SOLOPOS.COM - Penyanyi Jaz, Ben Sihombing (kiri), diiringi Band The Rangers mengibur pedagang dan pengunjung pasar pada Solo City Jazz 2017 di Pasar Klewer, Solo, Jumat (29/9/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Solo City Jazz 2017 dilaksanakan di Pasar Klewer, Pasar Gede, dan Benteng Vastenburg.

Solopos.com, SOLO — Keramaian terdengar di lantai paling atas Pasar Klewer Solo, Jumat (29/9/2017) siang. Pembeli dan penjual berlalu-lalang di antara kios-kios berpenghuni. Tak hanya aktivitas perdagangan, rombongan musisi Solo City Jazz 2017 yang manggung tepat di ruang kosong sisi selatan pasar menambah riuh suasana.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pentolan band The Rangers, Elizabeth Sudira, membuka acara. Suara merduanya menyedot perhatian pengunjung. Beberapa orang hanya berlalu sembari melirik ke arah pentas hari pertama Solo City Jazz 2017 tersebut. Namun tak sedikit orang berhenti sejenak menyaksikan para musisi muda Solo menyanyi.

Setelah menggeber beberapa lagu jaz ciptaan musisi Ibu Kota, Eliz yang tampil dengan gaya kasual menawarkan pilihan lain kepada pendengar. Lagu campursari ciptaan musisi Solo, Didi Kempot, pun dilantunkan. The Rangers menghidupkan deretan lirik tembang Pasar Klewer di Pasar Klewer. Sesuai dengan acara yang diusung Nglaras Jaz, lagu tersebut diaransemen ulang dengan karakter musik jaz.

Ing pasar klewer kutha Solo. Jare blanja pamite kok ngumbah mata. Pasare rame tenan. Desek desekan nanging ja nganti grayangan,” nyanyi Eliz.

Sebelumnya saat pentas di Pasar Gede pun demikian. The Rangers dan bintang tamu dari Ibu Kota Ben Sihombing menyanyikan beberapa lirik lagu Campursari seperti langgam Yen Ing Tawang dan Suket Teki versi musik jaz.

Grup band The Rangers tampil pada Solo City Jazz 2017 di Pasar Gede, Solo, Jumat (29/9/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Grup band The Rangers tampil pada Solo City Jazz 2017 di Pasar Gede, Solo, Jumat (29/9/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Beberapa pedagang memberi saweran dalam bentuk barang dagangan seperti buah, keripik, dan kerupuk. Ben yang sempat menyanyikan lagu Bengawan Solo dihadiahi kelengkeng, dan jenis buah lain oleh pembeli. Penyanyi yang dikenal berkat lagu Mine, Set Me Free, dan Sama Sama Menunggu ini mengaku sangat terkesan dengan respons masyarakat Solo.

“Ini pertama saat ke Solo. Yang pasti saya selalu menyuguhkan penampilan yang jujur dari hati. Kalau jujur pendengar akan otomatis menikmati,” kata dia saat diwawancara wartawan saat jumpa pers, Kamis (28/9/2017).

Pedagang Pasar Klewer Mursiniati, 60, ikut terkesan dengan kehadiran mereka. Ia sempat meninggalkan tempat jualannya untuk menyaksikan pentas musik jaz. “Menambah segar, jadi enggak suntuk. Tadi juga banyak yang menonton,” kata dia.

Ketua penyelenggara Solo City Jazz dari C-Pro Production, Wenny Purwanti, mengatakan penyelenggaraan konser jaz di dalam pasar adalah untuk menghibur masyarakat.

“Biasanya para artis itu selalu didatangi. Nah sekarang gantian artis yang mendatangi masyarakat. Tempat yang paling enak untuk didatangi adalah pasar,” kata dia saat ditemui di tengah kegiatan Solo City Jazz di Pasar Gede, Jumat.

Dipilihnya Pasar Gede dan Pasar Klewer sebagai lokasi penyelenggaraan acara adalah karena dua pasar tersebut dinilai sebagai ikon Kota Solo. “Solo ini memiliki pasar-pasar tradisional yang bagus. Jadi ini konsepnya membuat pasar sebagai panggung jaz,” kata dia.

Setelah nglaras jaz di pasar, agenda Solo City Jazz masih berlanjut hingga hari ini, Sabtu (30/9/2017) malam. Panggung utama pentas jaz tersebut digelar di Benteng Vastenburg dengan melibatkan bintang tamu dari Ibu Kota dan beberapa musisi lokal. Deretan pengisi event tahunan Solo ini di antaranya Fariz R.M., Nona Ria, Ben Sihombing, Jungkat-Jungkit, Pilipe, Fisip Meraung, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya