Solo Batik Music Festival di Pura Mangkunegaran, Masuk Venue Wajib Pakai Batik

Para penonton acara Solo Batik Music Festival di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, 1-2 Oktober 2022, wajib mengenakan busana batik.

 Panggung konser Solo Batik Music Festival di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo terus dipersiapkan, Jumat (30/9/2022) sore. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Panggung konser Solo Batik Music Festival di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo terus dipersiapkan, Jumat (30/9/2022) sore. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Perpaduan musik, batik, dan kuliner siap memanjakan pengunjung di acara Solo Batik Music Festival (SBMF) memeriahkan Hari Batik Nasional di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu-Minggu (1-2/10/2022).

Tak hanya itu, semua orang yang masuk venue termasuk penonton wajib mengenakan busana batik. Acara tersebut akan diisi konser musik sejumlah musisi nasional seperti Ada Band, Kangen Band, Tiara Andini, Raisa, HIVI!, Fiersa Besari, dan artis lainnya.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Ada juga stan-stan kuliner yang menyuguhkan aneka menu yang menggugah selera. Project Officer Solo Batik Music Festival, Intan Dhenisyaputri, saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (30/9/2022), mengatakan opening gate pada Sabtu dijadwalkan pukul 13.00 WIB.

Sedangkan pentas musik digeber mulai sekitar pukul 14.00 WIB sampai malam hari. Hari pertama ada penampilan Ada Band, D’ Masiv, Kangen Band, Jungkat-Jungkit, Raisa, dan Smaratantra.

“Tapi mereka dijadwalkan mulai tampil pukul 16.30 WIB dengan penampilan Ada Band. Setelah itu dilanjut musisi-musisi nasional semua,” ujarnya.

Baca Juga: Ada Raisa hingga Kangen Band di Solo Batik Music Festival, Ini Jadwalnya

Sedangkan pada hari kedua, Minggu, musisi yang akan tampil di Sobat Fest Mangkunegaran Solo mulai dari Fiersa Besari, HIVI!, Juicy Luicy, Rizki Febian, Tiara Andini, dan musisi lainnya.

“Ada sembilan artis atau musisi nasional, dan enam musisi lokal. Kami ingin musisi lokal kian dikenal,” urainya. Intan menjelaskan penyelenggara menggandeng Swara Gembira, komunitas pegiat seni dan budaya dalam penyelenggaraan Solo Batik Music Festival.

Pasar Batik

Menurutnya, Swara Gembira akan membuka semacam pasar yang menjual berbagai produk batik. Dengan keberadaan dan kontribusi mereka diharapkan bisa lebih mengenalkan batik kepada anak-anak muda.

Sehingga generasi muda lebih suka dengan batik dan tidak malu mengenakannya ketika keluar rumah, baik jalan-jalan, bertemu teman dan acara lainnya. “Anak-anak muda bisa lebih tahu dan suka dengan batik, tidak malu pakai batik saat keluar rumah. Pakai batik bisa tetap keren,” terangnya.

Baca Juga: Sambut Sobat Fest, 96 Kerai Bambu Mural Batik Hiasi Pagar Mangkunegaran Solo

Pemilihan Solo sebagai lokasi acara, menurut Intan, juga tidak lepas dari citra kota ini sebagai salah satu sentra batik. Lebih dari itu, ia mengatakan, Solo Batik Music Festival di Mangkunegaran diharapkan bisa menjadi acara tahunan di kota ini.

“Acara ini officially promoted by Seraya Group yang base di Bandung. Tapi kami ingin ada konsep batik, sehingga acara ini kami geber di Solo,” paparnya.

Untuk mengangkat batik di momentum Hari Batik Nasional, Intan menjelaskan penyelenggara mengusung suasana batik. Seperti dengan adanya dekorasi kerai yang dilukis beragai objek dengan tema batik. Para penonton juga diimbau mengenakan batik.

“Kami mengusung konsep batik, sehingga ambience yang kami munculkan untuk dekorasi. Para penonton juga kami ingin berkain atau berbatik. Juga untuk para artisnya, semua harus memakai pakaian batik, atau berkain. Tamu undangan juga,” terangnya.

Baca Juga: Keren! Sekelompok Seniman Muda Solo Ubah Tirai Bambu Jadi Mural Batik Cantik

Harga Tiket Solo Batik Music Festival

Untuk semakin menambah suasana batik, Intan menjelaskan, panggung konser di Mangkunegaran Solo juga didesain dengan nuansa batik. Seperti logo-logo batik yang akan dimunculkan dari perangkat digital. “Ambience yang akan dirasakan akan sama dengan yang ada di IG,” sambungnya.

