SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com– Lapangan sepak bola mungkin umumnya hanya terbuat dari lapisan tanah yang ditumbuhi rumput. Namun, sebagian lapangan sepak bola di Inggris telah dibangun dengan menggunakan teknologi third generation (3G).

Lapagan generasi ketiga itu dibuat dari rumput plastik yang bisa bertahan di semua kondisi cuaca. Dengan demikian, lapangan tidak akan terpangaruh pada perubahan musim dan temperatur. Rumput sintetis itu dilekatkan di atas pasir dengan menggunakan lapisan karet sebagai perekat, seperti tanah di lapangan normal.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Awalnya, lapangan berumput plastik tidak diizinkan digunakan untuk bertanding di Inggris pada 1995. Sebelumnya, lapangan 3G telah lebih dulu diuji coba di markas Queens Park Rangers, Preston North End, Oldham Atletic, dan Luton Town sepanjang era 1980an.

Seperti dilansir Daily Mail, Loftus Road adalah stadion pertama di Inggris yang menjajal memasang rumput sintetis pada 1981 silam. Sementara,  Preston menjadi klub terakhir yang menghapus lapisan rumput sintetis di lapangan mereka pada 1994.

Akan tetapi, Maret lalu, FA membuat keputusan mengejutkan dengan memperbolehkan penggunaan lapangan 3G di setiap pertandingan Piala FA musim ini. Sebelumnya, FA hanya mengizinkan penggunaan lapangan berumput sintetis di laga putaran pertama.

Klub peserta Ryman Liga Premier, Maidstone United, menjadi salah satu tim yang memiliki kesuksesan besar dengan lapangan 3G mereka. Lapangan rumput sintetis juga digunakan di banyak wilayah, termasuk di Eropa timur dan utara. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Loftur Roadan stadion ini lapangannya berteknologi 3G, rumputnya dari plastik. Ist/wikimedia.org

Loftur Roadan stadion ini lapangannya berteknologi 3G, rumputnya dari plastik. Ist/wikimedia.org

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya