SOLOPOS.COM - ilustrasi (Dwi Prasetya/Espos)

ilustrasi (Dwi Prasetya/Espos)

SOLO—Kalangan penggiat pariwisata Kota Solo bakal membuka jaringan promosi pariwisata dengan Visit Indonesia Tourism Office (VITO) yang ada di Malaysia dan Singapura.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PT Taman Wisata Candi (TWC) menyatakan siap memfasilitasi Solo untuk membuka link dengan VITO yang ada di dua negara tersebut. Hal ini disampaikan Deputy General Manager Marketing PT Taman Wisata Candi, Emilia Eny Utari seusai melakukan pertemuan dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia Solo (BPPIS), Association of Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, di Hotel Riyadi Palace, Jumat (14/9/2012).

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut kerja sama pelaku pariwisata Solo dengan PT TWC beberapa waktu lalu. Dimana pada saat itu, PT TWC memang akan membantu Solo untuk membuka jaringan promosi yang lebih luas.

“Salah satu sasaran kami adalah pasar Singapura. Kami mencoba garap Solo karena Solo mempunyai banyak potensi wisata yang sesuai dengan minat pasar Singapura,” kata Emilia, saat ditemui wartawan seusai pertemuan tersebut.

Ketua Asita Solo, Suharto menyampaikan pertemuan kali kedua Asita dan BPPIS dengan PT TWC ini telah merubah cara pandang mengenai pola pemasaran pariwisata Solo. Ke depan, kata dia, Solo akan mengurangi cara berpromosi dengan direct selling kepada calon pelanggan. Dua target pasar utama, yaitu Singapura dan Malaysia, akan digarap dengan pola kerjasama B to B. “Misalnya, menghadirkan VITO dan jaringannya ke Solo kemudian mengadakan famtrip  di Solo.”

Dia yakin cara ini jauh lebih efektif dari pada harus berbondong-bondong ikut pameran. Dari rencana gathering bersama seluruh kepala sekolah di Singapura saja, dia optimis bisa menarik 2% dari potensi pasar yang ada. “Saya yakin mereka akan tertarik datang ke Solo, karena kementerian pendidikan di Singapura punya program mengenal heritage di luar Singapura.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya