SOLOPOS.COM - Ilustrasi Solo Batik Carnival (JIBI/Solopos/Dok)

Solo Batik Carnival ke-9 digelar Minggu sore nanti.

Solopos.com, SOLO — Solo Batik Carnival (SBC) ke-9 tahun 2016 ini menawarkan sederet keistimewaan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain warna warni kostum, mobil hias juga meramaikan kirab yang akan digelar Minggu (24/7/2016) sore di Jl Slamet Riyadi. Tak ketinggalan Wali Kota dan Wakil Wallikota juga ikut serta. (Baca Juga Rute Kirab SBC 9)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peserta Solo Batik Carnival (SBC) Ke-9 melakukan geladi resik (GR) di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (23/7/2016) sore. (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)

Peserta Solo Batik Carnival (SBC) Ke-9 melakukan geladi resik (GR) di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (23/7/2016) sore. (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)

SBC ke-9 akan memberikan penghargaan kepada delapan peserta dengan kostum terbaik. Costume Award baru kali pertama diberikan pada SBC ke-9 ini untuk mengapresiasi kerja keras para peserta.

Art Director SBC Ke- 9, Januar Pribadi, di sela-sela acara gladi resik di Stadion Sriwedari, Sabtu (23/7/2016), mengatakan penghargaan akan diberikan di Benteng Vastenburg setelah karnaval selesai. Kriteria penghargaan berdasarkan orisinalitas, keunikan, artistik kostum, dan kesesuaian dengan tema.

Ada tiga dewan juri dari Solo, Jogja, dan Jakarta yang terlibat dalam penilaian. Peserta dengan kostum terbaik akan diberi piala dan seperangkat alat makeup. “Tapi bukan hadiah intinya, tetapi bentuk apresiasi kita kepada para peserta agar mereka lebih semangat lagi dalam berkarya,” tambah Januar.

Penghargaan akan diberikan pada kostum terbaik pada masing-masing devile di antaranya devile candi, lampu, gamelan, dan keris. Ditambah lagi tiga kostum terbaik untuk devile anak dan kostum terbaik SBC Ke-9. Januar berharap penghargaan serupa juga akan dilakukan pada SBC berikutnya.

Lebih lanjut Art Director yang juga menjadi Instruktur SBC ini mengatakan jumlah peserta bertambah pada H-1 karnaval. Jumlah peserta yang terlibat nanti sebanyak 300 orang ditambah penari. Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo beserta Wakil Walikota Achmad Purnomo berencana ikut pawai mengenakan mini costume karnaval.

Karnaval dimulai Minggu sekitar pukul 16.00 WIB dengan garis start Stadion Sriwedari dan berakhir di Benteng Vastenburg. Ia memastikan SBC tahun ini lebih menarik dengan kehadiran mobil hias yang mengangkut musik pengiring. “Jadi alat musik pengiringnya nanti enggak hanya diangkut mobil biasa, tetapi mobil terbuka yang dihiasi sesuai tema,” katanya antusias.

Acara tambahan lainnya, menurut Volunteer SBC, Novyana N D, adalah SBC Exhibition yang diselenggarakan selama tiga hari mulai Jumat (22/7). SBC Exhibition diselenggarakan sejak jumat. Diisi dengan pameran kostum peserta karnaval dan penampilan dari belasan musisi lokal Solo. “Pameran ini untuk semakin memeriahkan SBC ke-9. Ada beberapa band lokal yang akan menghibur masyarakat selama exhibition berlangsung,” tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya