Qiu Jun. (Detik.com)

Solopos.com, BEIJING — Qiu Jun, 72, seorang juara binaraga yang cukup terkenal di China, meninggal dunia karena virus corona. Qiu Jun dilaporkan terinfeksi virus corona karena menolak menggunakan masker saat bepergian.

Setelah terinfeksi virus corona dan dirawat empat hari di rumah sakit, Qiu Jun meninggal dunia karena gejala seperti pneumonia fatal pada Kamis (6/2/2020).

Viral Karena Bentuknya Aneh, Patung Gajah Di Gresik Habiskan Dana Rp1 Miliar

Dilaporkan Detik.com, Selasa (1/2/2020), salah seorang menantu Qiu Jun, Hai, sempat menengoknya sebelum Tahu Baru Imlek, saat wabah virus corona memuncak. Hai mengungkapkan Qiu Jun masih rajin pergi ke tempat kebugaran di Wuhan tanpa menggunakan masker.

Padahal, Hai mengaku berulang kali mengingatkan mertuanya tersebut, namun tak digubris. Saat Qiu Jun mulai demam kronis, Hai dan istrinya mencoba membawanya ke Rumah Sakit Union Wuhan, namun mereka memilih pulang ke rumah karena kurangnya tempat tidur di rumah sakit dan harus mengantre lebih dari 300 orang.

Foto Orangutan Tolong Pria Viral, Katanya Lebih Manusiawi Dibanding Manusia

Pada 28 Januari, Qiu Jun didiagnosis mengidap virus corona. Binaragawan yang hidupnya berakhir dengan kisah tragis itu lantas ditempatkan di ruang isolasi di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan dan dinyatakan meninggal.

"Pada hari kedua dan ketiga setelah Tahun Baru China, demamnya terus berlanjut. Dia kemudian kehilangan nafsu makan, dan akhirnya saya mulai menerima kemungkinan itu [terinfeksi virus corona]. Dia telah melakukan tes darahnya, kemudian dia dipindahkan ke Rumah Sakit Union Wuhan, tetapi ada antrian yang panjang di sana," terang Hai seperti dikutip Detik.com.

Hai mengungkapkan mertuanya itu memang keras kepala. "Ketika berita tentang virus corona menyebar, kami bertiga pergi makan, dan kami mengangkat topik itu dengan cukup serius. Saya memintanya untuk jangan keluar dan memakai masker saat dia pergi," imbuhnya.

Jualan Kokain & Simpan Sabu, Nanie Darham Terancam 20 Tahun Penjara

Namun, permintaan Hai untuk ayah mertuanya agar memakai masker saat bepergian itu ditolak. Hai mengaku tak bisa melakukan apa-apa saat Qiu Jun tak mengindahkan perintahnya.

"Anda bisa menghukum seorang anak, tetapi bagaimana Anda mengendalikan orang tua? Saya memang mengingatkannya, tetapi juga hanya memiliki sedikit informasi pada saat itu. Meskipun dia sangat kuat, dia juga sudah berusia 72 tahun," tuturnya.

Hai dan istrinya kini juga telah dikarantina karena berhubungan dekat dengan Qiu Jun. Qiu dikenal sebagai juara binaraga dan dilaporkan menerima banyak hadiah dalam kategori senior.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten