Tutup Iklan

Solar Langka di Soloraya, Pertamina Tegaskan Tak Ada Pengurangan Kuota

Pertamina menyatakan tidak ada pengurangan kuota BBM bersubsidi jenis solar yang belakangan ini banyak dikeluhkan langka di wilayah Soloraya.

 Ilustrasi SPBU. (JIBI/Dok.)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi SPBU. (JIBI/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Sales Branch Manager Pertamina Rayon V Yogyakarta, Joko Priyambodo, mengatakan tidak ada pengurangan kuota BBM bersubsidi solar yang belakangan ini dikeluhkan langka di SPBU wilayah Soloraya.

Joko menduga kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) solar karena meningkatnya mobilitas masyarakat menyusul pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah.

Hal itu dikatakan Joko Priyambodo saat ditemui wartawan di Pertashop Kadipiro, Solo, Kamis (21/10/2021). Joko mengatakan tidak ada pengurangan pasokan solar ke Depo maupun SPBU.

Ia menduga setelah pelonggaran PPKM ini permintaan meningkat hingga membuat sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mengendalikan penjualan. Tujuannya agar mereka tidak over kuota.

Baca Juga: Polresta Solo Tangani 17 Aduan Korban Pinjol Ilegal, Kebanyakan Diteror

Pengendalian distribusi sepenuhnya merupakan kebijakan SPBU. Sementara Pertamina hanya bisa membantu mengatur agar tidak ada kekosongan solar di SPBU yang berada dalam satu jalur.

“Secara nasional terjadi pengendalian yang sama. Mitigasi urai antrean ya dengan SPBU membatasi nomina pembelian misal yang biasanya 200 liter sekarang hanya boleh 100 liter saja. Kalau dari Pertamina hanya coba mengatur agar tidak dalam satu jalur itu semua habis,” terangnya.

Lebih lanjut, Joko menepis isu bakal dihilangkannya subsidi solar. Justru saat ini para pemangku kebijakan tengah melakukan diskusi dengan opsi penambahan kuota subsidi.

Penyesuaian Kuota

“Kuota solar bersubsidi memang terbatas. Jadi teman-teman SPBU mengendalikan agar enggak over kuota. Kalau kuota sudah ditambah oleh pihak regulator kan bakal gampang. Terakhir saya dapat info diskusi itu sudah sampai di Kementerian Keuangan. Karena penambahan subsidi juga bakal menggerus APBN,” terang Joko.

Baca Juga: Klaster Covid-19 PTM Solo Meluas, Vaksinasi Anak Belum Jelas

Sembari menunggu kemungkinan penyesuaian kuota baru, SPBU mengantisipasi dengan melakukan pengendalian. Tujuannya agar tetap maksimal melayani permintaan dengan stok yang ada.

Joko menyarankan kendaraan pribadi roda empat seperti Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner beralih dari solar ke BBM nonsubsidi. Hal itu mengingat solar bersubsidi memang seharusnya diprioritaskan bagi kebutuhan niaga. Pertamina juga terus berupaya melakukan sosialisasi soal sasaran pengguna solar tersebut.

“Kalau untuk solar tidak tertulis dalam SK atau Perpres wajib beli produk lain selain solar. Dalam surat edaran BPH Migas [Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi] itu hanya volumenya, liternya, bukan kendaraannya. Memang itu dari kami [Pertamina] dan SPBU terus sosialisasikan agar kendaraan roda empat pribadi bisa beralih ke substitusi,” katanya.

Sebagaimana diberitakan, beredar informasi masyarakat mengeluhkan solar langka di wilayah Soloraya. Polres Sukoharjo bahkan sampai melakukan patroli ke SPBU guna menindaklanjuti informasi mengenai kelangkaan solar tersebut.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Sragen Waspadai Varian Omicron, Ini Antisipasinya

Sragen masuk wilayah algomerasi Soloraya sehingga semua daerah di Soloraya harus bareng-bareng dalam menentukan status PPKM dan yang menjadi dasar daerah terendah.

Yamaha Gear 125, Si Jago Tanjakan yang Irit BBM

Yamaha Gear 125 menaklukkan tanjakan dan kelokan di Selo, Boyolali, hingga Ketep Pass, Magelang, dalam city tour bersama vlogger, blogger, dan para jurnalis yang digelar Yamaha Putra Utama Motor Boyolali.

Waduh! Banyak Anjing di Soloraya Ditelantarkan dan Dibuang, ke Mana Ya?

Sahabat Anjing Surakarta (SAS) menemukan banyak anjing peliharaan di wilayah Soloraya yang dibuang dan ditelantarkan karena berbagai sebab.

Anak Gugat Ibu di Boyolali, Sertifikat Tanah Sengketa Dipastikan Sah

BPN Boyolali memastikan sertifikat tanah yang menjadi objek sengketa dalam kasus anak menggugat orang ibu kandung di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, sah.

Bangunan Pasar Legi Selesai 100%, Pedagang Siap Boyongan?

Pembangunan Pasar Legi Solo sudah selesai 100%. Bangunan pasar rencananya diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pada akhir November 2021.

Lomba Menembak Internasional Meriahkan HUT ke-76 Brimob di Boyolali

Lomba menembak bertaraf internasional memperingati HUT ke-76 Brimob di Mako Brimob Boyolali di Gunung Kendil, Kecamatan Mojosongo, tak bisa dihadiri atlet luar negeri.

Rendengan, Atraksi Wisata Inisiatif Pokdarwis Pilangsari Sragen

Para pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis Siwur Emas Desa Pilangsari, Gesi, Sragen, membuat event wisata dengan nama Rendengan di hutan jati seluas hampir 1 hektare.

1.200 Santri Ikuti Ujian Munaqosah Wisuda Akbar Klaten Menghafal #5

Ketua Panitia Ujian Munaqosah Klaten Menghafal, Dhohir Subagyo, menjelaskan kegiatan itu dimaksudkan untuk membumikan Al-Qur’an.

Minyak Goreng Curah Disetop pada 2022, Pemkab Sukoharjo Tunggu Regulasi

emerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo sudah mendapatkan informasi penyetopan peredaran minyak goreng curah pada 2022 dari pemerintah pusat.

Wuihhh, Warga Sragen Barter Mobil dengan 1 Pot Monstera Marmorata

Seorang pencinta tanaman hias asal Wonotolo, Gondang, Sragen, Eko Duta Flora, berani melakukan barter mobil Daihatsu Grand Max.

Longsor Landa Sejumlah Lokasi di Karanganyar, Ini Sebaran Titiknya!

Bencana tanah longsor kembali terjadi di Bumi Intanpari. Kali ini longsor terjadi di beberapa titik di wilayah Kecamatan Karangpandan dan Kecamatan Matesih, Sabtu (27/11/201) malam.

Ahli Waris Lahan Terdampak Tol Solo-Jogja Bikin Surat Kesepakatan

Pemerintah Desa Demakijo, Karangnongko, Klaten, berinisiatif membuat  dokumen surat kesepakatan bersama (SKB) ahli waris terdampak tol solo-jogja.

Antisipasi Bencana, Polisi di Sukoharjo Pangkas Pohon di Tepi Jalan

Polres Sukoharjo mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi dengan membantu memangkas dahan pohon dan membersihkan lingkungan sekitar Waduk Mulur.

Kali Mubeng Meluap Lagi, Rumah Warga Tasikmadu Karanganyar Tergenang

Beberapa rumah tergenang luapan Kali Mubeng di kawasan timur Pabrik Gula Tasikmadu, Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Sabtu (27/11/2021) sore.

Pembangunan Fly Over Palang Krapyak Klaten Baru Tahap Awal Perencanaan

Tim dari pemerintah pusat sudah mendatangi kawasan Palang Krapyak terkait rencana pembangunan fly over.