Warga yang menonton di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo mesti merogoh kocek Rp150.000 hingga Rp200.000 untuk tiket masuk. Diperkirakan ribuan penonton akan menyaksikan acara tersebut dari Sabtu-Minggu.

Penjelasan senada disampaikan Koordinator Lapangan Solo Batik Music Festival, Blontang Poer. Menurutnya, jumlah penonton yang akan datang sekira 5.000 orang per hari. Mereka diharapkan mengenakan pakaian batik dengan berbagai motif dan model.

Baca Juga: Wah, Ada 1.000 Motif Batik Kuno hingga Kekinian dalam Pameran di Kauman Solo

Selain konser musik, menurutnya, ada puluhan stan kuliner yang meramaikan Solo Batik Music Festival. Kuliner-kuliner itu diutamakan yang merupakan khas Solo. Mereka yang menggelar stan di lokasi acara telah melalui proses kurasi termasuk dari aspek rasa.

Diharapkan dengan mengikuti acara tersebut mereka bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Pantauan Solopos.com, kuliner yang akan meramaikan Solo Batik Music Festival seperti Bakso 88, Sosis Gajahan, Batagor Pak Rudy, Kedai Barokah dan Taktaboki.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Selamat! Solopeduli Terima Dua Penghargaan dalam IFA 2022

      Solopeduli baru saja meraih dua penghargaan dalam program Indonesia Fundraising Award (IFA) 2022 yang diselenggarakan Institut Funsraising Indonesia (IFI), Rabu (30/11/2022).

      Ingin Layanan Online di Dispendukcapil Sragen, Bisa Booking Nomor Antrean

      Layanan online di antaranya adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan (Pandu) Online, Sistem Antrean Online (Anton), Pelayanan Antar Jemput Dokumen Aminduk (Pelanduk), dan akan dikembangkan lagi Pelaporan Kematian Langsung Terbit Akta (Pelita).

      Lurah Muda di Sragen Buka Pelayanan PBB di Pos Kamling dan Bentuk Duta Pajak

      Dengan pendekatan jemput bola selama sebulan, lurah muda di Gemolong Sragen ini berhasil mengumpulkan PBB sebesar 25,12% dari ketetapan PBB 2022 senilai Rp333.012.593.

      Polisi Selidiki Dugaan Penampakan Macan di Perbatasan Sragen-Grobogan

      Pihak BKSDA meminta warga sekitar untuk kehati-hatian serta diminta mengurangi aktivitas di sore hari.

      Menjelang Akhir Tahun, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Wonogiri Mulai Naik

      Bahan pokok di Wonogiri yang mengalami kenaikan harga meliputi bawang merah, cabai rawit sret, cabai merah keriting, dan telur.

      Banyak Manfaat, Begini Cara Memperoleh KIA di Sragen

      KIA berfungsi untuk pendataan, perlindungan, dan perlayanan publik, serta sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

      Polres Sukoharjo Sosialisasikan Tata Cara Perizinan Kegiatan Masyarakat

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menjelaskan, sosialisasi tentang Perizinan dan Pemberitahuan Kegiatan Masyarakat, digelar dalam rangka menyambut sejumlah event menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

      Dua Jalan Desa di Kecamatan Selo Boyolali Tertutup Longsor, Akses Putus

      Jalan penghubung dua desa di Selo Boyolali terputus akibat tertutup longsor.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Kereta Kaesang-Erina Ditarik 6 Ekor Kuda

      Rencananya, prosesi adat Jawa pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dilaksanakan di Loji Gandrung pada Minggu (11/12/2022) pagi.

      Jalin Soliditas, PLN UP3 Klaten Gelar Multistakeholder Forum

      Acara diisi dengan beberapa kegiatan di antaranya penandatanganan terkait sertifikat energi baru terbarukan serta penandatanganan komitmen sistem manajemen antipenyuapan

      Pengumuman! CFD Boyolali Desember 2022 Cuma Dua Kali, Ini Alasannya

      CFD hanya dua kali karena pada 18 Desember untuk gerak jalan hari jadi DPRD Boyolali, dan bertepatan perayaan Natal 25 Desember.

      Sukoharjo Hujan Ringan Rabu Siang Ini, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan mulai Kamis (30/11/2022) siang.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Desember 2022, Siang Hujan Ringan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Siang dan Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 1 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.