo, untuk membangun tempat wisata bernama Solo Grand View. Saat ini, Machmud masih melengkapi proses perizinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya