SOLOPOS.COM - Aktivitas penumpang Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. (Alby Albani/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – PT Lion Mentari Airlines (Lion Group), operator maskapai Lion Air, mengonfirmasi pemanfaatan Bandara Udara Hang Nadim Batam sebagai hub penerbangan Sumatra dengan tujuan sejumlah kota di Indonesia Timur. Hal ini karena kepadatan di Bandara Soekarno Hatta yang selama ini menjadi hub utama maskapai.

Adhitya Simanjuntak, Corporate Secretary Lion Group, mengatakan pihaknya saat ini tengah mengkaji efektivitas maupun arus penumpang jika menggunakan Hang Nadim sebagai bandara penghubung ke sejumlah destinasi di kawasan timur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, pemanfaatan Hang Nadim sebagai hub penerbangan dari kota fokus di Sumatra bakal lebih memudahkan pengaturan penerbangan yang selama ini melalui Bandara Soekarno Hatta.

“Kami harapkan bisa secepatnya bisa terealisasi, karena ini juga bisa menekan potensi delay Lion karena kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta,” katanya baru-baru ini.

Sejauh ini, rute penerbangan yang dilayani perseroan dari wilayah Sumatra seperti Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang dengan tujuan kota fokus di Sulawesi, Kalimantan, Bali dan sejumlah destinasi di Indonesia tengah dan timur harus melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Adhitya menambahkan, perencanaan hub Hang Nadim juga telah didahului dengan pembangunan fasilitas perawatan pesawat (maintenance, repair and overhaul/MRO) oleh Lion Group yang saat ini tengah berjalan dan berlokasi di dalam kawasan Bandara Hang Nadim.

Adapun, fasilitas MRO di Hang Nadim merupakan lini bisnis Lion Group yang dibangun secara bertahap hingga 2016 mendatang dengan fasilitas 4 unit hanggar berkapasitas 12 pesawat Boeing 737 serta 4 pesawat Boeing 747-400.

Sebelumnya seperti dilansir Antara, Badan Pengusahaaan (BP) Batam, mengklaim Bandara Hang Nadim segera menjadi penghubung rute penerbangan Lion Air dari sejumlah kota di Sumatra tujuan ke Kalimantan, Sulawesi, Bali secara efektif Desember 2013.

“BP batam akan segera melakukan penandatanganan kerjasama dengan Lion Air. Namun yang pasti, mulai Desember penerbangan ke wilayah Kalimantan, Sulawesi, Bali, dari Sumatera tidak usah lagi singgah di Soekarna Hatta,” kata Direktur Pelayanan Terpadu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho,

Selain menjadi hub wilayah barat, kata Djoko, Lion juga akan membuka sejumlah penerbangan internasional dari Hang Nadim Batam.

“Setelah rencana hub berjalan, Lion juga akan membuka penerbangan internasional dari Hang Nadim Batam,” kata Djoko.

Dia mebambahkan, pihaknya juga juga terus melakukan persiapan dengan penamabahan ruang tunggu dan garbarata Hang Nadim.

Djoko mengatakan, selain Lion Air, maskapai Garuda Indonesia juga berminat untuk mejadikan Batam sebagai hub.

“Bersama Lion Air, Garuda juga berencana membangun MRO di Batam sebagai wujud keseriusan mereka,” kata Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya