SOLOPOS.COM - Soekarno (kanan) dan M Hatta (kiri). (Foto: indonesiarayanews.com)

Soekarno (kanan) dan M Hatta (kiri). (Foto: indonesiarayanews.com)

JAKARTA–Akhirnya setelah 67 tahun, pemerintah memberikan penghargaan gelar pahlawan nasional kepada proklamator RI, Soekarno dan Hatta. Walau telat, namun salah satu putri Bung Hatta, Halida Hatta mengungkapkan perasaannya atas gelar ini. Keluarga merasa lega.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Lega, perjalanan dan perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta selama ini mengeluarkan tenaga perjuangan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Tapi memang hati dan jiwanya berjuang untuk rakyat itu kemudian dilihat dengan kebesaran bangsanya Indonesia sehingga akhirnya menerima penghargaan ini,” ujar Halida saat dihubungi detikcom, Selasa (6/11/20120) malam.

Halida juga memastikan akan mengadiri acara pemberian gelar tersebut yang direncanakan dilaksanakan Rabu (7/11) di Istana Merdeka. “Semua anggota keluarga datang, nanti secara langsung akan diwakili oleh ahli waris untuk menerimanya,” tutur Halida.

Senada disampaikan Puan Maharani. Cucu mantan presiden Soekarno itu juga mengapresiasi kebijakan pemerintah yang memberikan gelar pahlawan nasional untuk Soekarno-Hatta. Putri Megawati yang juga Ketua FPDIP ini menilai sudah sepantasnya Soekarno-Hatta mendapat gelar pahlawan nasional.

“Ya tentu saja keluarga menghargai dan mengapresiasi, tidak hanya kepada SBY tapi juga pemerintah, karena pemberian gelar pahlawan ini tidak diberikan presiden, tapi keputusan kolektif,” kata Puan.

Menurut Puan, seharusnya sudah sejak jauh-jauh hari Soekarno-Hatta mendapatkan gelar pahlawan. Soekarno-Hatta adalah proklamator yang berjasa untuk negeri ini.

“Seharusnyalah apa yang menjadi pemikiran anak bangsa bisa dikenang tak hanya keburukannya saja yang dinilai, harus diakui Soekarno adalah proklamator bangsa,” tuturnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldin Pasha mengungkapkan gelar ini akan diterima oleh keluarga Soekarno-Hatta. “Pihak keluarga berkenan untuk hadir,” katanya. Sementara itu, Djoko selaku Ketua Dewan Tanda Gelar Jasa dan Kehormatan enggan membeberkan alasan pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan tersebut. Rencananya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan menjelaskan alasan tersebut.

“Tahun ini diberikan kepada dua orang yakni Ir Soekarno dan Drs Mohammad Hatta. Beliau akan dianugerahi pahlawan nasional. SK-nya akan ditanda-tandangani. (Penyerahan) akan dilakukan besok,” ujar Menko Polhukam Djoko Suyanto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya