SOLOPOS.COM - FX Hadi Rudyatmo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

FX Hadi Rudyatmo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Kirab budaya bertajuk Solo Carnaval bakal menghiasi Kota Solo, Sabtu (16/2/2013) sore. Ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat akan mengenakan berbagai kostum pewayangan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Tak hanya itu, kirab menyambut Hari Jadi Solo ke-268 ini juga akan menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo. Lelaki berkumis itu akan mengenakan kostum Setyaki.

Ketua Pelaksana Solo Carnaval, Bambang Suhendro, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (15/2/2013), mengatakan kegiatan tersebut mengambil tema Wayang.  Selain Roy Suryo, imbuhnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, direncanakan mengikuti kirab. Pihaknya telah menyiapkan kostum Kunthi. Sementara Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, bakal menggunakan kostum Madrim.

Bambang menambahkan, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, ikut memeriahkan kirab dengan kostum Werkudara, kostum yang juga dikenakan Rudy saat menjadi pendamping mantan Walikota Solo, Joko Widodo tahun lalu.

“Pak Rudy sudah pesan kostum Werkudara. Beliau juga sudah menyiapkan tato,” tuturnya.

Menurut dia, karnaval budaya akan diikuti 1.500-an orang yang terdiri dari pelajar, muspida dan sejumlah kelompok seni. Pihaknya juga mempersilakan warga untuk turut memeriahkan kegiatan.

Mangga silakan bergabung, asal pakai kostum wayang.”

Sama seperti tahun lalu, kirab akan menempuh rute dari Lapangan Kota Barat dan berakhir di Balaikota. Dalam kirab yang dimulai pukul 15.00 tersebut, panitia juga akan menampilkan wayang potehi, wayang suluk, wayang Mbok Mban, wayang bidadari, wayang buta dan lain-lain. Ogoh-ogoh Punakawan dan Ondel-ondel sumbangan dari Jakarta pun siap ditampilkan dalam kirab tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya